Re: ruby, now with svn

  • aditya_jamop
    Message 1 of 9 , Jan 1, 2007
      dari pertama megang ruby, selalu pake SVN, jadi daku lum pernah
      ngerasain CVS with ruby

      eniwei, kejadian paling parah yg pernah daku lakuin yaitu menghapus
      mayan banyak file di repository.....svn rm lalu svn commit :D, ya
      jelas aza boss marah2, yah awalnya daku ndak tau coz namanya juga
      coba2 en belajar
      Message 2 of 9 , Jan 1, 2007
        aditya_jamop wrote:
> [...]
        > mayan banyak file di repository.....svn rm lalu svn commit :D, ya
        > jelas aza boss marah2, yah awalnya daku ndak tau coz namanya juga

        mestinya bukan dimarahin dong, mustinya adit naik gaji :) kan jadi
        tambah pengalaman :))
        # sulit loh jadi rubyist berpengalaman / bisa disebut makhluk langka di
        indonesia.

        kalo di commit berarti kan itu revision ke sekian, berarti tinggal
        checkout revision sebelum di rm itu ya. baru kemudian
        diperbaiki/dikembalikan lagi yg ga sengaja terhapus itu.

        --
        Arie Kusuma Atmaja A.K.A Arie A.K.A ariekeren / YM! = riyari3
        Message 3 of 9 , Jan 2, 2007
          --- In id-ruby@yahoogroups.com, Arie Kusuma Atmaja
          <ariekusumaatmaja@...> wrote:

> [...]
          >
          > --
          > Arie Kusuma Atmaja A.K.A Arie A.K.A ariekeren / YM! = riyari3

          yeah, begitulah pak, awalnya daku ketakutan hue hue, kirain beneran
          daku ngancurin proyeknya si boss, eh taunye repositorynya bisa
          dikembalikan ke awal sm si boss

          heuheuhe, jadinya tau kan, mengapa mesti pake SVN (atau sopwer Version
          Control sejenisnya)

          eh ngomong2, aku pernah baca tentang buku version control gitu
          (judulnya lupa euy), konon kabarnya di amrik sana, lebih dari 50%
          developer tidak menggunakan sopwer version control dalam pengembangan
          aplikasinya

          nah loh, kaget daku......... gmn di indonesia yaks ? dibawah 50%
          ataukah di atas 50%
          Message 4 of 9 , Jan 2, 2007
            On 1/3/07, aditya_jamop <aditya_jamop@...> wrote:
> [...]
            > aplikasinya
            >
            > nah loh, kaget daku......... gmn di indonesia yaks ? dibawah 50%

            pakai versioning biar keliatan historinya. biar ketahuan tu si
            programmer betul2 hebat atau jelek dilihat dari track record hasil
            commit codingnya. Terlepas dari cocok nggak nya deadline suatu proyek
            (buat nggambar-nggambar desain sampai ke urusan project management pak
            andry aja kali ya yg ngomong hehe). apalagi ya.. itu di buku nagel
            saja uda dibahas koq, di buku pragmatic versioniong svn juga dibahas.

            anyway, sekedar berbagi, pengalaman saya sendiri, walau melihat coding
            PHP yg tidak pakai subversion, sewaktu berubah jadi rails saya sangat
            melihat hasil codes orang dari PHP sulit sekali mental OOP nya jalan
            seperti di Rails. Apalagi app yang murni Ruby ataupun "sekedar"
            library.

            Kalau orang yang dari Java, yg pernah saya saya lihat mental OOP nya
            pas di Ruby ga begitu kesulitan seperti yg dari PHP, yang saya lihat
            sangat menonjol malah style coding aja. seperti Array.new() :) bukan
            [] biasa.

            Kalau orang Perl, yang pernah saya lihat coding2nya ya itu berbau
            bahasa Perl bener trus habis gitu dipaksa jadi Ruby kcx kcx tapi
            memang yang penting itu jalan :))

            --
            Arie Kusuma Atmaja A.K.A Arie A.K.A ariekeren | YM! = riyari3
            http://ariekusumaatmaja.wordpress.com
          • Monyet vs. Machine
            Message 5 of 9 , Jan 2, 2007
              On 1/3/07, Arie Kusuma Atmaja <ariekusumaatmaja@...> wrote:

              > nah loh, kaget daku......... gmn di indonesia yaks ? dibawah 50%

              Ha ha ha. Setau saya memang jarang. Mungkin ada satu-dua, tapi tetap pakai
              tambal sulam.
              Buat saya sih, SVN kerasa banget di project yang "multi-module".

              Dulu kami tidak pakai version control apapun. Tapi ya gw aja yg cerewet
              akhirnya temen2 jadi pada "ga tahan". Gw sampai bela-belain ngeprint
              beberapa satu bab di ebook "Coder To Developer" untuk dibagi-bagi agar
              temen2 'tercerahkan' :D

              Yang penting bertahap. Kalau mau pukul rata semua model checkin/checkout
              kadang malah berabe. Cara gw agak "defensif":

              1. Commit file-file yang memang urusan kita saja. Untuk file-file yang
              menyangkut hajat hidup orang banyak, misalnya saja xml config jika di java
              (bersyukurlah rails yang xml config agnostic!), diserahin ke lead developer
              saja untuk maintain.
              2. Setiap developer punya file teks sendiri yang berisi catatan perubahan di
              "file hajad hidup orang banyak" agar sang lead developer mudah ngetrace-nya.
              3. Setelah commit, laporan ke lead developer, lalu checkout full lagi untuk
              memastikan dapet yang terbaru.

              Sebelum ngelakuin full checkout, gw juga biasa backup kerjaan. Bukan, bukan
              incremental backup. Tapi murni ngezip satu folder gede secara rekursif
              pertanggal/bulan/tahun :D

> [...]
              > andry aja kali ya yg ngomong hehe). apalagi ya.. itu di buku nagel
              > saja uda dibahas koq, di buku pragmatic versioniong svn juga dibahas.

              asal diingat saja , less commit/less code bukan berarti si programmer ga
              kompeten kan? ;)

> [...]
              > melihat hasil codes orang dari PHP sulit sekali mental OOP nya jalan
              > seperti di Rails. Apalagi app yang murni Ruby ataupun "sekedar"

              Menurut gw bukan OOP-nya. Tapi pemahaman akan "separating concern" ala MVC.
              Gw rasa, kunci ngerti Rails (bukan Ruby lho ya) adalah MVC. Syukur2 tahu
              evolusi MVC seperti Front-Controller, PageController, dan Filter/Interceptor
              (check Web Presentation Pattern:
              http://msdn2.microsoft.com/en-us/library/ms998516.aspx).

              Tanpa tau konsep itu, susah menurut gw untuk merasakan "AHA" moments dari
              Rails.

              --
              http://andryshuzain.com

              Message 6 of 9 , Jan 3, 2007
                Monyet vs. Machine wrote:

> [...]
                > akhirnya temen2 jadi pada "ga tahan". Gw sampai bela-belain ngeprint
                > beberapa satu bab di ebook "Coder To Developer" untuk dibagi-bagi agar

                tercerahkan setelah ngedumel2 pusing2 ya pasti ya hehehe hati hati lama
                lama dipanggil profesor lo.

                sama gw disini chapter 3 buku nagel semua isinya di print biar yg pada
                baru pake svn langsung harus sudah biasa semuanya.
                wajib fardhu'ain pokoknya dah jago svn mah :))

> [...]
                > 3. Setelah commit, laporan ke lead developer, lalu checkout full lagi untuk

                eit ini ngelapor gimana nih maksudnya? lewat apa? kenapa checkout lagi
                yg terbaru, kan sudah sinkron?.. takut mis. kasus mo comit tapi file nya
                sudah diremove sama programmer lain ya? :)

                > Sebelum ngelakuin full checkout, gw juga biasa backup kerjaan. Bukan, bukan
                > incremental backup. Tapi murni ngezip satu folder gede secara rekursif
                > pertanggal/bulan/tahun :D

                nah kalo ini yg dibackup berarti yg di lokal ya? berarti asumsi gw
                termasuk yg unrevisioned ya.. trus backup nya ditaroh di mesin
                server/DVD/storagelainnya, gitu ya?
                gw berarti beruntung dong ga pernah nge-back-up sendiri, sudah ada admin
                nya yang jadi tukang backup'in kalo urusan svn (di mesin svn).
                kalo yg lokal gw, hmm... uda gw sinkron sama komputer2 / mesin2 yg
                terkonek ke laptop ini aja dah, taktik buat harddisk yg terbatas, sukur2
                kalo disedekahin hardisk 400 Giga :)) buat taroh film manga naruto deh

                > pakai versioning biar keliatan historinya. biar ketahuan tu si
                >

                > asal diingat saja , less commit/less code bukan berarti si programmer ga
                > kompeten kan? ;)

                wow,betul itu. biar jarang commit, tapi yg penting lihat log nya
                :)) disini btw fyi langsung di integrate setiap commit masuk email, jadi
                tinggal lihat aja di thunderbird buat sang penginspeksi.
                yg jadi terasa kasihan, buat yg nginspeksi codes yg hiperaktif kalo
                sampe ribuan.. thunderbirdnya berat, jadi enakan lewat modus teks aja
                jadinya. atau mustinya pakai software yg enak ya buat ini kalau mau yang
                web based, seperti yg dicontoh di dev.rubyonrails.com, typo, ataupun
                ruby sendiri. pada bukan pake bawaan ruby ya :) pakenya python.
                ini gw di mac ada sih GUI buat svn, tapi males, paling enakan modus
                teks, prompt UI nya super friendly.

> [...]
                > http://msdn2.microsoft.com/en-us/library/ms998516.aspx).
                >
                > Tanpa tau konsep itu, susah menurut gw untuk merasakan "AHA" moments dari

                ya. untuk kasus yang spesifik rails boleh dikatakan begitu, gaya MVC.
                dan memang bahasannya sesuai karna rails & php (bukan ruby).

                untuk kasus yang tidak spesifik rails, seperti ruby dan library2 lainnya
                nggak musti MVC

                btw tapi buat railers disini yg dari php jangan khawatir / ga usah
                berkecil hati lah, ini kan yg gw lihat, sementara di luar sana ada
                contoh seperti mbak amy hoy aja ya dari php, dari rails dulu, baru ruby,
                tapi ya bisa hebat walau termasuk golongan minoritas.

                --
                Arie Kusuma Atmaja A.K.A Arie A.K.A ariekeren / YM! = riyari3
              • Andry S Huzain
                Message 7 of 9 , Jan 3, 2007
> [...]

                  > yg terbaru, kan sudah sinkron?.. takut mis. kasus mo comit tapi file nya
                  > sudah diremove sama programmer lain ya? :)

                  Ga. Just make sure saja.
                  Lagipula, namanya juga lagi transisi.

> [...]
                  > terkonek ke laptop ini aja dah, taktik buat harddisk yg terbatas, sukur2
                  > kalo disedekahin hardisk 400 Giga :)) buat taroh film manga naruto deh

                  Ya itu. Namanya juga transisi.
                  SVN sendiri sih gampang. Gw sendiri cuma pakai presentasinya pak Endy
                  kemaren di JUG/JAMU. Males ah baca buku tebal2.

                  Yang susah itu ninggalin cara pikir lama. Kalo dilakukan mendadak suddenly
                  tiba-tiba, malah berabe entar kalo ada masalah.
                  Jadi cara SVN dijalani. Cara lama juga dijalani dulu. Tapi sejauh ini, udah
                  kerasa kok manfaat SVN. Tinggal nunggu datangnya "AHA" moment buat seluruh
                  team.

                  Oh ya, komik Dead Note dan Naruto tentu saja gw taruh di harddisk external
                  100GB :p

> [...]
                  > contoh seperti mbak amy hoy aja ya dari php, dari rails dulu, baru ruby,
                  > tapi ya bisa hebat walau termasuk golongan minoritas.

                  Gw ngomong gitu dari xp saja sih. Saya baru "ngerti" Rails luar dalam
                  setelah agak lama pake ASP.NET (PageController), lalu Struts
                  (FrontController) dan Webworks (Interceptor).

                  Dulu ada temen tanya untuk jadi web developer rails harus belajar apa dulu.
                  Gw saranin java (struts + velocity + hibernate). Karena pake itu stack
                  MVC-nya bener2 kerasa "sengsara"nya.
                  Di Rails, kita nggak akan kerasa pake MVC secara itu sudah dibungkus rapi
                  oleh DHH.

                  Alasan kedua, karena kemilau scaffold, migration, dan ActiveRecord bisa
                  bikin orang jadi manja :p

                  --
                  http://andryshuzain.com