Instal Printer HP P1005 di IGOS

  • syarif budiman
    Message 1 of 10 , Jan 16, 2011
      Dear all,

      Apakah bisa Instal Printer HP P1005 di IGOS ?? kalau bisa caranya gimana ya ?

      Thx.

    • Nana Suryana
      Message 2 of 10 , Jan 17, 2011
        2011/1/17 syarif budiman <syacka2001@...>

        > Dear all,
        > Apakah bisa Instal Printer HP P1005 di IGOS ?? kalau bisa caranya gimana ya ?

        Ada di IGNwiki:
        http://igos-nusantara.or.id/wiki/Konfigurasi_Printer_merk_HP

        ---
        Nana Suryana | http://suryana.or.id/ | http://twitter.com/na2sr/ |
        http://facebook.com/suryana/
      • syarif budiman
        Message 3 of 10 , Jan 19, 2011
          waduh mas  gk bisa install printernya saya sudah coba , bahkan saya coba pakai port ldp utk akses printer di komputer windows XP juga gak bisa.

          BTW, untuk IGOS yang terbaru nanti yang mau release thn 2011 apakah support utk driver printer HP P1005 dan HP Color Laser Jet cm2320nf MFP gak ?
          Dan utk mutar musik dan video udah bisa gak tanpa kita harus instal lagi pluginnya ?

          Thx

          Dari: Nana Suryana <nana@...>
          Judul: Re: [igos-nusantara] Instal Printer HP P1005 di IGOS
          Kepada: igos-nusantara@yahoogroups.com
          Tanggal: Senin, 17 Januari, 2011, 9:58 AM

          Message 4 of 10 , Jan 19, 2011
            2011/1/20 syarif budiman <syacka2001@...>

            > waduh mas  gk bisa install printernya saya sudah coba,
            > bahkan saya coba pakai port ldp utk akses printer di
            > komputer windows XP juga gak bisa.

            bisa lebih terurut?
            yg sudah dicoba sampai tahap mana?
            gagal menjalankan perintah yum? atau?

            Coba lagi mulai dari awal:
            1. Hubungkan PC ke internet
            2. Bersihkan cache: # yum clean all
            3. Install paket foo2zjs dan hplip-gui: # yum -y install foo2zjs hplip-gui
            4. Hubungkan printer ke PC
            5. Nyalakan printer
            6. Akses menu: Sistem -> Administrasi -> Printing

            > BTW, untuk IGOS yang terbaru nanti yang mau release thn 2011
            > apakah support utk driver printer HP P1005 dan HP Color Laser Jet cm2320nf MFP gak ?

            Driver HP P1005 sudah ada di repositori IGN2010

            > Dan utk mutar musik dan video udah bisa gak tanpa kita harus instal lagi pluginnya ?

            Sudah coba memutar musik dan video memakai GNOME Mplayer?
            Jika GNOME Mplayet gagal memainkan file tertentu coba VLC
            # yum -y install vlc

            Jika VLC juga gagal memainkan musik dan video tsb,
            silakan kirim info lebih lengkap tentang musik dan video
            yg gagal tsb.

            ---
            Message 5 of 10 , Jan 19, 2011
              Kalau perintah seperti ini apakah sudah berhasl atau belum ???

              -bash-3.2# yum clean all
              Existing lock /var/run/yum.pid: another copy is running as pid 2759. Aborting.

              -bash-3.2# yum -y install foo2zjs hplip-gui
              Existing lock /var/run/yum.pid: another copy is running as pid 2759. Aborting.

              Setelah melakukan perintah diatas apa saya bisa melakukan perintah no.6 ?

              Dari: Nana Suryana <nana@...>
              Judul: Re: [igos-nusantara] Instal Printer HP P1005 di IGOS
              Kepada: igos-nusantara@yahoogroups.com
              Tanggal: Kamis, 20 Januari, 2011, 1:32 AM

              Message 6 of 10 , Jan 19, 2011
> [...]

                > -bash-3.2# yum -y install foo2zjs hplip-gui
                > Existing lock /var/run/yum.pid: another copy is running as pid 2759. Aborting.

                Ada program lain yg mengunci sehingga yum tidak dapat jalan,
                matikan atau bunuh proses bernomor 2759

                Lakukan:
                # kill -9 2759
                # yum clean all
> [...]

                > # yum -y install vlc
                >
                > Jika VLC juga gagal memainkan musik dan video tsb,
                > silakan kirim info lebih lengkap tentang musik dan video

                ---
                Message 7 of 10 , Jan 19, 2011
                  bash-3.2# yum clean all
                  Cleaning up Everything

                  -bash-3.2# yum -y install foo2zjs hplip-gui
                  Setting up Install Process
                  Parsing package install arguments
                  ign-repository            100% |=========================|  951 B    00:00
                  primary.xml.gz            100% |=========================| 383 kB    00:00
                  ign-reposi: ################################################## 923/923
                  0 packages excluded due to repository priority protections
                  Nothing to do

                  Saya sudah melakukannya dan diatas adalah hasilnya, setelah itu jalankan perintah no.6 ya ? dan akankah mendeteksi printer HP P1005 yg telah terpasang di komputer ?

                  Dari: Nana Suryana <nana@...>
                  Judul: Re: [igos-nusantara] Instal Printer HP P1005 di IGOS
                  Kepada: igos-nusantara@yahoogroups.com
                  Tanggal: Kamis, 20 Januari, 2011, 2:16 AM

> [...]

                  > # yum -y install vlc
                  >
                  > Jika VLC juga gagal memainkan musik dan video tsb,
                  > silakan kirim info lebih lengkap tentang musik dan video

                  ---

                  Message 8 of 10 , Jan 20, 2011
                    2011/1/20 syarif budiman <syacka2001@...>

                    > bash-3.2# yum clean all
                    > Cleaning up Everything

                    Yg ini sudah sudah jalan.

> [...]
                    > ign-reposi: ################################################## 923/923
                    > 0 packages excluded due to repository priority protections

                    Belum sukses

                    Anda pakai IGN2010? versi R5.2?
                    coba periksa kernel dan folder /etc/yum.repos.d/

                    Lakukan (1) dan (2) hasil copy paste ke milis:
                    (1)
                    # uname -a
                    Linux lokal 2.6.35.6-37.ign5.i686 #1 SMP Sun Oct 3 10:07:10

                    (2)
                    # ls -l /etc/yum.repos.d/

                    > Saya sudah melakukannya dan diatas adalah hasilnya,
                    > setelah itu jalankan perintah no.6 ya ?
                    > dan akankah mendeteksi printer HP P1005 yg telah terpasang di komputer ?

                    Instal driver untuk HP P1005 jika benar
                    akan tampil daftar paket yg terkait, jika dijawab "y"
                    akan lanjut mengunduh berkas dengan total 16 MB.

                    # yum install foo2zjs hplip-gui

                    Loaded plugins: downloadonly, fastestmirror, presto, priorities
                    * ign2010-all: repo.informatika.lipi.go.id
                    * ign2010-extra: repo.informatika.lipi.go.id
                    * ign2010-other: repo.informatika.lipi.go.id
                    * ign2010-updates: repo.informatika.lipi.go.id
                    Setting up Install Process
                    Resolving Dependencies
                    --> Running transaction check
                    ---> Package foo2zjs.i586 0:0.20080826-3.fc11 set to be installed

                    ... hapus ...

                    ---> Package net-snmp.i686 1:5.5-16.ign5 set to be installed
                    --> Finished Dependency Resolution

                    Dependencies Resolved

                    Package Repository Size
                    Installing:
                    foo2zjs ign2010-other 593 k
                    hplip-gui ign2010-updates 1.4 M
                    Installing for dependencies:
                    hpijs ign2010-updates 4.8 M
                    hplip ign2010-updates 6.0 M
                    hplip-common ign2010-updates 70 k
                    hplip-libs ign2010-updates 142 k
                    jbigkit-libs ign2010-other 49 k
                    lcms ign2010-all 68 k
                    libsane-hpaio ign2010-updates 76 k
                    lm_sensors-libs ign2010-all 35 k
                    net-snmp ign2010-updates 300 k
                    net-snmp-libs ign2010-updates 1.5 M
                    python-imaging ign2010-all 385 k
                    python-reportlab ign2010-all 1.1 M

                    Transaction Summary
                    Install 14 Package(s)

                    Total download size: 16 M
                    Installed size: 36 M
                    Is this ok [y/N]: y

                    ---
                    ns
                  • syarif budiman
                    Message 9 of 10 , Jan 20, 2011
                      Langkah (1)

                      -bash-3.2# uname -a
                      Linux localhost.localdomain 2.6.23.1-20.ign2 #1 SMP Fri Nov 2 08:22:09 WIT 2007 i686 i686 i386 GNU/Linux

                      Langkah (2)

                      -bash-3.2# ls -l /etc/yum.repos.d/
                      total 64
                      drwxrwxr-x 2 root root 4096 2008-10-17 14:51 default
                      -rw-r--r-- 1 root root  310 2008-10-17 14:53 ign-all.repo
                      -rw-r--r-- 1 root root  279 2008-10-17 14:54 ign-atrpms.repo
                      -rw-r--r-- 1 root root  274 2008-10-17 14:54 ign-bebas.repo
                      -rw-r--r-- 1 root root  294 2008-10-17 14:54 ign-freshrpms.repo
                      -rw-r--r-- 1 root root  274 2008-10-17 14:54 ign-livna.repo
                      -rw-r--r-- 1 root root  120 2007-11-02 22:18 ign-lokal.repo
                      -rw-r--r-- 1 root root  278 2008-10-17 14:55 ign-update.repo

                      Dari: Nana Suryana <nana@...>
                      Judul: Re: [igos-nusantara] Instal Printer HP P1005 di IGOS
                      Kepada: igos-nusantara@yahoogroups.com
                      Tanggal: Kamis, 20 Januari, 2011, 3:32 AM

                      2011/1/20 syarif budiman <syacka2001@...>

                      > bash-3.2# yum clean all
                      > Cleaning up Everything

                      Yg ini sudah sudah jalan.

                      Message 10 of 10 , Jan 21, 2011
                        On Fri, Jan 21, 2011 at 13:50, syarif budiman <syacka2001@...> wrote:

> [...]
                        > -rw-r--r-- 1 root root  120 2007-11-02 22:18 ign-lokal.repo
                        > -rw-r--r-- 1 root root  278 2008-10-17 14:55 ign-update.repo

                        ups, yg dipakai ternyata IGN2008,
                        sejak awal saya memberi info dengan asumsi pakainya IGN2010.

                        Dapatkah mengunduh versi terbaru (IGN2010)?
                        lalu instal ulang dengan menimpa versi lama.

                        ISO image IGN2010 ada di:
                        http://repo.igos-nusantara.or.id/iso/2010/R5.2/

                        Tepatnya:
                        http://repo.igos-nusantara.or.id/iso/2010/R5.2/IGN2010-LiveCD-R5.2.ISO