Re: [tanya]Kegunaan ruby

  • hendra.uzia
    Message 1 of 7 , Jul 17, 2012
      kalo mau deploy online di heroku aja
      kalau aplikasi desktop gui kayanya kurang relevan deh
      tapi kalau mau buat aplikasi ios bisa coba rubymotion

      --- In id-ruby@yahoogroups.com, "Lukas Cahyadi gunawan" <ex_it9@...> wrote:

      > oww, makasih infonya. :D
      > saya berharap mulai dari aplikasi offline untuk dekstop,
      > karna saya ga punya web untuk praktek klo online. XD
      > ada group facebooknya ga ini ?
      > saya buka link yg disini tapi ga bisa.
      > thanks om.

    • Dimas Aryo
      Message 2 of 7 , Jul 17, 2012
        Kalo ngga salah, metasploit merupakan salah satu aplikasi populer yang
        dikembangkan menggunakan ruby. Sekarang saya juga lagi belajar IronRuby
        untuk membuat aplikasi .NET. : )

      • adi nugroho
        Message 3 of 7 , Jul 30, 2012
          Tidak semua bahasa pemrograman bisa digeneralisir untuk setiap kebutuhan. Contoh : PHP bagus untuk web, tapi big no untuk desktop. VB.NET bagus untuk desktop, big no untuk web. Node.JS yg bagus untuk transmisi data realtime tapi jelek untuk membuat web secara keseluruhan. C++ bagus untuk bikin game, tapi big NO kalau untuk web (bangun dari scratch). Begitu juga Ruby, kekuatan ruby dan frameworknya lebih terbukti di web & scripting daripada aplikasi GUI (desktop), jadi lebih baik jangan berusaha dipaksakan untuk membangun aplikasi desktop menggunakan Ruby. Walaupun banyak implementasi Ruby seperti MacRuby, IronRuby, JRuby yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi desktop tapi tetap saja anda suatu saat akan menemukan library yang anda butuhkan tapi belum ada implementasinya di MacRuby/IronRuby/JRuby sehingga pada akhirnya anda harus menambahkan support dalam bahasa native nya (istilahnya native extension), anda pada akhirnya akan menyentuh coding dalam
          bahasa C++/Obj-C/C#/Java.

          Saran saya:
          1. Lebih baik terima Ruby apa adanya, belajarlah Ruby dari 0, dengan tujuan mempelajari bahasanya, jangan dipikirkan nanti maw bikin apa dulu. Buku dan tutorial Ruby sebagian besar bertujuan untuk membuat aplikasi Command Line, dan ini adalah awal yang sangat bagus.

          2. Setelah poin nomor 1, selanjutnya anda bisa mencoba belajar framework Ruby yg paling banyak digunakan + digunakan company yg sudah terbukti & stabil, seperti Rails/Sinatra.

          3. Jika anda masih ingin membuat aplikasi Desktop, lebih baik gunakan pengetahuan yg anda kuasai sebelumnya. Jika background anda adalah AS3, anda bisa menggunakan Adobe AIR untuk membuat aplikasi desktop dan menurut saya AIR ini sudah cukup bagus developmentnya.

          --
          Best Regard

          Adi Nugroho
          InformaTicS04

          Message 4 of 7 , Jul 30, 2012
            Sebenernya sih ga harus punya web sendiri dulu kalau mau praktek aplikasi
            berbasis web (misalnya dengan Rails). Bisa dijalankan di localhost saja.
            Jadi ga perlu dulu beli domain dan sewa hosting. :)

            --
            Iqbal Farabi
            Starqle Indonesia