Pemula Ruby

  • milis ku
    Message 1 of 11 , Oct 28, 2009
      Hallo,
      Saya baru bergabung dengan milis ini, didorong minat saya untuk belajar Ruby on Rails. Saya telah mencoba berbagai installation files yg terpisah, namun selalu gagal. Akhirnya saya memutuskan menggunakan IDE Net Beans 6.7.1 with Ruby bundled.
      1. Dengan IDE ini untuk membuat Ruby application tampaknya tidak ada masalah. Namun ketika  mencoba membuat Ruby on Rails application, selalu ada pesan error. Kadang error di mySql nya, kadang minta install Glasfish server (kalo pake Webrick kadang bisa). Nah ketika saya install Glasfish di IDEnya, slalu muncul pesan "Access Denied" atau network error. Saya sudah matikan semua firewall namun masih gagal.
      2. Apakah dalam IDE Net Beans ini sudah termasuk mySQL atau saya harus menginstall mysql secara terpisah?
      3. Ada tidak link2 atau tutorial Ruby on Rails menggunakan IDE Net Beans?
      Maaf kalo pertanyaannya banyak dan terlalu newbie, karena saya juga masih pemula untuk programming secara keseluruhan.
      Terima Kasih atas bantuan para expert :-)
      Salam Rizal.

    • Aditya Agustyana
      Message 2 of 11 , Oct 28, 2009
        1.setau sy Glashfish diperlukan kalo kita memakai jRuby, kalo cuma pakai
        Ruby sih, pake webrick atau mongrel aja dah cukup, untuk install mongrel,
        coba ke command prompt lalu ketik "gem install mongrel"

        2. rasanya nggak, mysql mesti diinstall scr terpisah

        3. di netbeans-nya sendiri, rasanya di halaman homepage ada banyak sekali
        tutorial ruby yg spesifik buat netbeans, bahkan kalo gak salah ada juga
        tutorial berbasis video

        CMIIW

        2009/10/28 milis ku <milistok@...>

> [...]
        > pemula untuk programming secara keseluruhan.
        > Terima Kasih atas bantuan para expert :-)

        blog : http://adityakircon.blogsome.com
        ym : kirconboy
        skype : adit_skype

        Be Nice. Treat others with the same respect you'd want them to treat you.
        We're all here to learn together. Be tolerant of others who may not know
        everything you know. BRING YOUR SENSE OF HUMOR (stackoverflow.com)

      • Dwinanto Santoso
        Message 3 of 11 , Oct 28, 2009
          kalo mau gampang pake instant rails aja yg versi 1.7... itu quick start

          terus untuk IDE saya pake aptana... skelaton-nya ngikutin standar rails
          kalo yg di netbeans dah diubah.
          netbeans enak buat php..

          On 10/28/2009 11:01 PM, Aditya Agustyana wrote:

> [...]
          > We're all here to learn together. Be tolerant of others who may not know
          > everything you know. BRING YOUR SENSE OF HUMOR (stackoverflow.com)

        • kunto aji
          Message 4 of 11 , Oct 28, 2009
            pagi!

            saya sdng brmasalah aplikasi ror saya, mohon bantuannya. Saya ingin menampilkan username, tp saya mendapat error message:

            Showing app/views/posts/_post.html.erb where line #2 raised:
            You have a nil object when you didn't expect it!
            The error occurred while evaluating nil.usernameSebagai informasi, ini adalah isi dari beberapa file saya.
            Isi dari app/views/posts/_post.html.erb:

            <% div_for post do %>
            <% end %>

            Isi dari app/models/post.rb:

            class Post < ActiveRecord::Base
            belongs_to :user
            end

            Isi dari app/models/user.rb:

            class User < ActiveRecord::Base
            has_many :posts, :dependent => :destroy
            --------------- cut -------------------
            end

            Isi dari app/controllers/posts_controller.rb:

            class PostsController < ApplicationController
            def index
            if logged_in?
            @posts = Post.all(:order => 'Created_at DESC', :conditions => ['user_id = ?', current_user.id])
            else
            @posts = Post.all(:order => 'Created_at DESC')
            end
            respond_to do |format|
            format.html
            end
            end
            ----------------------- cut -------------------------------
            end

            Fyi, untuk user, saya generate pakai nifty-generators. saya udah di kutak-katik dari kemarin, tp blom ketemu solusinya sampai sekarang.
            makasih!

            --
            quote: while(not_succeed()) { try_harder(); }
            Portfolio: http://kuntoaji.c0de.me

            "Coba Yahoo! Mail baru yang LEBIH CEPAT. Rasakan bedanya sekarang!
            http://id.mail.yahoo.com"

          • Bobby Adi Prabowo
            Message 5 of 11 , Oct 28, 2009
              itu manggil nilai dari variabel yang kosong

              di app/views/posts/_post.html.erb

              yang dipanggil kan post, ga ada yang manggil @posts

              sementara di controllernya yang diisi kan @post

              jadi dia ngambil nilai yang kosong.

            • kunto aji
              Message 6 of 11 , Oct 28, 2009
                Oh, bagian itu nggak ada masalah mas, saya udah coba2. kl bagian <%= post.user.username %> saya hilangkan, bisa jalan. Tp kl ditulis, br muncul error yg tadi.

                --
                quote: while(not_succeed()) { try_harder(); }
                Portfolio: http://kuntoaji.c0de.me

                ________________________________
                Terkirim: Kam, 29 Oktober, 2009 08:36:13
                Judul: Re: [id-ruby] [ask] masalah pada ROR associations

[...]

                Yahoo! Toolbar kini dilengkapi Anti-Virus dan Anti-Adware gratis.
                Download Yahoo! Toolbar sekarang.
                http://id.toolbar.yahoo.com

              • Bobby Adi Prabowo
                Message 7 of 11 , Oct 28, 2009
                  hmm gitu yah,

                  yakin udah ada kolom user_id di tabel post? liat di db/schema.rb deh

                  en cek juga ada ga kolom username di tabel user. liat lg di db/schema.rb

                  klo itu ga masalah saya juga jadinya bingung
                • kunto aji
                  Message 8 of 11 , Oct 28, 2009
                    solved!
                    br sadar trnyata migration saya yg terakhir gagal meng-update file schema.rb.
                    makasih mas!

                    Message 9 of 11 , Oct 28, 2009
                      Hi Mas,
                      Error: "The error occurred while evaluating nil.username"
                      pada saat code:
                      <%= post.user.username %></b></p>

                      itu bukan karena kesalahan relasi atau tidak ada foreign key yang turun. Karena kalau kesalahan relasi errornya akan "undefined method or attribute...bla bla"

                      Error itu karena ada post yang pemiliknya ( user ) sudah dihapus.
                      Gampangnya seh itu tinggal tambahin:

                      <%= post.user.username if post.user %>

                      Bagusnya di cek table posts, liat dan pastikan bahwa user_id pada setiap row ada di 'id' tabel users.
                      Itu itu sering terjadi karena kesalahan edit data yaitu menghapus user secara langsung di database.

                      Ingat has_many :posts, :dependent => :destroy
                      tidak langsung membuat trigger untuk delete casecade di level db/mysql, tapi hanya berlaku untuk level rails app.

                      Semoga membantu,

                      Best

                      Feby Artandi

                      --- In id-ruby@yahoogroups.com, kunto aji <aji_okay@...> wrote:

> [...]
                      > Portfolio: http://kuntoaji.c0de.me
                      >

                      > "Coba Yahoo! Mail baru yang LEBIH CEPAT. Rasakan bedanya sekarang!

                    • kunto aji
                      Message 10 of 11 , Oct 28, 2009
                        barusan dicoba, trnyata kl user dihapus langsung lwt database memang menimbulkan error message itu. makasih infonya.

                        --
                        quote: while(not_succeed()) { try_harder(); }
                        Portfolio: http://kuntoaji.c0de.me

                        ________________________________
                        Terkirim: Kam, 29 Oktober, 2009 10:59:15
                        Judul: [id-ruby] Re: [ask] masalah pada ROR associations

                        Buat sendiri desain eksklusif Messenger Pingbox Anda sekarang! Membuat tempat chat pribadi di blog Anda sekarang sangatlah mudah. http://id.messenger.yahoo.com/pingbox/

                        Message 11 of 11 , Oct 29, 2009
                          Hai Aji,

                          Seingat saya sejak versi 2-sekian rails menyediakan metode .try() buat
                          Exception otomatis, jadi kita ga perlu khawatir lagi. mis. kalau di
                          case Aji itu jadi gini : = post.try(:user).try(:username).

                          Kemudian solusi dari Model Aji bisa menambahkan opsi :dependent =>
                          :destroy setelah has_many :posts supaya ketika suatu record user
                          dihapus, maka dia akan cascade menghapus juga post post yang telah
                          disubmit oleh user ini, ini cara di layer aplikasi aja, untuk di layer
                          database, mis. di postgres seingat saya disediakan juga untuk cascade
                          ini, jadi caranya Aji bisa bikinkan cascadenya pakai di Rails
                          migration-nya ya.

                          Begitu ^_^

                          May The Force be with you ^ http://bit.ly/Oue4s