Re: [id-ruby] Re: Bagaimana cara memulai ruby?

  • rahman
    Message 1 of 13 , Nov 18, 2010
      Terima kasih semuanya, maklum saya masih baru sekali ini baru mencoba memulai Ruby. Nanti klo ada masalah tolong lg ya..
      :D

      Message 2 of 13 , Dec 1, 2010
        Tambahan, di pragprog ada promosi 10usd buat buku ruby programming 1.9 , kirim ke indonesia 14 usd. Bukunya bagus.

        Regards
        http//rafeequl.wordpress.com

> [...]

        > seperti apa koneksinya?
        >
        > belom pernah nyoba sih .

        > tutorialnya boleh juga di share. terima kasih sebelumnya para master

      • Alan
        Message 3 of 13 , Dec 1, 2010
> [...]
          >
          > maaf neh banyak nanya maklum newbie, bagi ada yg punya link tutorialnya boleh juga di share. terima kasih sebelumnya para master semua..

          Saya juga masih sama sama newbie nih, hehe

          Mas pakai OS apa? Kebetulan saya pakai MS Win, kalau install RubyInstaller langsung dikasih ebook gratis, judulnya The Book of Ruby.
        • rahman
          Message 4 of 13 , Dec 9, 2010
            Terima kasih semua, saya pake ubuntu 10.04 untuk rubynya sendiri saya sudah
            install dan pake editor SciTE..
            Saya pengen mencoba ruby untuk koneksi ke hardware dan membuat interface GUI klo
            ada tutorial or Ebook minta ya..
            Thanks All..

            ________________________________
> [...]

            Mas pakai OS apa? Kebetulan saya pakai MS Win, kalau install RubyInstaller
            langsung dikasih ebook gratis, judulnya The Book of Ruby.

            Ter

          • Arman D Kartawidjaja
            Message 5 of 13 , Dec 15, 2010
              kalo baru mulai belajar, apakah boleh langsung ke rails?

              2010/12/9 rahman <yours_genzai@...>

> [...]
              >
              > install dan pake editor SciTE..
              > Saya pengen mencoba ruby untuk koneksi ke hardware dan membuat interface

              This transmission may contain confidential or privileged material. Any use
              of
              this information by anyone other than the intended recipient is prohibited.
              If
              you have received this transmission in error, please immediately throw away
              your computer because this message will explode in 10 second.

            • hendra kusuma
              Message 6 of 13 , Dec 15, 2010
> [...]

                > Mas pakai OS apa? Kebetulan saya pakai MS Win, kalau install RubyInstaller
                > langsung dikasih ebook gratis, judulnya The Book of Ruby.

                Ruby utk koneksi ke hardware, kalo dari linux sih kayaknya ga terlalu sulit
                di Linux sendiri hardware kan berupa file yang bisa dibuka dan di write
                jadi file2 tersebut bisa dibuka via ruby dan di write langsung

                Ukh, mau bikin interface GUI yah....
                yang ini rada susah
                ada beberapa pilihan :

                ruby-gtk : ini yang terbaik dari yang pernah saya coba, tapi untuk bisa
                ngerti agak susah.

                wxruby : yang ini lebih mudah dimengerti, tapi kalo sudah urusan sama yang
                component advance (seperti grid atau tree) agak terbatas, ga bisa seluwes
                ruby-gtk

                qt-ruby / ruby-qt : qt lebih mudah digunakan daripada gtk, tapi menurut saya
                pribadi nggak sebagus gtk. Ruby saat ini hanya mendukung library qt3 (saya
                cuma pakai sebentar, jadi kurang tahu mengenai ini)

                shoes : yang ini konsepnya membingungkan, tapi hasilnya lumayan bagus dan
                ringan. Konsepnya adalah membuat gui desktop dengan komponen html. Jadi
                component advance (tree / grid) tidak tersedia

                limelight : saya belum coba, soalnya pake jruby. Kayaknya sih bagus

                saran saya, kalau untuk belajar pertama kali mendingan pake wxruby
                karena gampang diinstall (cukup 1 file gem),
                komunitasnya ramah banget, tanya apa2 cepet dijawab
                selain itu untuk masalah konsep container wxruby punya flexgridsizer
                yang jauh lebih luwes dan tepat guna daripada semua container- nya gtk
                kalo udah ngerti dasar2-nya wxruby baru pindah ke ruby-gtk.

                ruby-gtk sendiri kalo di linux sih enak installnya, tapi kalo di windows
                ceritanya beda

                kalo buku sih nggak ada, tapi ada beberapa website yg ada tutorial dasar
                ruby-gui.
                bisa dilihat disana, kalau ngerti konsep dasarnya selanjutnya tinggal
                belajar cara memanfaatkan help yang tersedia.

                *untuk belajar ruby gui, file dokumentasi library sangat penting. Tanpa itu
                anda akan mati langkah, jadi pastikan anda mendownloadnya

                --
                Suka linux?
                Kunjungi blog saya http://penguinroad.blogspot.com

              • rahman
                Message 7 of 13 , Dec 15, 2010
                  Terima kasih semuanya, oke kyknya saya mau mempelajari wxruby dl..

                  Salam

                  ________________________________
> [...]

                  *untuk belajar ruby gui, file dokumentasi library sangat penting. Tanpa itu
                  anda akan mati langkah, jadi pastikan anda mendownloadnya

                • Aditya Agustyana
                  Message 8 of 13 , Jan 5, 2011
                    2010/12/16 Arman D Kartawidjaja <d1ve2blu3@...>

                    > kalo baru mulai belajar, apakah boleh langsung ke rails?

                    yap tak masalah, silahkan langsung aja nyempung ke rails, sy rasa banyak
                    juga member2 di sini (termasuk sy ^_^) yg belajarnya langsung ke rails

                    > sudah

                    > 40yahoo.co.id>>

                    blog : http://adityakircon.blogsome.com
                    ym / twitter : kirconboy
                    skype : adit_skype

                    Be Nice. Treat others with the same respect you'd want them to treat you.
                    We're all here to learn together. Be tolerant of others who may not know
                    everything you know. BRING YOUR SENSE OF HUMOR (stackoverflow.com)

                  • Reza Primardiansyah
                    Message 9 of 13 , Jan 5, 2011
                      Dan Rails (juga RSpec) memang jadi pemikat yang kuat untuk tunjukkan
                      kelebihan Ruby.