Re: [id-ruby] Re: ruby, now with svn

    Message 1 of 9 , Jan 1, 2007
      aditya_jamop wrote:
      > dari pertama megang ruby, selalu pake SVN, jadi daku lum pernah
      > ngerasain CVS with ruby
      >
      > eniwei, kejadian paling parah yg pernah daku lakuin yaitu menghapus
      > mayan banyak file di repository.....svn rm lalu svn commit :D, ya
      > jelas aza boss marah2, yah awalnya daku ndak tau coz namanya juga
      > coba2 en belajar

      mestinya bukan dimarahin dong, mustinya adit naik gaji :) kan jadi
      tambah pengalaman :))
      # sulit loh jadi rubyist berpengalaman / bisa disebut makhluk langka di
      indonesia.

      kalo di commit berarti kan itu revision ke sekian, berarti tinggal
      checkout revision sebelum di rm itu ya. baru kemudian
      diperbaiki/dikembalikan lagi yg ga sengaja terhapus itu.

      --
      Arie Kusuma Atmaja A.K.A Arie A.K.A ariekeren / YM! = riyari3
      Message 2 of 9 , Jan 2, 2007
        --- In id-ruby@yahoogroups.com, Arie Kusuma Atmaja
        <ariekusumaatmaja@...> wrote:

> [...]
        >
        > --
        > Arie Kusuma Atmaja A.K.A Arie A.K.A ariekeren / YM! = riyari3

        yeah, begitulah pak, awalnya daku ketakutan hue hue, kirain beneran
        daku ngancurin proyeknya si boss, eh taunye repositorynya bisa
        dikembalikan ke awal sm si boss

        heuheuhe, jadinya tau kan, mengapa mesti pake SVN (atau sopwer Version
        Control sejenisnya)

        eh ngomong2, aku pernah baca tentang buku version control gitu
        (judulnya lupa euy), konon kabarnya di amrik sana, lebih dari 50%
        developer tidak menggunakan sopwer version control dalam pengembangan
        aplikasinya

        nah loh, kaget daku......... gmn di indonesia yaks ? dibawah 50%
        ataukah di atas 50%
        Message 3 of 9 , Jan 2, 2007
          On 1/3/07, aditya_jamop <aditya_jamop@...> wrote:
> [...]
          > aplikasinya
          >
          > nah loh, kaget daku......... gmn di indonesia yaks ? dibawah 50%

          pakai versioning biar keliatan historinya. biar ketahuan tu si
          programmer betul2 hebat atau jelek dilihat dari track record hasil
          commit codingnya. Terlepas dari cocok nggak nya deadline suatu proyek
          (buat nggambar-nggambar desain sampai ke urusan project management pak
          andry aja kali ya yg ngomong hehe). apalagi ya.. itu di buku nagel
          saja uda dibahas koq, di buku pragmatic versioniong svn juga dibahas.

          anyway, sekedar berbagi, pengalaman saya sendiri, walau melihat coding
          PHP yg tidak pakai subversion, sewaktu berubah jadi rails saya sangat
          melihat hasil codes orang dari PHP sulit sekali mental OOP nya jalan
          seperti di Rails. Apalagi app yang murni Ruby ataupun "sekedar"
          library.

          Kalau orang yang dari Java, yg pernah saya saya lihat mental OOP nya
          pas di Ruby ga begitu kesulitan seperti yg dari PHP, yang saya lihat
          sangat menonjol malah style coding aja. seperti Array.new() :) bukan
          [] biasa.

          Kalau orang Perl, yang pernah saya lihat coding2nya ya itu berbau
          bahasa Perl bener trus habis gitu dipaksa jadi Ruby kcx kcx tapi
          memang yang penting itu jalan :))

          --
          Arie Kusuma Atmaja A.K.A Arie A.K.A ariekeren | YM! = riyari3
          http://ariekusumaatmaja.wordpress.com
        • Monyet vs. Machine
          Message 4 of 9 , Jan 2, 2007
            On 1/3/07, Arie Kusuma Atmaja <ariekusumaatmaja@...> wrote:

            > nah loh, kaget daku......... gmn di indonesia yaks ? dibawah 50%

            Ha ha ha. Setau saya memang jarang. Mungkin ada satu-dua, tapi tetap pakai
            tambal sulam.
            Buat saya sih, SVN kerasa banget di project yang "multi-module".

            Dulu kami tidak pakai version control apapun. Tapi ya gw aja yg cerewet
            akhirnya temen2 jadi pada "ga tahan". Gw sampai bela-belain ngeprint
            beberapa satu bab di ebook "Coder To Developer" untuk dibagi-bagi agar
            temen2 'tercerahkan' :D

            Yang penting bertahap. Kalau mau pukul rata semua model checkin/checkout
            kadang malah berabe. Cara gw agak "defensif":

            1. Commit file-file yang memang urusan kita saja. Untuk file-file yang
            menyangkut hajat hidup orang banyak, misalnya saja xml config jika di java
            (bersyukurlah rails yang xml config agnostic!), diserahin ke lead developer
            saja untuk maintain.
            2. Setiap developer punya file teks sendiri yang berisi catatan perubahan di
            "file hajad hidup orang banyak" agar sang lead developer mudah ngetrace-nya.
            3. Setelah commit, laporan ke lead developer, lalu checkout full lagi untuk
            memastikan dapet yang terbaru.

            Sebelum ngelakuin full checkout, gw juga biasa backup kerjaan. Bukan, bukan
            incremental backup. Tapi murni ngezip satu folder gede secara rekursif
            pertanggal/bulan/tahun :D

> [...]
            > andry aja kali ya yg ngomong hehe). apalagi ya.. itu di buku nagel
            > saja uda dibahas koq, di buku pragmatic versioniong svn juga dibahas.

            asal diingat saja , less commit/less code bukan berarti si programmer ga
            kompeten kan? ;)

> [...]
            > melihat hasil codes orang dari PHP sulit sekali mental OOP nya jalan
            > seperti di Rails. Apalagi app yang murni Ruby ataupun "sekedar"

            Menurut gw bukan OOP-nya. Tapi pemahaman akan "separating concern" ala MVC.
            Gw rasa, kunci ngerti Rails (bukan Ruby lho ya) adalah MVC. Syukur2 tahu
            evolusi MVC seperti Front-Controller, PageController, dan Filter/Interceptor
            (check Web Presentation Pattern:
            http://msdn2.microsoft.com/en-us/library/ms998516.aspx).

            Tanpa tau konsep itu, susah menurut gw untuk merasakan "AHA" moments dari
            Rails.

            --
            http://andryshuzain.com

            Message 5 of 9 , Jan 3, 2007
              Monyet vs. Machine wrote:

> [...]
              > akhirnya temen2 jadi pada "ga tahan". Gw sampai bela-belain ngeprint
              > beberapa satu bab di ebook "Coder To Developer" untuk dibagi-bagi agar

              tercerahkan setelah ngedumel2 pusing2 ya pasti ya hehehe hati hati lama
              lama dipanggil profesor lo.

              sama gw disini chapter 3 buku nagel semua isinya di print biar yg pada
              baru pake svn langsung harus sudah biasa semuanya.
              wajib fardhu'ain pokoknya dah jago svn mah :))

> [...]
              > 3. Setelah commit, laporan ke lead developer, lalu checkout full lagi untuk

              eit ini ngelapor gimana nih maksudnya? lewat apa? kenapa checkout lagi
              yg terbaru, kan sudah sinkron?.. takut mis. kasus mo comit tapi file nya
              sudah diremove sama programmer lain ya? :)

              > Sebelum ngelakuin full checkout, gw juga biasa backup kerjaan. Bukan, bukan
              > incremental backup. Tapi murni ngezip satu folder gede secara rekursif
              > pertanggal/bulan/tahun :D

              nah kalo ini yg dibackup berarti yg di lokal ya? berarti asumsi gw
              termasuk yg unrevisioned ya.. trus backup nya ditaroh di mesin
              server/DVD/storagelainnya, gitu ya?
              gw berarti beruntung dong ga pernah nge-back-up sendiri, sudah ada admin
              nya yang jadi tukang backup'in kalo urusan svn (di mesin svn).
              kalo yg lokal gw, hmm... uda gw sinkron sama komputer2 / mesin2 yg
              terkonek ke laptop ini aja dah, taktik buat harddisk yg terbatas, sukur2
              kalo disedekahin hardisk 400 Giga :)) buat taroh film manga naruto deh

              > pakai versioning biar keliatan historinya. biar ketahuan tu si
              >

              > asal diingat saja , less commit/less code bukan berarti si programmer ga
              > kompeten kan? ;)

              wow,betul itu. biar jarang commit, tapi yg penting lihat log nya
              :)) disini btw fyi langsung di integrate setiap commit masuk email, jadi
              tinggal lihat aja di thunderbird buat sang penginspeksi.
              yg jadi terasa kasihan, buat yg nginspeksi codes yg hiperaktif kalo
              sampe ribuan.. thunderbirdnya berat, jadi enakan lewat modus teks aja
              jadinya. atau mustinya pakai software yg enak ya buat ini kalau mau yang
              web based, seperti yg dicontoh di dev.rubyonrails.com, typo, ataupun
              ruby sendiri. pada bukan pake bawaan ruby ya :) pakenya python.
              ini gw di mac ada sih GUI buat svn, tapi males, paling enakan modus
              teks, prompt UI nya super friendly.

> [...]
              > http://msdn2.microsoft.com/en-us/library/ms998516.aspx).
              >
              > Tanpa tau konsep itu, susah menurut gw untuk merasakan "AHA" moments dari

              ya. untuk kasus yang spesifik rails boleh dikatakan begitu, gaya MVC.
              dan memang bahasannya sesuai karna rails & php (bukan ruby).

              untuk kasus yang tidak spesifik rails, seperti ruby dan library2 lainnya
              nggak musti MVC

              btw tapi buat railers disini yg dari php jangan khawatir / ga usah
              berkecil hati lah, ini kan yg gw lihat, sementara di luar sana ada
              contoh seperti mbak amy hoy aja ya dari php, dari rails dulu, baru ruby,
              tapi ya bisa hebat walau termasuk golongan minoritas.

              --
              Arie Kusuma Atmaja A.K.A Arie A.K.A ariekeren / YM! = riyari3
            • Andry S Huzain
              Message 6 of 9 , Jan 3, 2007
> [...]

                > yg terbaru, kan sudah sinkron?.. takut mis. kasus mo comit tapi file nya
                > sudah diremove sama programmer lain ya? :)

                Ga. Just make sure saja.
                Lagipula, namanya juga lagi transisi.

> [...]
                > terkonek ke laptop ini aja dah, taktik buat harddisk yg terbatas, sukur2
                > kalo disedekahin hardisk 400 Giga :)) buat taroh film manga naruto deh

                Ya itu. Namanya juga transisi.
                SVN sendiri sih gampang. Gw sendiri cuma pakai presentasinya pak Endy
                kemaren di JUG/JAMU. Males ah baca buku tebal2.

                Yang susah itu ninggalin cara pikir lama. Kalo dilakukan mendadak suddenly
                tiba-tiba, malah berabe entar kalo ada masalah.
                Jadi cara SVN dijalani. Cara lama juga dijalani dulu. Tapi sejauh ini, udah
                kerasa kok manfaat SVN. Tinggal nunggu datangnya "AHA" moment buat seluruh
                team.

                Oh ya, komik Dead Note dan Naruto tentu saja gw taruh di harddisk external
                100GB :p

> [...]
                > contoh seperti mbak amy hoy aja ya dari php, dari rails dulu, baru ruby,
                > tapi ya bisa hebat walau termasuk golongan minoritas.

                Gw ngomong gitu dari xp saja sih. Saya baru "ngerti" Rails luar dalam
                setelah agak lama pake ASP.NET (PageController), lalu Struts
                (FrontController) dan Webworks (Interceptor).

                Dulu ada temen tanya untuk jadi web developer rails harus belajar apa dulu.
                Gw saranin java (struts + velocity + hibernate). Karena pake itu stack
                MVC-nya bener2 kerasa "sengsara"nya.
                Di Rails, kita nggak akan kerasa pake MVC secara itu sudah dibungkus rapi
                oleh DHH.

                Alasan kedua, karena kemilau scaffold, migration, dan ActiveRecord bisa
                bikin orang jadi manja :p

                --
                http://andryshuzain.com