Re: [id-ruby] Apache + Passenger + REE vs Nginx + Mongrel

  • Leo Laksmana
    Message 1 of 4 , Feb 12, 2009
      Sorry saya menyalahi aturan sendiri nih dengan ngasih pendapat tanpa ada bukti statistik, apalagi ngomongin performance. Belom sempet kerjain bener2 soalnya, jadi saya kasih "feel" saya aja yah?

      "Feel" saya berdasarkan:
      apache (mpm prefork) + passenger + ree
      VS
      apache (mpm prefork) + mod_proxy (proxy,http,balancer) + mongrel cluster (3 instance => rule of thumb saya N proc + 1 instance)

      Kalo tanya performance dan efisiensi resource, kadang saya perhatikan passenger masih suka runoff alias saya masih dapet defunct apache proses kalo saya hajar pake 500 request dengan 12 concurrent at any given time. Saya testnya pake apache benchmark tool.

      Dari segi request per second, untuk controller sederhana, performance tidak beda jauh yah. Mungkin kalo udah mulai resource intensive, passenger akan menang dengan adanya REE.

      Kalo configuration saya harus kasih jempol ke passenger yah. Saya orang yang ngerti apache dan comfortable with it. Waktu pake mongrel pun, saya reverse proxy dan load balance pun dengan apache. Mungkin karena faktor males juga belajar another config file untuk nginx.

      Kalo ngomong environment agak susah yah, semua tergantung dari seberapa bebas kita setup tools dan config. Saya pilih passenger karena config cuma ada di apache aja (cuma sedikit problem dengan mod_rewrite).

      Dari knowledge dan pengalaman saya, 1 instance mongrel peak di 60-70 request/sec, sedangkan passenger peak di 250-300 request/sec waktu ngelayanin rails page yang simple (ie cuma render simple html) di h/w yang spec sama dan running di xen vm dengan 2 cpu dan 256MB memory (lagi simulate vps production).

      Segitu dulu kali yah "feel" saya...

      --
      http://beol.laksmana.com/
      http://www.plurk.com/user/beol

      Follow my plurk: http://plurk.com/redeemByURL?from_uid=787788&check=-300983041&s=1

      Message 2 of 4 , Feb 16, 2009

        #1-3
        Kalo soal selera, saya lebih memilih Passenger. Kalo pake Passenger
        masih terbuka kemungkinan untuk membuat cluster, kalo webnya bener2
        super sibuk. Misalnya 1 Apache proxy ditambah n Apache + Passanger
        box, pakai ruby187 mungkin masih cukup(?)

        Nginx dipakai hanya untuk meminimalkan penggunaan memory(?)

        Saya belum coba di processor multicore, apa konfigurasi2 tersebut
        cocok untuk di server multicore.

        edge:
        Rails 2.3 edge dan Passenger edge kompatible dengan Ruby191

      • ugi udah
        Message 3 of 4 , Feb 16, 2009
          Bukan mau menjawab, tapi menambahkan pertanyaan. Apakah mungkin kita membuat suatu Thread dengan passenger, dimana thread tersebut akan hidup terus(long task) mungkin 10 jam an?.Soalnya dulu temen saya pernah coba, dan ternyata Thread otomatis mati ketika tidak ada request. O ya thread di passenger juga ternyata menjadi child process(memiliki PID). Tetapi saya pernah coba di mongrel dan bisa hidup terus thread nya, walaupun tidak ada request. Mungkin karena mongrel jalan di proses yang berbeda, dan bekerja dengan apache melalui load balancer. Ada yang tau, supaya bisa di passenger?

          terimakasih

          sugiarto

          http://si-ugi.blogspot.com