Re: [id-ruby] Re: Bagaimana cara memulai ruby?

  • Arman D Kartawidjaja
    Message 1 of 13 , Dec 15, 2010
      kalo baru mulai belajar, apakah boleh langsung ke rails?

      2010/12/9 rahman <yours_genzai@...>

      > Terima kasih semua, saya pake ubuntu 10.04 untuk rubynya sendiri saya sudah
      >
      > install dan pake editor SciTE..
      > Saya pengen mencoba ruby untuk koneksi ke hardware dan membuat interface
      > GUI klo
      > ada tutorial or Ebook minta ya..
      > Thanks All..
      >
      > ________________________________

      This transmission may contain confidential or privileged material. Any use
      of
      this information by anyone other than the intended recipient is prohibited.
      If
      you have received this transmission in error, please immediately throw away
      your computer because this message will explode in 10 second.

    • hendra kusuma
      Message 2 of 13 , Dec 15, 2010
> [...]

        > Mas pakai OS apa? Kebetulan saya pakai MS Win, kalau install RubyInstaller
        > langsung dikasih ebook gratis, judulnya The Book of Ruby.

        Ruby utk koneksi ke hardware, kalo dari linux sih kayaknya ga terlalu sulit
        di Linux sendiri hardware kan berupa file yang bisa dibuka dan di write
        jadi file2 tersebut bisa dibuka via ruby dan di write langsung

        Ukh, mau bikin interface GUI yah....
        yang ini rada susah
        ada beberapa pilihan :

        ruby-gtk : ini yang terbaik dari yang pernah saya coba, tapi untuk bisa
        ngerti agak susah.

        wxruby : yang ini lebih mudah dimengerti, tapi kalo sudah urusan sama yang
        component advance (seperti grid atau tree) agak terbatas, ga bisa seluwes
        ruby-gtk

        qt-ruby / ruby-qt : qt lebih mudah digunakan daripada gtk, tapi menurut saya
        pribadi nggak sebagus gtk. Ruby saat ini hanya mendukung library qt3 (saya
        cuma pakai sebentar, jadi kurang tahu mengenai ini)

        shoes : yang ini konsepnya membingungkan, tapi hasilnya lumayan bagus dan
        ringan. Konsepnya adalah membuat gui desktop dengan komponen html. Jadi
        component advance (tree / grid) tidak tersedia

        limelight : saya belum coba, soalnya pake jruby. Kayaknya sih bagus

        saran saya, kalau untuk belajar pertama kali mendingan pake wxruby
        karena gampang diinstall (cukup 1 file gem),
        komunitasnya ramah banget, tanya apa2 cepet dijawab
        selain itu untuk masalah konsep container wxruby punya flexgridsizer
        yang jauh lebih luwes dan tepat guna daripada semua container- nya gtk
        kalo udah ngerti dasar2-nya wxruby baru pindah ke ruby-gtk.

        ruby-gtk sendiri kalo di linux sih enak installnya, tapi kalo di windows
        ceritanya beda

        kalo buku sih nggak ada, tapi ada beberapa website yg ada tutorial dasar
        ruby-gui.
        bisa dilihat disana, kalau ngerti konsep dasarnya selanjutnya tinggal
        belajar cara memanfaatkan help yang tersedia.

        *untuk belajar ruby gui, file dokumentasi library sangat penting. Tanpa itu
        anda akan mati langkah, jadi pastikan anda mendownloadnya

        --
        Suka linux?
        Kunjungi blog saya http://penguinroad.blogspot.com

      • rahman
        Message 3 of 13 , Dec 15, 2010
          Terima kasih semuanya, oke kyknya saya mau mempelajari wxruby dl..

          Salam

          ________________________________
> [...]

          *untuk belajar ruby gui, file dokumentasi library sangat penting. Tanpa itu
          anda akan mati langkah, jadi pastikan anda mendownloadnya

        • Aditya Agustyana
          Message 4 of 13 , Jan 5, 2011
            2010/12/16 Arman D Kartawidjaja <d1ve2blu3@...>

            > kalo baru mulai belajar, apakah boleh langsung ke rails?

            yap tak masalah, silahkan langsung aja nyempung ke rails, sy rasa banyak
            juga member2 di sini (termasuk sy ^_^) yg belajarnya langsung ke rails

            > sudah

            > 40yahoo.co.id>>

            blog : http://adityakircon.blogsome.com
            ym / twitter : kirconboy
            skype : adit_skype

            Be Nice. Treat others with the same respect you'd want them to treat you.
            We're all here to learn together. Be tolerant of others who may not know
            everything you know. BRING YOUR SENSE OF HUMOR (stackoverflow.com)

          • Reza Primardiansyah
            Message 5 of 13 , Jan 5, 2011
              Dan Rails (juga RSpec) memang jadi pemikat yang kuat untuk tunjukkan
              kelebihan Ruby.