scaffold, ruby, fleksibilitas, diary, catetan tercecer

    Message 1 of 2 , Jun 4 5:34 PM
      # diary, catatan tercecer
      # arie @ semarang => "Sun, 04 Jun 2006 06:29:36"
      # rencananya i'll send this email at Jakarta, 5 Jun '06 or 6 Jun

      ini sambil dengerin Sebastian Delmont ngomong, kurang lebih dia bilang
      gini:

      hmm ya .. scaffold berguna disaat ngerasa stuck mis. bingung2 dg
      ActiveRecord, disitulah saatnya saya melihat apakah program berjalan atau
      nggak dengan scaffold. dan ini semua disebabkan ruby, fleksibilitasnya,
      bisa insert dg mudah..
      kami ga akan memakai framework lain selain ini (Rails) dan Ruby, saya sudah
      dibilangin teman saya 2 tahun yang lalu, saya nyesal kenapa baru
      sekarang, pingin rasanya bilang ke dia, kalau dia tu bener banget.
      sebenarnya disaat stuck di lain framework saya bisa aja melihat source
      code nya langsung, tapi itu akan melelahkan dan merupakan solusi yang
      mahal. berbeda dengan ruby. dg fleksibilitasnya dan kelebihan2 ruby ini
      saya bisa mendapatkan apa yang saya mau dengan mudah.

      sumber: http://podcast.rubyonrails.com
      sebastian delmont.m4a

      BTW kemaren2 gw ngomong scaffold, itu yg gw maksud specifically dynamic
      scaffold, bukan yang static scaffold. walau memang tetap dalam dunia
      nyata, scaffold sama sekali nggak bakal gw pakai. krn gw bisa aja jadi'in 4
      action method di sana jadi 1 action method biar lebih dry. dan
      banyak alasan lain. buat yang baru belajar rails, memang pas utk liat
      controller yg dibuat _static_ scaffold, hubungannya dengan helper2 di
      view, kemudian sering2 maen ke site2 seperti 7slash.com punya amy hoy
      gitu, hack typo, gitu aja. kalo ngandelin _dynamic_ scaffold, argh!
      bener2 nggak mendidik, kecuali kalo sebelum add :scaffold si programmer
      ini sudah tau ruby ( biarpun dikit :p ), gpp :) berarti pemikirannya
      makin dalem ruby tu
      gimana hehehe krn pasti dia bakal lihat langsung dalemnya
      rubygem-rubygem yg bikin rails gitu. dan pasti dia bakal gali lagi
      tentang wee (rails+nitro). ah koq jadi curhat kenangan manis waktu di
      semarang sih hihihi.

      # howaduuh maap tuan, kawulo masi gagu pake ftp di mac wuhahahaha
      # ampun tuan gara2 ini jadi males scp atu atu bukan ga mo nge-share loh
      # kecuali kawulo diracunin ncftp ato basis teks lain mau dong, mutt juga
      # buat yg ngerasa, salam hangat sehangat otakOtak (bandengPresto)
      # semarang ;)

      --
      Arie Kusuma Atmaja A.K.A Arie A.K.A ariekeren / YM! = riyari3
      http://ariekusumaatmaja.wordpress.com

      500 baris di PHP dkk VS 1 baris di Ruby dkk
      300 baris di Java dkk VS 1 baris di Ruby dkk
      Macih ngotot pake (as|ph)p? haree geneee????
      Buat yang pake Ruby, nyesel kan lu pake Ruby!!! kenapa ga dari dulu?!
      Message 2 of 2 , Jul 17, 2006
        Arie Kusuma Atmaja wrote:
> [...]
        > # kecuali kawulo diracunin ncftp ato basis teks lain mau dong, mutt juga
        > # buat yg ngerasa, salam hangat sehangat otakOtak (bandengPresto)

        btw soal scaffold yang gw benci, ada yg bepikiran laen kek
        trestle_generator
        gem install trestle_generator -y --source=mirrors.imt.co.id
        well.. singkat cerita ini hasil generate nya:

        class SkillsController < ApplicationController

        verify :only => [ 'show', 'edit', 'destroy' ],
        :params => :id,
        :add_flash => { :notice => 'Missing skill ID.' },
        :redirect_to => { :action => 'list' }

        def destroy
        if request.post?
        Skill.find(params[:id]).destroy
        flash[:notice] = 'The skill was successfully destroyed.'
        redirect_to :action => 'list'
        else
        flash[:notice] = 'Click Destroy to destroy the skill.'
        redirect_to :action => 'edit', :id => params[:id]
        end
        end

        def edit
        if request.post?
        @skill = Skill.find(params[:id])
        if @..._attributes(params[:skill])
        flash[:notice] = 'The skill was successfully edited.'
        redirect_to :action => 'show', :id => @skill
        end
        else
        @skill = Skill.find(params[:id])
        end
        end

        def list
        @skill_pages, @skills = paginate(:skills)
        end

        def new
        if request.post?
        @skill = Skill.new(params[:skill])
        if @...
        flash[:notice] = 'A new skill was successfully added.'
        redirect_to :action => 'list'
        end
        else
        @skill = Skill.new
        end
        end

        def show
        @skill = Skill.find(params[:id])
        end
        end

        analisa gw:
        lumayan sih, nggak se-berhamburan scaffold bawaan rails. request.post
        dijadikan 1 action method, alias 2 method dijadiin 1 method. tapi
        sebenarnya ada solusi yang lebih (mungkin paling? hehehe) elegan & dry,
        caranya 4 method new, edit dan request.postnya sekalian aja dijadiin 1.
        tapi otomatis juga harus dikenali di level view nya biar ga bingung dia
        method mana yang sedang dijalankan.
        o iya, coba lihat tuh paginate nya :) kalo yg sederhana gitu doang uda
        cukup ya hehehe pake meta karakter # halo aa' :p

        # btw yg paling atas catatan tercecer gw yang mana tuh??
        # gw udah lupa tuh wekkk

        --
        Arie Kusuma Atmaja A.K.A Arie A.K.A ariekeren / YM! = riyari3
        http://ariekusumaatmaja.wordpress.com
        Let's build Ruby Indonesia stronger

        Haree genee baru pake Ruby???
        Untung ada Ruby#Enumerable ... arwen ... j't'attends