Re: [id-ruby] Helpers on Rails

    Message 1 of 6 , Aug 28, 2006
      amix wrote:

      > hay all rubycian...
      >
      > mm..sebenarnya waktu kita memakai rails, apa sih fungsi dari
      > (folder)helpers??
      > apa seperti tempat untuk menyimpan fungsi2 ?? trus beda dengan library ??

      i will leave theories apart from ruby practice alright

      application_helper.rb itu bisa dipanggil oleh *semua* view.
      nama_action_helper.rb hanya bisa dipanggil oleh view sesuai dengan nama
      kelas Controller nya.

      contoh:
      di application_helper.rb

      def comment
      %(Web keren ini dibuat oleh ArieKeren sambil mengurus body love and
      beauty agar rambut tak mudah rontok)
      end

      di app/views/demo/index.rhtml

      <%= comment %>
      Nah tuh contohnya dari application_helper.rb Perhatikan desain OO yang
      benar.. Jangan mencampur adukkan semuanya di application_helper.rb
      supaya memudahkan di saat maintenance nantinya / apalagi kalo web nya
      sampe gede gede.

      # selesai. huayo fahmi gak liatin link_to_remote yang ujungnya bisa
      gerak itu dari video rails flickr yaaa ;;) bisik bisik tetangga

      --
      Arie Kusuma Atmaja A.K.A Arie A.K.A ariekeren / YM! = riyari3
      http://ariekusumaatmaja.wordpress.com

      So you're a Smalltalker guy, huh?! I hate building UI too man!
      Tiup aja pakai AJAX dan nyanyikan jimat ini : aku bukan pengemis ciiiintaaaa
      persetan dengan cinta, persetan dengan janji, kalau harus menyaakitiii
      persetan dengan sumpah, persetan dengan wajah, kalau harus mendeeritaaa
      patah hati itu bukan sifat lelakiii, apalagi sampai nekat bunuh diiriii
      patah hati itu cuma soal biasa, aku taaak putuuus aasaaa
      sumpah dan janji bukan soal yang paaastii.. jangan kaau pikir ku keeceeewaa

      drop_receiving_element("my_cart", :url => { :controller => "cart",
      :action => "add" })
      draggable_element("my_image", :revert => true)
      #### pake ruby generated_at Saturday, 26 August 2006 20:35:56
      #### by Sayang (ArieKeren's Computer Soul)