Re: [id-ruby] Re: Cara send_file di Ruby?

  • Iqbal Farabi
    Message 1 of 26 , Oct 10, 2012
      Hmm.. jadi gini sih,

      Di file el_finer/connector.rb ada module ElFinder dan class Connector.
      Ketika saya coba gunakan send_file dengan plain saja, pesan errornya adalah
      NoMethodError for class ElFinder::Connector. Lalu saya ubek-ubek sedikit
      source code Rails, dan ketemu bahwa send_file ini adanya di
      ActionController::DataStreaming (yg mana ini adalah sebuah module). Nah,
      pesan error itu terjadi karena saya coba panggil dengan cara seperti ini
      (sepertinya cara saya agak silly :D):

      1. Di file utama el_finder.rb saya tambahkan
      require 'action_controller/metal/data_streaming'

      2. Pada file el_finder/connector.rb saya buat method baru untuk download,
      disitu saya pnggil send_file:
      send_file('nama_file')

      3. Pesan error:

      Started GET "/elfinder?cmd=download&target=bG9nb3MvZWxmaW5kZXIucG5n" for
      127.0.0.1 at 2012-10-10 19:10:47 +0800
      Processing by HomeController#elfinder as HTML
      Parameters: {"cmd"=>"download", "target"=>"bG9nb3MvZWxmaW5kZXIucG5n"}
      Completed 500 Internal Server Error in 2ms

      NoMethodError (undefined method `send_file' for
      #<ElFinderQbl::Connector:0x00000003ce43e0>):
      app/controllers/home_controller.rb:7:in `elfinder'

      4. Sementara, source code dari Rails untuk send_file ada di sini
      https://github.com/rails/rails/blob/master/actionpack/lib/action_controller/metal/data_streaming.rb

      Terimakasih lho buat bantuan rekan-rekan semua. :)

      --
      Iqbal Farabi
      CMO of Starqle Indonesia (iqbal@...)

    • tejanium
      Message 2 of 26 , Oct 11, 2012
        Mungkin begini, jangan di require di lib/el_finder.rb tapi di include di dalem kelas Connectornya di lib/el_finder/connector.rb

        jadi begini

        module ElFinder

          # Represents ElFinder connector on Rails side.
          class Connector
        include ActionController::DataStreaming

        end
        end
        itu jg kalo udah ke load ActionController-nya

        kalo gak mau ribed, cukup modifikasi header, sama header sama contentnya aja seperti yang mas Nugroho bilang

        itu kan ada tuh di kelas Connector, @header sama @response, tambahin aja disana

        CMIIW..

        ________________________________
> [...]

        > kita maksud tuh ada di ActionController::DataStreaming .. yg error tuh
        > ditempat lain.. bisa copy paste full error messages nya?

        ID-Ruby
        Berdiskusi dan belajar bersama Bahasa Pemrograman Ruby, termasuk segala varian Ruby (JRuby, Rubinius, IronRuby, XRuby), dan program yang dibuat dengan Ruby (Ruby on Rails, JRuby on Rails, Merb)

            http://rubyurl.com/Q8DD
            http://news.gmane.org/gmane.comp.lang.ruby.region.indonesia

      • Giovanni Sakti
        Message 3 of 26 , Oct 11, 2012
          baru tune in nih..
          setuju pakai modifikasi response header..

          ada beberapa yang nulis, ini nemu barusan: http://thedataasylum.com/articles/how-rails-nginx-x-accel-redirect-work-together.html

          jadi si gem el_finder ga perlu di modifikasi, controller cukup terima path file yang mau di download dari si elfinder (sory ga familiar sama plugin/gemnya, tapi si elfinder harusnya bisa kirim path file yang mau di download ke rails lagi kan?)

          --
          Giovanni Sakti
          Starqle Indonesia

          Message 4 of 26 , Oct 11, 2012
            I see. Dicoba dulu deh, karena memang yg alternatif ini belum saya coba
            sama sekali. Thanks all. Nanti saya report lagi hasilnya gimana.

          • Yacobus Reinhart
            Message 5 of 26 , Oct 11, 2012
              hmm,, jangan dilukai Nginx atau Webserver nya, dia gak salah apa2, coba
              metode ini:
              # sebelumnya hilangkan dulu require2 atau include2 yang di tambal sulam
              sebelumnya,
              # dan lebih baik kita bikin method serupa dengan send_file dan send_data

              # ini buat di connector.rb nya
              # Saya menganggap kalo @target adalah file
              def _download
              @response[:content] = @...
              @headers['Content-Type'] = 'application/octet-stream'
              @headers['Content-Disposition'] = 'attachment'
              @headers['Content-Location'] = @..._filename
              @headers['Content-Transfer-Encoding'] = 'binary'
              @headers['Content-Length'] = @response[:content].size
              @headers['Connection'] = 'close'
              end

              # Percobaan berikut untuk di action.rb nya.
              #percobaan: 1
              def el_finder(name = :elfinder, &block)
              self.send(:define_method, name) do
              h, r = ElFinder::Connector.new(instance_eval(&block)).run(params)
              headers.merge!(h)
              render (r.empty? ? {:nothing => true} : {:text => (r[:content] ?
              r[:content] : r.to_json)}), :layout => false
              end
              end

              #perconbaan: 2
              def el_finder(name = :elfinder, &block)
              self.send(:define_method, name) do
              h, r = ElFinder::Connector.new(instance_eval(&block)).run(params)

              if r[:content]
              h.each_pair do |k,v|
              header k, v
              end
              render text: r[:content], layout: false
              else
              headers.merge!(h)
              render (r.empty? ? {:nothing => true} : {:text => r.to_json}),
              :layout => false
              end
              end
              end
              #perconbaan: 3
              # menunggu hasil dari laporan dari percobaan 1 dan 3 :D

              2012/10/11 Iqbal Farabi <farabi.iqbal@...>

              > I see. Dicoba dulu deh, karena memang yg alternatif ini belum saya coba
              > sama sekali. Thanks all. Nanti saya report lagi hasilnya gimana.

> [...]

              *"To accomplish great things, we must not only act, but also dream; not
              only plan, but also believe."* *~ Anatole France*

            • Iqbal Farabi
              Message 6 of 26 , Oct 12, 2012
                Mas Yacobus, thanks a lot.

                Saya sudah coba ikuti sarannya, ada sedikit modifikasi, meskipun masih
                gagal tapi ada sedikit kemajuan. Seperti ini:

                1. Yg di action.rb saya gunakan percobaan #1
                2. Di connector.rb saya cuma ubah @response[:content].size
                jadi @response[:content].size.to_s saja karena kalau tidak begitu selalu
                raise NoMethodError 'split' for Fixnum. Yg mana setelah saya cek, yg
                bertipe Fixnum ini ya si @response[:content].size. Lalu saya coba untuk
                buka dari @target, tapi @target ternyata class lain dalam gem ini, nama
                class-nya Pathname. Akhirnya saya coba yg standar dulu, saya buka aja file
                sembarang pakai absolut path, code-nya jadi seperti ini:

                def _download
                @response[:content] = File.open('/home/iqbal/file_test.txt')
                @headers['Content-Type'] = 'application/octet-stream'
                @headers['Content-Disposition'] = 'attachment'
                @headers['Content-Location'] = '/home/iqbal/file_test.txt'
                @headers['Content-Transfer-Encoding'] = 'binary'
                @headers['Content-Length'] = @response[:content].size.to_s
                @headers['Connection'] = 'close'
                else

                Hasilnya, file ter-download, tapi begitu dibuka isinya cuma sebaris text
                berikut:
                #<File:0x007fb39412e928>

                Nah, @response[:content] itu harusnya diisi apa ya? Apa saya udah bener
                pake File.open untuk baris itu?

                Thanks lagi sebelumnya.

                Salam hangat,

                Message 7 of 26 , Oct 12, 2012
                  coba pakai render text
                  render :text => File.open(file)

                  --
                  Giovanni Sakti
                  Starqle Indonesia

                  Message 8 of 26 , Oct 12, 2012
                    Hmm.. karena udah di dalem class Connector (di dalem modulnya gitu),
                    manggil langsung render gitu raise error:
                    NoMethodError (undefined method `render' for
                    #<ElFinder::Connector:0x00000003edb770>)

                    Kalo masih di luar kelas, kaya di action.rb bisa. Tapi masalahnya, di gem
                    ini udah begitu modelnya, aksi-aksi lain semua di-handle sama class
                    Connector ini.

                    Message 9 of 26 , Oct 12, 2012
                      Coba

                      file = File.open(file, "rb")
                      @response[:content] = file.read

                      --
                      Giovanni Sakti
                      Starqle Indonesia

                      Message 10 of 26 , Oct 12, 2012
                        Uhuy! This one works! Sekarang tinggal cari supaya si ElFinder baca file
                        target beneran. Nanti kalo udah lancar semua, insya Allah saya laporin lagi
                        ke milis ini.

                        Thanks all!

                        Message 11 of 26 , Oct 12, 2012
                          Mantab, bal :D request constributor aja buat method download :D you're
                          rock!!

                        • Iqbal Farabi
                          Message 12 of 26 , Oct 12, 2012
                            Hehe, lah, justru mase yg mantap. Won't get this far without your help, Mas
                            Yacobus. Nuhun nuhun.

                            Message 13 of 26 , Oct 12, 2012
                              coba liat connector.rb line 75, 327 dan 336. Kemaren saya mengacu pada itu.
                              Nah line 75 mengarah ke line 97, klo dilihat dari flow processnya kamu bisa
                              tambahin satu line tambahan setelah line 75.
                              @target = File.new(@target) if @..._a?(String)

                              di method download kamu tambahin ini:
                              response[:content] = @...

                              # klo berhasil you owe me marlb*ro sebungkus (kidding :p )

                              Message 14 of 26 , Oct 12, 2012
                                eh jangan deh bal, mending tambahin method dibawah ini didalam method
                                download aja:
                                @target = File.new(@target) if @..._a?(String)

                                takutnya bikin kacau yang lainnya yang mengharapkan value dari @target

                                Message 15 of 26 , Oct 12, 2012
                                  Dicoba dulu ya...

                                  Message 16 of 26 , Oct 16, 2012
                                    Wah, maaf kengkawan, saya telat lapornya. Oke, ini hasil akhir,
                                    alhamdulillah sudah berjalan seperti yang saya mau:

                                    1. Di file action.rb, menggunakan percobaan #1 dari Mas Yacobus:
[...]

                                    2. Di file lib/connector.rb menggabungkan saran dari Mas Yacobus dan Yovan
                                    serta sedikit copas dari code di method lainnya di gem tersebut:

                                    def _download(target = nil)
                                    target ||= @target

                                    if target.nil?
                                    _open(@root)
                                    return
                                    end

                                    if perms_for(target)[:read] == false
                                    @response[:error] = 'Access Denied'
                                    return
                                    end

                                    if target.file?
                                    file = File.open(@..._s, "rb")
                                    @response[:content] = file.read
                                    filename=#{@..._s}"
                                    @headers['Content-Location'] = @..._s
                                    @headers['Content-Transfer-Encoding'] = 'binary'
                                    @headers['Content-Length'] = @response[:content].size.to_s
                                    @headers['Connection'] = 'close'
                                    else
                                    command_not_implemented
                                    end
                                    end # of download

                                    It works fine for now. Again, thanks all.

                                    Buat Mas Yacobus, ini ada oleh-oleh:
                                    http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/ca/American_duty-free_Marlboro.jpg
                                    :D