Re: [id-ruby] NoMethodError on Model's find method tanpa alasan

  • Aditya Agustyana
    Message 1 of 17 , Nov 12, 2009
      pastikan apakah class User adalah turunan AR, mungkin ada yg nge-override
      class tsb di tengah jalan
      coba aja di inspeksi pake ruby-debugger gem

      nanti di codenya, taro statement debugger di atas User.find

      nanti debugger akan meng-intercept kode tsb, sehingga kita bisa
      menginspeksinya via console
      di console tinggal ketik User.inspect

      class turunan AR, kalo diinspect akan menghasilkan kira2 yg seperti ini
      User(id: integer, login: string, name: string, email: string,
      crypted_password: string, salt: string, created_at: datetime, updated_at:
      datetime, remember_token: string, remember_token_expires_at: datetime)"

      2009/11/12 Adinda Praditya <apraditya@...>

      > Hi All,
      >
      > Saya dapet NoMethodError saat menjalankan find method dari model seperti
      > ini:
      >
      > undefined method `find' for #<User:0x1034331a0>
      >
      > Padahal find adalah class method dari rails. Error ini dari web, tapi kalo
      > saya jalanin dari rails console, normal tanpa error. Ada yang pernah
      > ngalami
      > hal ini? Apa yang harus saya periksa? Aplikasi saya berada di atas frozen
      > rails 2.3.4 on OSX 10.6.2, ruby 1.8.7 patchlevel 174.
      >
      > Trims,
      > Dida

      blog : http://adityakircon.blogsome.com
      ym : kirconboy
      skype : adit_skype

      Be Nice. Treat others with the same respect you'd want them to treat you.
      We're all here to learn together. Be tolerant of others who may not know
      everything you know. BRING YOUR SENSE OF HUMOR (stackoverflow.com)

    • Adinda Praditya
      Message 2 of 17 , Nov 12, 2009
        Ada, khan uda kliatan dr sini:

        #<Quiz id: nil, name: "ano", created_at: nil, updated_at: nil, is_current: true>

        makasi informasi tambahannya

        dida

      • Aditya Agustyana
        Message 3 of 17 , Nov 12, 2009
          oh Quiz itu hasil intercept ruby-debugger, atau hasil Ruby script/console ?

          --
[...]

        • Bobby Adi Prabowo
          Message 4 of 17 , Nov 13, 2009
            maksud saya attribut is_current nya itu bentrok sama conditionsnya
            searchlogic nya, coba diganti namanya / dihapus.

            Message 5 of 17 , Nov 13, 2009
              Sudah dipecahkan. Silahkan lihat di sini:
              http://railsforum.com/viewtopic.php?id=35472

              Maaf telah membuat thread ini jadi panjang karena masalah dasar seperti ini.
              Makasi atas tanggapan2nya.

            • b.r.y
              Message 6 of 17 , Nov 17, 2009
                hi semua...,

                newbie numpang nanya .. :)

                Barusan saya coba install ruby, rails, rake, sama rubygems di mesin linux :
                SUSE Linux Enterprise Server 9 (i586)

                tapi keluar error waktu execute script/server, ternyata waktu saya cek
                satu-persatu aplikasi yg telah saya install ada beberapa error yg muncul :

                linux:/home/br # ruby -v
                ruby 1.8.7 (2008-05-31 patchlevel 0) [i686-linux]

                linux:/home/br # rails -v
                /usr/local/lib/ruby/site_ruby/1.8/rubygems.rb:827:in
                `report_activate_error': Could not find RubyGem rails (>= 0)
                (Gem::LoadError)
                from /usr/local/lib/ruby/site_ruby/1.8/rubygems.rb:261:in `activate'
                from /usr/local/lib/ruby/site_ruby/1.8/rubygems.rb:68:in `gem'
                from /usr/local/bin/rails:18

                linux:/home/br # rake -v
                /usr/local/lib/ruby/site_ruby/1.8/rubygems.rb:827:in
                `report_activate_error': Could not find RubyGem rake (>= 0) (Gem::LoadError)
                from /usr/local/lib/ruby/site_ruby/1.8/rubygems.rb:261:in `activate'
                from /usr/local/lib/ruby/site_ruby/1.8/rubygems.rb:68:in `gem'
                from /usr/local/bin/rake:18

                linux:/home/br # gem -v
                1.3.5

                Kira-kira apa yg harus dilakukan selanjutnya ya..?

                thanks.
                brian