Re: [id-ruby] tanya bikin katalog online

  • Achmad Gozali
    Message 1 of 4 , Mar 16, 2009
      mungkin url ini membantu http://github.com/mdarby/scribd_fu/tree/master

      monggo,

      Message 2 of 4 , Mar 16, 2009
        jadi langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memetakan masalah,
        tentukan batasan-batasan masalah, mis:

        - user
        - login
        - upload dokumen
        - registrasi
        - modify profile
        - view dokumen
        - dokumen
        - kategori
        - dst (dan ANDA teruskan)

        sebaiknya tulisan listing kasar diatas Anda gambar rancangannya (dg lebih rapi).

        kalau Anda sudah jelas dengan pemetaan dan batasan masalah Anda bisa
        melanjutkan ke mikir field2 apa yang Anda butuh, lalu generate model
        ybs, per fitur, dan selanjutnya Anda kerjakan usaha sendiri sampai MVC
        nya.

        selamat berdjoeang!

        --
        be agile XOR break; http://ariekeren.blogdetik.com/ketentuan
      • Booking Heaven
        Message 3 of 4 , Mar 16, 2009
          Sekarang banyak framework yang urlnya seperti rails, contoh di PHP ada Framework Akelos yang 90% seperti Rails (ada script/generate controller atau Model juga dan fungsi seperti Rake db:migrate). Kalo saya personal yang saya lakukan pertama kali adalah :

          1. Menentukan users.

          2. Menentukan aturan maen atau business logic dari masing2 user.

          3. Menentukan nama-nama tabel yang akan digunakan.

          4. Buat Model pada Ruby (script/generate models A B C D E dst)

          5. Bentuk field yang akan digunakan pada masing2 tabel melalui file migration yang telah dibentuk melalui model.

          6. Jangan lupa bentuk relational antar tabel di Model melalui (has_many, belongs_to,dsb)

          7. Install semua file migration yang sudah dibentuk (rake db:migrate)

          8. Tentukan/Generate controller yang diinginkan berdasarkan type user atau type main brain dari business logic / aturan maen yang sudah dibentuk.

          9. Bentuk class method pada controller berdasarkan aturan maennya.

          10. Sisanya terserah anda, mo maen trigger, validation data, moduling helper, sedot plugin, dsb.

          Masalah scribdb, apa katalognya mo dibikin pake PDF? klo kamu mo mirip scribdb yang pake streaming document (PDF Reader) sendiri, kamu bisa bikin pake FLEX.

          Tapi klo mo yang simple, tinggal konvert data dari tabel-tabel untuk katalog atau dari xml katolog ke bentuk PDF, kamu bisa pake library (GEM) ruby yang berserakan di google cth:PDF Writer, Ruport.

          Sekian dan Terimakasih,
          Nak Buduh
          - Bali