Re: [id-ruby] [OOT] Yukihiro 'Matz' Matsumoto Joins Heroku, Good news or bad news?

  • dioramayuanito@gmail.com
    Message 1 of 6 , Jul 14 8:12 AM
      Menurut sampeyan cak goz, good newsnya apa, bad newsnya apa kalo cak Matz join ke heroku? (sori cak wes suwi gak ngikuti perkembangan)

      Sent by emoze push mail

      -----------------------------
      From: "Achmad Gozali" <gozali@...>
      Subject: [id-ruby] [OOT] Yukihiro 'Matz' Matsumoto Joins Heroku, Good news or bad news?
      Date: 14th July 2011 9:21 PM

      Helo Rubyist,

      Good news or bad news?

      Matz join Heroku [1], Heroku sendiri sudah di acquired sama Salesforce
      akhir tahun 2010 kemarin [2]

      "When I last met Mr Marc Benioff (CEO of Salesforce.com) he asked me
      how he could support the development of Ruby.

      So I told him that I want to improve the situation which the majority
      of Ruby Core developers face, that they are either doing their work in
      their own spare time or they worry about their job security.

      He said he could provide us some support and that's why I decided to
      join Salesforce.com through Heroku (Note: Several members of Ruby Core
      are currently under negotiation to join Heroku).

      So, the core of our work will not change. Our mission is to develop
      Ruby Core, to make Ruby more functional and higher quality. Having
      said that, I am expecting that the job security we are being provided
      and Ruby usage feedback we get from heavy Ruby users such as Heroku
      will accelerate the progress of Ruby development. Otherwise, there
      would be no point to accepting the offer."

      [1] http://blog.heroku.com/archives/2011/7/12/matz_joins_heroku/
      [2] http://blog.heroku.com/archives/2010/12/8/the_next_level/

    • Deny Prasetyo
      Message 2 of 6 , Jul 14 1:10 PM
        Ikutan nimbrung ya:D

        Sepertinya ini kabar yang menurut ku sih bagus banget (iiya bener pake
        banget)
        Soalnya kalau kita liat, pada dasarnya project opensource akan berjalan
        dengan baik dan mulus apabila ada dukungan dana.

        Ada bebrapa contoh
        Python yang pembuatnya bekerja di google dan fulltime ngurusi Python.
        Node.js yang pembuatnya bekerja di joyent, perusahaan yg punya cloud
        service no.de
        Java yang dulu diurus SUN sekarang dipengan Oracle (walau banyak
        kontroversi aku yakin Java akan tetep hidup dalam jangka waktu yg lama)
        Rails sendiri ada 37signals dibelakangnya serta perusahan-perusahaan
        pendukung yang lain seperti Heroku dan EngineYard.

        Kita lihat saja, setelah Matz di hire sama Heroku, perkembangan Ruby
        jadi sepertinya apa. Karena yang aku lihat untuk sekarang malah Rails
        lebih cepat berkembang dibanding Ruby itu sendiri.

        CMIIW :D

        Salam
        Deny Prasetyo

        On 07/14/2011 11:06 PM, Achmad Gozali wrote:

        > hehehe.. mbah Dio ini, aku takon malah ditakoni balik :)
        >
        > menurutku yo good news asal jalan ceritanya nggak kayak Sun yang
        > digondol sama Oracle, minimal Ruby Core bisa full time kerja buat MRI
        > / CRuby digaji sama Heroku & nggak mikiri 'dapur'. Katanya Ruby Core
        > yg lain juga lagi dijajaki join ke Heroku. Tapi ya mbuh juga ini bagus
        > apa nggak buat community.

        > Matz join ke heroku? (sori cak wes suwi gak ngikuti perkembangan)

        > Good news or bad news?

      • D10
        Message 3 of 6 , Jul 20 4:11 PM
          Kalo Oracle tdk ngutik2 Lisensi produk2 Sun Microsystem, saya yakin
          StarOffice, OpenOffice, dan OpenSolaris tidak akan ditinggalin sama
          "pendukungnya". Tapi sayang, Oracle si penggelontor Duit mengubahnya dan
          akhirnya??? Sebelum versi masing2 produk diubah lisensinya, di forking dulu
          ke proyek lain semisal OpenOffice --> LibreOffice.

          Duit boleh masuk, tp sistem/lisensi jangan diubah, kalo tidak bernasib sama
          dengan Sun Microsystem.

          Contoh lain, Ubuntu. Beberapa kode program dlm proyek Unity (Desktopnya
          Ubuntu yg sedikit mengoprek2 GNOME), menggunakan lisensi Copyright
          Assignment License yg namanya Canonical Contributor Agreement (bukan GPL v3
          seperti punya GNOME yg normal), maka para hacker GNOME marah-marah. Mengapa?
          Krn bila seorang programmer ikut serta dalam pembuatan Unity, maka
          programmer itu menyerahkan sepenuhnya kepemilikan kpd koorporasi Ubuntu,
          bukan kpd publik.

          Pengubahan Lisensi sangat berpengaruh terhadap "iklim Komunitas" software yg
          bersangkutan.

          sent by merpati pos @ gmail.com