Re: [id-ruby] Install Ruby on Rails di Debian Sarge

  • Amri Hidayat
    Message 1 of 7 , May 3, 2006
      Wahhh .. makasih yah, saya coba-coba dulu ya. Btw .. kalo saya test install step dibawah ini ke Ubuntu Breezy di powerpc seharusnya nggak ada perbedaan kan ? :D (maklum nggak boleh nginstall di komputer orang sembarangan)

      Thanx ..

      On 5/4/06, Niwatori <niwatori@...> wrote:
      On Thu, 04 May 2006 12:13:25 +0700, Amri Hidayat <amri.hidayat@...
      wrote:
      > Dear RoR experts,
      > Ada yang bisa ngasih tutorial instalasi Ruby on Rails di Debian Sarge ?
      > (as simple as can be) atau kalau bisa package .deb nya .. ?

      Kebetulan selain di MacOSX saya juga ngoprek RoR menggunakan debian
      derivative (Ubuntu Breezy 5.10). Seingat saya begini langkahnya, semoga
      cocok juga di Sarge :

      1. Sedot paket yg diperlukan pake aptitude :
      $> apt-get install ruby rdoc1.8 irb zlib1g zlib1g-dev libyaml-ruby
      libzlib-ruby

      2. Just in case zlibnya bermasalah (di internet kayanya problem instalasi
      di debian family seringnya sih di sini) :
      $> cp /usr/lib/ruby/1.8/i486-linux/zlib.so
      /usr/local/lib/ruby/site_ruby/1.8/i686-linux

      3. Sedot dan install rubygems lalu rails :
      $> wget rubyforge.org/frs/download.php/5207/rubygems-0.8.11.tgz
      $> tar xzvf rubygems-0.8.11.tgz
      $> cd rubygems-0.8.11
      $> ruby setup.rb
      $> gem update --system
      $> gem install rails -y

      Semoga dapat membantu.
      Regards,
      Niwatori (鶏)

      Basic programming language Computer programming languages Programming languages
      Java programming language Bahasa indonesia

      YAHOO! GROUPS LINKS

      Message 2 of 7 , May 3, 2006
        Niwatori wrote:

> [...]
        >
        > 3. Sedot dan install rubygems lalu rails :
        > $> wget rubyforge.org/frs/download.php/5207/rubygems-0.8.11.tgz

        nahh sip. ini dia nih pakai gem, my question: apakah biasanya rails yg
        dari gem ini selalu juga cepat dapet kalo pas rilis terbaru rails di rilis?

        BTW nasib kita di unix ga bisa jalanin fxri ya.. ada yg sukses ga
        disini? gw sih skrg udah kebiasaan pake dashboard widget bawaan mac aja
        .. dulu waktu di windows suka banget sama fxri / pas lagi offline

        > Semoga dapat membantu.

        thanks for sharing :)

        > Regards,
        > Niwatori (鶏)

        howa nihonjin ka? soretomo nihon ni itteru ka?

        --
        Name : Arie Kusuma Atmaja, A.K.A Arie / YM! = riyari3
        Blog : http://ariekusumaatmaja.wordpress.com

        haree geneee pake (aa ess | pe ha) pe ??
      • Widi Harsojo
        Message 3 of 7 , May 4, 2006
          sing orang so ngomong ora porno to mas arie.....

          Message 4 of 7 , May 4, 2006
            hihihi
            lu tu ye :p gw kirain jawab ttg rails release terbaru tadi eeh malah
            boso jowo ora mudheng blas aku..

            redirect_to :back # ruby and rails alright?!
            soal rails tadi btw emang kalo musti? gem sih bela-bela'in gitu, mending
            dev rails aja ya hehe

            --
            Name : Arie Kusuma Atmaja, A.K.A Arie / YM! = riyari3
            Blog : http://ariekusumaatmaja.wordpress.com

            500 lines in PHP dkk VS 1 line in Ruby dkk
            Macih ngotot pake php? haree geneee????