Gimana cara Download file yang tersipan dalam binary mysql..?

  • ZEN FTSM
    Message 1 of 7 , Mar 27 11:36 PM
      Salam..

      Untuk mengupload/menyimpan file image/foto ke mysql saya menggunakan sintak..:

      Controller:

      def create
      @pelajar = Pelajar.new(params[:pelajar])
      respond_to do |format|
      pelajar.save
      format.html { redirect_to(@pelajar) }
      end

      def code_image
      @image_data = Pelajar.find(params[:id])
      @image = @image_data.binary_data
      send_data(@image, :type => @image_data.content_type, :namafail => @image_data.namafail, :disposition => 'inline')
      end

      Model:

      def image_file=(input_data)
      self.namafail = input_data.original_filename
      self.content_type = input_data.content_type.chomp
      self.binary_data = input_data.read
      end

      <% form_for(:pelajar, @pelajar, :url => {:action=>'create'}, :html=> {:multipart=>true}) do |f| %>

      Fotor :<%= f.file_field :image_file %>

      <%= f.submit "Simpan"%>

      Sedangkan Untuk menampilkan foto tersebut saya gunakan sintax:

      <%= image_tag("/pelajars/code_image/#{@...}", :alt => "Image") %>

      Nah, Kalo kita ingin menyimpan file seperti: pdf,doc,ppt dll Apakah sama sintax seperti tersebut diatas...?
      Terus gimana caranya supaya kita bisa mendowload file2 yang tersimpan tersebut...?

      Mohon pencerahan...ya...:)

      Thanks...

      Zen

    • Ahmad Gozali
      Message 2 of 7 , Mar 29 10:56 PM
        kenapa nggak pake plugin attachment_fu atau paperclip aja mas?
        tapi kalo masih pengen pake blob caranya masih sama,
        tinggal ditambahkan field file type saja CMIIW
        contohnya ini pake blob kan ya?

        ZEN FTSM wrote:

> [...]
        > sama sintax seperti tersebut diatas...?
        > Terus gimana caranya supaya kita bisa mendowload file2 yang tersimpan

      • ZEN FTSM
        Message 3 of 7 , Mar 29 11:51 PM
          Betul Mas pake blob..
          Saya belum tau caranya plugin attachment_fu atau paperclip..
          Minta tolong Mas ya.. kirimin contoh penggunaan attachment_fu atau paperclip..kalo bisa lengkap dengan MVC nya..:)

          Thanks...

          zen

          ________________________________

          ZEN FTSM wrote:

> [...]
          > sama sintax seperti tersebut diatas...?
          > Terus gimana caranya supaya kita bisa mendowload file2 yang tersimpan

        • Suprie Leonhart
          Message 4 of 7 , Mar 31 9:54 AM
            2009/3/30 ZEN FTSM <zen_ftsm@...>

            > Betul Mas pake blob..
            > Saya belum tau caranya plugin attachment_fu atau paperclip..
            > Minta tolong Mas ya.. kirimin contoh penggunaan attachment_fu atau
            > paperclip..kalo bisa lengkap dengan MVC nya..:)

            baca di

            http://jimneath.org/2008/04/17/paperclip-attaching-files-in-rails/
            http://github.com/technoweenie/attachment_fu/tree/master

            lumayan koq penjelasannya
            Best Regards
            Suprie
            http://suprie.in.ruangkopi.com

            "Mendapat upah karena menyenangkan orang lain yang tidak punya persangkutan
            dengan kata hati sendiri, kan itu dalam seni namanya pelacuran?"

          • ZEN FTSM
            Message 5 of 7 , Apr 1, 2009
              Plugin attachment_fu atau paperclip masih asing bagi saya.
              Udah saya coba2, namum belum berhasil.
              Trus kalo saya lanjutkan pake blob, gimana caranya.. supaya bisa download file..?
              field file type memang sudah ada (content_ type). Apa yang harus saya kerjakan lagi..?
              Saya cari2 di google belum dapat juga.
              Please..tolong ya..

              Zen

              ________________________________

              ZEN FTSM wrote:

> [...]
              > sama sintax seperti tersebut diatas...?
              > Terus gimana caranya supaya kita bisa mendowload file2 yang tersimpan

            • ahmad gozali
              Message 6 of 7 , Apr 2, 2009
                intinya kalo image sudah bisa dipanggil, sudah keluar di viewfile dengan
                extension lain juga bisa, kan sama saja perlakuannya
                kalo sudah ada content_type dan field nama file di tabel,
                nah image nya sudah bisa keluar belum?

              • ZEN FTSM
                Message 7 of 7 , Apr 4, 2009
                  Image nya udah bisa ditampilkan view nya.. tapi kalo mau download file tersebut belum tau caranya... Help me...please....!..:(