Re: [id-ruby] Re: Bagaimana cara memulai ruby?

  • rahman
    Message 1 of 13 , Nov 18, 2010
      Terima kasih semuanya, maklum saya masih baru sekali ini baru mencoba memulai Ruby. Nanti klo ada masalah tolong lg ya..
      :D

      Message 2 of 13 , Nov 18, 2010
        2010/11/18 Deny Prasetyo <jasoet@...>

> [...]
        > resourcenya untuk belajar juga harus dikasih. *wajib share ilmu* :D
        >
        > Kalau berminat boleh mention saya di twitter atau chat di YM atau kirim

        Cara belajar Ruby? Ya dicoba :D
        Ruby adalah bahasa pemrogarman lain, jadi kalo sudah bisa yang lain
        belajar Ruby urusan gampang
        kalo download ruby, kadang ada yang udah ada file help dalam bentuk chm
        saya sendiri belajarnya dari sana

        bikin form, kalo under web saya belum pernah nyoba, tapi ada banyak
        framework
        yang bisa menolong seperti Rails, Sinatra, dll
        kalo desktop, ada banyak Library seperti GTK, WxWidget, Qt, Shoes
        kalo form-nya simple2 aja, ga pake grid, tree, isinya cuma textbox, radio
        button ama combo box mending pake Shoes. Konsepnya mungkin rada aneh, tapi
        ringan dan cepat
        Kalo butuh yang 'kelas berat', saya sarankan sih pake GTK. Di antara GTK,
        WxWidget dan Qt, library ruby untuk GTK kayaknya yang paling bagus (pendapat
        pribadi berdasarkan percobaan).
        Sedangkan kalau ingin melebarkan sayap ke JRuby, ada framework Desktop GUI
        yang menarik untuk dilihat yaitu LimeLight. Cuma saya ga suka JRuby, jadi ga
        pernah nyoba

        koneksi dengan hardware, kalo di Linux sih gampang
        tinggal buka file hardwarenya, langsung tulis ke sana, jadi
        kalo di windows, no idea

        --
        Suka linux?
        Kunjungi blog saya http://penguinroad.blogspot.com

      • Rafeequl
        Message 3 of 13 , Dec 1, 2010
          Tambahan, di pragprog ada promosi 10usd buat buku ruby programming 1.9 , kirim ke indonesia 14 usd. Bukunya bagus.

          Regards
          http//rafeequl.wordpress.com

> [...]

          > seperti apa koneksinya?
          >
          > belom pernah nyoba sih .

          > tutorialnya boleh juga di share. terima kasih sebelumnya para master

        • Alan
          Message 4 of 13 , Dec 1, 2010
> [...]
            >
            > maaf neh banyak nanya maklum newbie, bagi ada yg punya link tutorialnya boleh juga di share. terima kasih sebelumnya para master semua..

            Saya juga masih sama sama newbie nih, hehe

            Mas pakai OS apa? Kebetulan saya pakai MS Win, kalau install RubyInstaller langsung dikasih ebook gratis, judulnya The Book of Ruby.
          • rahman
            Message 5 of 13 , Dec 9, 2010
              Terima kasih semua, saya pake ubuntu 10.04 untuk rubynya sendiri saya sudah
              install dan pake editor SciTE..
              Saya pengen mencoba ruby untuk koneksi ke hardware dan membuat interface GUI klo
              ada tutorial or Ebook minta ya..
              Thanks All..

              ________________________________
> [...]

              Mas pakai OS apa? Kebetulan saya pakai MS Win, kalau install RubyInstaller
              langsung dikasih ebook gratis, judulnya The Book of Ruby.

              Ter

            • Arman D Kartawidjaja
              Message 6 of 13 , Dec 15, 2010
                kalo baru mulai belajar, apakah boleh langsung ke rails?

                2010/12/9 rahman <yours_genzai@...>

> [...]
                >
                > install dan pake editor SciTE..
                > Saya pengen mencoba ruby untuk koneksi ke hardware dan membuat interface

                This transmission may contain confidential or privileged material. Any use
                of
                this information by anyone other than the intended recipient is prohibited.
                If
                you have received this transmission in error, please immediately throw away
                your computer because this message will explode in 10 second.

              • hendra kusuma
                Message 7 of 13 , Dec 15, 2010
> [...]

                  > Mas pakai OS apa? Kebetulan saya pakai MS Win, kalau install RubyInstaller
                  > langsung dikasih ebook gratis, judulnya The Book of Ruby.

                  Ruby utk koneksi ke hardware, kalo dari linux sih kayaknya ga terlalu sulit
                  di Linux sendiri hardware kan berupa file yang bisa dibuka dan di write
                  jadi file2 tersebut bisa dibuka via ruby dan di write langsung

                  Ukh, mau bikin interface GUI yah....
                  yang ini rada susah
                  ada beberapa pilihan :

                  ruby-gtk : ini yang terbaik dari yang pernah saya coba, tapi untuk bisa
                  ngerti agak susah.

                  wxruby : yang ini lebih mudah dimengerti, tapi kalo sudah urusan sama yang
                  component advance (seperti grid atau tree) agak terbatas, ga bisa seluwes
                  ruby-gtk

                  qt-ruby / ruby-qt : qt lebih mudah digunakan daripada gtk, tapi menurut saya
                  pribadi nggak sebagus gtk. Ruby saat ini hanya mendukung library qt3 (saya
                  cuma pakai sebentar, jadi kurang tahu mengenai ini)

                  shoes : yang ini konsepnya membingungkan, tapi hasilnya lumayan bagus dan
                  ringan. Konsepnya adalah membuat gui desktop dengan komponen html. Jadi
                  component advance (tree / grid) tidak tersedia

                  limelight : saya belum coba, soalnya pake jruby. Kayaknya sih bagus

                  saran saya, kalau untuk belajar pertama kali mendingan pake wxruby
                  karena gampang diinstall (cukup 1 file gem),
                  komunitasnya ramah banget, tanya apa2 cepet dijawab
                  selain itu untuk masalah konsep container wxruby punya flexgridsizer
                  yang jauh lebih luwes dan tepat guna daripada semua container- nya gtk
                  kalo udah ngerti dasar2-nya wxruby baru pindah ke ruby-gtk.

                  ruby-gtk sendiri kalo di linux sih enak installnya, tapi kalo di windows
                  ceritanya beda

                  kalo buku sih nggak ada, tapi ada beberapa website yg ada tutorial dasar
                  ruby-gui.
                  bisa dilihat disana, kalau ngerti konsep dasarnya selanjutnya tinggal
                  belajar cara memanfaatkan help yang tersedia.

                  *untuk belajar ruby gui, file dokumentasi library sangat penting. Tanpa itu
                  anda akan mati langkah, jadi pastikan anda mendownloadnya

                  Message 8 of 13 , Dec 15, 2010
                    Terima kasih semuanya, oke kyknya saya mau mempelajari wxruby dl..

                    Salam

                    ________________________________
> [...]

                    *untuk belajar ruby gui, file dokumentasi library sangat penting. Tanpa itu
                    anda akan mati langkah, jadi pastikan anda mendownloadnya

                  • Aditya Agustyana
                    Message 9 of 13 , Jan 5, 2011
                      2010/12/16 Arman D Kartawidjaja <d1ve2blu3@...>

                      > kalo baru mulai belajar, apakah boleh langsung ke rails?

                      yap tak masalah, silahkan langsung aja nyempung ke rails, sy rasa banyak
                      juga member2 di sini (termasuk sy ^_^) yg belajarnya langsung ke rails

                      > sudah

                      > 40yahoo.co.id>>

                      blog : http://adityakircon.blogsome.com
                      ym / twitter : kirconboy
                      skype : adit_skype

                      Be Nice. Treat others with the same respect you'd want them to treat you.
                      We're all here to learn together. Be tolerant of others who may not know
                      everything you know. BRING YOUR SENSE OF HUMOR (stackoverflow.com)

                    • Reza Primardiansyah
                      Message 10 of 13 , Jan 5, 2011
                        Dan Rails (juga RSpec) memang jadi pemikat yang kuat untuk tunjukkan
                        kelebihan Ruby.