id-ruby daily tips #29: ruby-talk

  • Steven Haryanto
    Message 1 of 5 , Jul 1, 2004
      Milis utama Ruby (untuk yang berbahasa Inggris) adalah
      ruby-talk@... (yang di-gateway ke newsgroup comp.lang.ruby,
      sama seperti milis python-list@... yang di-gateway ke
      comp.lang.python). Milis ruby-talk telah ada sejak akhir 1998 dan
      trafiknya meningkat terus dari tahun ke tahun. Untuk tahun 2004:

      Jan: +- 2050 posting/bulan
      Feb: +- 2200 posting/bulan
      Mar: +- 2600 posting/bulan
      Apr: +- 2475 posting/bulan
      Mei: +- 2800 posting/bulan

      Sudah sedikit melebihi mysql@... (+- 1500 posting/bulan),
      setara dengan php-general@... (+- 2000-3000 posting/bulan),
      dan sudah melebihi separuh dari python-list@... (+- 4000-5000
      posting/bulan). Jadi, dari aktivitas milisnya komunitas Ruby sudah cukup
      besar dan aktif. Sebuah tren yang menggembirakan.

      Sayangnya dari jumlah buku atau seminar/talk mengenai Ruby, masih kalah
      di bawah Python, Perl, Java.

      --
      Steven Haryanto | PT. Master Web Network (MWN)
      http://people.masterwebnet.com/steven | Ged Cyber Lt10, Kuningan Barat 8

      http://egroups.com/group/id-regex http://egroups.com/group/id-perl
      http://egroups.com/group/id-mysql http://egroups.com/group/id-python
      http://egroups.com/group/id-ruby http://egroups.com/group/id-postgresql
      http://egroups.com/group/id-php http://egroups.com/group/diskusihosting
    • Steven Haryanto
      Message 2 of 5 , Jul 1, 2004
        Bla Bla Bla wrote:
        > Cuman saya kadang bertanya ..... apa saya perlu untuk belajar secara mahir
        > untuk mengikuti perkembangan ini ?
        > Padahal permintaan customer cuman berkisar antara web app (php) dan window
        > app. (delphi dll).
        > Untuk permintaan linux app. jarang ......

        yah, untuk develop software sih filosofinya IMO pakai the right tools
        for the right job aja. kalo emang cocoknya pake delphi, ya delphi. kalo
        python ya python, dsb.

        saya sih banyaknya bikin web app saat ini (dengan server = linux), dan
        administrasi server linux. jadi banyaknya pake php, perl, ruby.
        delphi/kylix/vb/dsb udah jarang dilirik. tapi memang kalo bikin desktop
        app di windows saat ini ruby kurang bagus deh... belon ada os thread,
        wxRuby masih belum mature, sementara tk ehem... penampilannya kurang
        disukai sih oleh banyak orang, dsb.

        dalam 2-3 tahun mungkin akan ada perubahan banyak di arena desktop apps,
        misalnya akan ada avalon & XAML (longhorn), mozilla & opera gabung bikin
        API utk rich web apps, dsb. IMO lebih aman deploy aplikasi sebagai web
        app aja...

        Message 3 of 5 , Jul 2, 2004
          Steven Haryanto wrote:
          > Sayangnya dari jumlah buku atau seminar/talk mengenai Ruby, masih kalah
          > di bawah Python, Perl, Java.

          untuk buku tentunya yang dimaksud adalah buku2 berbahasa inggris, di
          mana baru ada segelintir saja: Programming Ruby (aka Pickaxe, pionir
          yang memperkenalkan ruby pada dunia, thanks to dave & andy), Ruby in a
          Nutshell (karangan matz, yang matz sendiri bilang gak sebagus pickaxe
          :p), The Ruby Way (Hal Fulton), dan Ruby Developers' Guide (lupa siapa
          yang ngarang). mestinya sih _why dan Guy juga menulis buku. _why udah
          nulis tutorial/buku online, sementara untuk Guy kayaknya inggrisnya
          masih belepotan deh :)

          sementara untuk buku ruby berbahasa jepang kayaknya udah ada 19-20 biji...

          --

        • Bla Bla Bla
          Message 4 of 5 , Jul 2, 2004
            ruby-talk@... (yang di-gateway ke newsgroup comp.lang.ruby,<br>
            sama seperti milis python-list@... yang di-gateway ke<br>
            comp.lang.python). Milis ruby-talk telah ada sejak akhir 1998 dan<br>
            trafiknya meningkat terus dari tahun ke tahun. Untuk tahun 2004:<br>
            Sharing dikit ... kayaknya ini OOT ... tapi drpd sepi :))<br><br>
            saya ngak ikut milis milis asing, karena keterbatasan bahasa inggris yang saya miliki.<br>
            tetapi saya mengikuti milis bhs indonesia ...  cuman ada beberapa milis programming/script<br>
            yang aktif sekali antara lain : delphi dan php. (mungkin juga vb .. ttp saya tidak mengikuti milis ini karena tidak suka basic)<br>
            sedang untuk python dan ruby .....  sigh ....<br>
            saya sendiri ngak tahu kenapa  koq sepi :))<br><br>
            kalo ruby saya baru "tahu" setahun ini :))...<br>
            kalo python tahunya sudah lama .... tapi belajarnya juga akhir akhir ini saja :))<br>
            itupun belajar karena tahu kalao script python dan ruby bisa cross antata linux dan window.<br><br>
            Cuman saya kadang bertanya ..... apa saya perlu untuk belajar secara mahir untuk mengikuti perkembangan ini ?<br>
            Padahal permintaan customer cuman berkisar antara web app (php) dan window app. (delphi dll).<br>
            Untuk permintaan linux app. jarang ......  <br><br>
            di bawah Python, Perl, Java.<br>
            syntax, variable, statement, fungsi, operator :))<br><br>
            jadi buku tidak menjadi masalah kalau masih newbie kayak saya.<br>
            kalau sudah mulai "how to do this", "tips untuk speed" ... dlllll ..... itu yang perlu dibaca.<br>
            malah patut dibeli bukunya.<br>
            mungkin persoalannya adalah .... merubah cara pikir/programming ke model OO.<br>
            saya sendiri agak kesulitan ... untuk mencoba ruby dengan latar belakang "procedural programming".<br><br>
            Tapi memang agak sedikit menantang. :)) kalau untuk programming pada real world.<br><br>
            bye<br><br>
          • Bla Bla Bla
            Message 5 of 5 , Jul 2, 2004
> [...]

              Untuk permintaan linux app. jarang ......

              >Sayangnya dari jumlah buku atau seminar/talk mengenai Ruby, masih kalah
              Sebenarnya buku programming itu semuanya hampir sama :)
[...]

              malah patut dibeli bukunya.

[...]

              bye