Re: [id-ruby] install ruby for window

  • Steven Haryanto
    Message 1 of 8 , Jul 1, 2004
      Bla Bla Bla wrote:
      > dikomputer saya punya python (versi install exe).....
      >
      > lalu saya install ruby (versi install exe juga).
      > Ternyata library tk punya ruby mendominasi kepemilikan library tk milik python.
      >
      > berhubung saya "baru mau belajar ruby" (ini gara gara tipssss dari pak
      > Steven) ....
      > makanya saya lebih prefer python (juga newbie koq).
      > lalu saya uninstall ruby nya .... hasilnya python jalan semestinya.
      >
      > pertanyaannya .... gimana install ruby fro window versi exe supaya ngak
      > tabrakan dengan TK nya python ?

      saya terakhir install python for windows itu dari distribusi
      activepython 2.3.2 (bukan dari python.org). dia naruh tk84.dll di
      c:\python23\dlls, jadi mestinya gak bentrok dengan yang di c:\windows
      misalnya.

      sementara untuk ruby, terakhir saya install ruby for windows 1.8.0 dari
      distribusi ruby-lang.org (bukan dari rubyinstaller.rubyforge.org). di
      distro ini tk8X.dll tidak disertakan jadi saya mesti instal dulu
      activetcl lalu ambil tk83.dll dan taruh di direktori library ruby. no
      problem.

      _kayaknya_ (dugaan saya) distribusi ruby yang baru dari rubyinstaller
      itu sudah include tkXX.dll juga dan mungkin mengeset environment
      variable tertentu sehingga python tidak dapat mencari tk84.dll miliknya.
      coba, setelah ruby diinstal, lihat apakah ada environment variables yang
      berubah.

      --
      Steven Haryanto | PT. Master Web Network (MWN)
      http://people.masterwebnet.com/steven | Ged Cyber Lt10, Kuningan Barat 8

      http://egroups.com/group/id-regex http://egroups.com/group/id-perl
      http://egroups.com/group/id-mysql http://egroups.com/group/id-python
      http://egroups.com/group/id-ruby http://egroups.com/group/id-postgresql
      http://egroups.com/group/id-php http://egroups.com/group/diskusihosting
    • Bla Bla Bla
      Message 2 of 8 , Jul 1, 2004
        hi guyss ..

[...]

        Note : saya tidak kepingin untuk otak atik environment python yang ada. jadi yg harus diotak atik sebaiknya ruby :))

        thnxx
      • Steven Haryanto
        Message 3 of 8 , Jul 1, 2004
          Bla Bla Bla wrote:
          > Variable environment yg mana yg mesti dilihat ? window, python atau ruby ??
          > Gimana cara lihatnya :))) ... autoexec.bat, config.sys kosong melompong
          > (ngak ada isinya alias blank).

          kalo win2k sih di Control Panel > System > Advanced > Environment
          variables...

          dugaan saya hanya masalah path library kok. tapi karena saya belum
          mencoba sendiri, gak tau persis masalahnya di mana. mungkin akan
          membantu jika memberitahu tk python "gak jalan"-nya itu gimana (apa
          pesan errornya, dsb).

          Message 4 of 8 , Jul 2, 2004
            saya terakhir install python for windows itu dari distribusi <br>
            activepython 2.3.2 (bukan dari python.org). dia naruh tk84.dll di <br>
            c:\python23\dlls, jadi mestinya gak bentrok dengan yang di c:\windows <br>
            misalnya.</blockquote><br>
            distribusi ruby-lang.org (bukan dari rubyinstaller.rubyforge.org). di <br>
            distro ini tk8X.dll tidak disertakan jadi saya mesti instal dulu <br>
            activetcl lalu ambil tk83.dll dan taruh di direktori library ruby. no <br>
            problem.<br>
            tk83.dll sudah ada pada saat install .... di direktory c:\ruby\tcl\lib <br><br>
            kalau tk-nya ruby saya delete, kemudian saya arahkan "path"nya ke tk-nya python .... bisa ngak ya ?<br>
             pertanyaannya adalah gimana setting path untuk library di ruby  ?<br><br>
            itu sudah include tkXX.dll juga dan mungkin mengeset environment <br>
            variable tertentu sehingga python tidak dapat mencari tk84.dll miliknya. <br>
            coba, setelah ruby diinstal, lihat apakah ada environment variables yang <br>
            Gimana cara lihatnya :))) ... autoexec.bat, config.sys kosong melompong (ngak ada isinya alias blank).<br><br>
            thnx for replying<br><br>
          • Bla Bla Bla
            Message 5 of 8 , Jul 2, 2004

> [...]
              >activepython 2.3.2 (bukan dari python.org). dia naruh tk84.dll di
              >c:\python23\dlls, jadi mestinya gak bentrok dengan yang di c:\windows

              Anda benar .... dan sama seperti yang saya miliki.

              thnx for replying
            • Bla Bla Bla
              Message 6 of 8 , Jul 2, 2004
                variables...</blockquote><br>
                Akhirnya ketahuan juga :))<br><br>
                ada system variable "TCL_LIBRARY" yg isinya "c:\ruby\tcl\lib\tcl8.3".<br><br>
                mencoba sendiri, gak tau persis masalahnya di mana. mungkin akan <br>
                membantu jika memberitahu tk python "gak jalan"-nya itu gimana (apa <br>
                pesan errornya, dsb).</blockquote><br>
                iya saya juga pikir ini masalah path .... cuma aku ngak pikir waktu instal ruby sudah disetting ke path nya ruby.<br><br>
                pythonnya ngak jalan dengan message tetang tk path nya hilang :)<br><br>
                tapi omong omong .... tk nya ruby 8.3 .... tk nya python 8.4.<br>
                apakah ruby sudah support tk 8.4 ??<br>
                soalnya kalo sudah akan saya setting pathnya ke tk-nya python saja.<br><br>
                solved :)<br><br>
                saya ganti system variablenya ke tk8.4 punya python.<br><br>
                Dan sekarang python dan ruby jalan semua ....... (tanpa menmperhitungkan kompatibilitas tk ....)<br>
                Memang sih .... aku ngak pake TK :))....<br>
                pakainya wxpython :) .....<br>
                kalo ruby sementara baru mau belajar mengeja :))<br><br>
                thnx untuk "pencerahannya" ......<br><br>
                bye </font></body>
              • Bla Bla Bla
                Message 7 of 8 , Jul 2, 2004
                  >kalo win2k sih di Control Panel > System > Advanced > Environment
                  >variables...

                  Akhirnya ketahuan juga :))

> [...]

                  apakah ruby sudah support tk 8.4 ??
                  soalnya kalo sudah akan saya setting pathnya ke tk-nya python saja.

                  solved :)

                  saya ganti system variablenya ke tk8.4 punya python.

                  Dan sekarang python dan ruby jalan semua ....... (tanpa menmperhitungkan
                  kompatibilitas tk ....)
                  Memang sih .... aku ngak pake TK :))....
                  pakainya wxpython :) .....
                  kalo ruby sementara baru mau belajar mengeja :))

                  thnx untuk "pencerahannya" ......

                  bye