Bingung belajar JRuby

  • dea_duonk
    Message 1 of 5 , Sep 28, 2009
      Kakak2...mo nanya nih...

      Gmn caranya klo mo belajar JRuby dari awal y? Jujur aj, aku baru mul belajar Ruby blm ada setahun, tp jd penasaran ma JRuby. Pengen coba2 belajar bikin web jruby pake netbeans, yg katanya udh support jruby jg.
      Sebelumnya netbeans keseringan sy pake bwt belajar all about java.

      Klo ada tutorial ny, syukur2 malah dibimbing n diajarin, tolong sy dikasi tau yaa...

      Makasih banget untuk bantuannya....
    • Aditya Agustyana
      Message 2 of 5 , Sep 28, 2009
        setau sy, kalo syntax-nya, JRuby ma Ruby sama aja, jd kalo untuk awal,
        tutorial2 mengenai ruby masih tetap bisa dipakai

        kecuali mungkin kalo udah mau tahap deployment, yg memang berbeda ... nah
        ini baru deh nyari tutorial yg spesifik ttng jRuby

        netbeans bukan hanya bisa dipakai coding buat jruby ....ruby atau bahkan PHP
        pun bisa :)

        --
        blog : http://adityakircon.blogsome.com
        ym : kirconboy

        Be Nice. Treat others with the same respect you'd want them to treat you.
        We're all here to learn together. Be tolerant of others who may not know
        everything you know. BRING YOUR SENSE OF HUMOR (stackoverflow.com)

      • dea_duonk
        Message 3 of 5 , Sep 30, 2009
          Maaf sebelumnya, sy agk bingung di pemakaian netbeansny. Klo blh tau gmn cara bikin project awalnya yah? setau sy, di create project nya koq gk ada opsi khusus bwt jruby yah (misal: java application atau ruby web application). Atau ada yang krg di netbeans sy?sy pake netbeans 6.5
          Mohon penjelasannya...makacih :)

          --- In id-ruby@yahoogroups.com, Aditya Agustyana <aditya.jamop@...> wrote:

> [...]
          > We're all here to learn together. Be tolerant of others who may not know
          > everything you know. BRING YOUR SENSE OF HUMOR (stackoverflow.com)

        • dwiasharialdy
          Message 4 of 5 , Oct 3, 2009
            Saya kurang tau kalo di Netbeans 6.5, tapi saya menggunakan Netbeans 6.7.1. Dan begitu anda akan membuat project ruby pada netbeans 6.7.1, ada pilihan platform yang akan digunakan, diantaranya ada jRuby (kalo tidak salah jRuby sudah bawaan netbeans 6.71).

            Jadi saran saya, anda mungkin membutuhkan netbeans versi terbaru jika anda tidak menemukan opsi untuk jRuby tersebut pada netbeans anda..

            Oh iya, secara default pada netbeans 6.7.1 plugin untuk ruby tidak diaktifkan, jadi anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu..

            CMIWW

            --- In id-ruby@yahoogroups.com, "dea_duonk" <pasatrina_ti03@...> wrote:

            > Maaf sebelumnya, sy agk bingung di pemakaian netbeansny. Klo blh tau gmn cara bikin project awalnya yah? setau sy, di create project nya koq gk ada opsi khusus bwt jruby yah (misal: java application atau ruby web application). Atau ada yang krg di netbeans sy?sy pake netbeans 6.5
> [...]
          • Achmad Gozali
            Message 5 of 5 , Oct 5, 2009
              Mungkin yang di-install mbak Dea itu belum support Ruby
              bisa dilihat di sini http://www.netbeans.org/downloads/ download
              ada pilihannya, kalo mau support untuk JRuby yang Ruby Bundle
              atau All bisa dipilih

              --Gozali