Re: [id-ruby] tanya rake db:migrate

  • Suprie Leonhart
    Message 1 of 15 , Sep 11, 2008
      2008/9/11 firman syah <abanggeh@...>:
> [...]

      rake db:reset

      klo mau tau lebih jelas nya

      rake -T db

      gak harus koq, tapi di sarankan.

      Best Regards
      Suprie
      http://suprie.in.ruangkopi.com

      "Mendapat upah karena menyenangkan orang lain yang tidak punya
      persangkutan dengan kata hati sendiri, kan itu dalam seni namanya
      pelacuran?"
    • Muhammad Ichsan
      Message 2 of 15 , Sep 11, 2008
        2008/9/11 Suprie Leonhart <suprie.leonheart@...>:

        Sekalian deh, kalo mau migrate ke semua mode gimana? Apa gak ada cara
        yang lebih praktis dari RAILS_ENV=production rake db:migrate? Misalnya
        rake db:migrate -e production

        --
        ~A useful man to others is a lucky man
        http://michsan.blogspot.com

        Rzqies, Order now! http://rzqies.wordpress.com
      • adit
        Message 3 of 15 , Sep 11, 2008
          ada

          1. bikin rake sendiri
          2. bikin scriptnya dalam ruby terus simpen di folder script (pake ruby atau
          shell scripting juga bisa)

          btw, seumur2 sy coding pake rails sy jarang eksekusi rake db:migrate di mode
          test atau production

          kenapa ?
          kalo di mode test, cloning database akan otomatis dilakukan dari development
          database dan test database ketika menjalankan suite test

          kalo di mode production ini biasanya sudah di-handle oleh deployment script

          so buat apa susah2 rake db:migrate manual di mode test atau production , toh
          itu sudah dilakukan scr otomatis....., kecuali kalo ada kasus khusus,
          misalnya di development database anda pake mysql dan punya view, AFAIK view
          ini tidak ikut di-cloning ketika eksekusi suite test, so barulah rake
          db:migrate RAILS_ENV='test' dibutuhkan di sini

          2008/9/11 Muhammad Ichsan <ichsan@...>

          > Sekalian deh, kalo mau migrate ke semua mode gimana? Apa gak ada cara
          > yang lebih praktis dari RAILS_ENV=production rake db:migrate? Misalnya
> [...]

          blog : http://adityakircon.blogsome.com
          ym : adit.prawirasoft
          skype : adit_skype

          i continue to fight, i continue to FIGHT (O2 - Orange Range)

        • Muhammad Ichsan
          Message 4 of 15 , Sep 11, 2008
            2008/9/11 adit <aditya.jamop@...>:
> [...]
            > shell scripting juga bisa)
            >
            > btw, seumur2 sy coding pake rails sy jarang eksekusi rake db:migrate di mode

            Tapi kalo saya pake rspec, sering protest tuh. Katanya tabel x belum
            dibuat di mode test.

            Message 5 of 15 , Sep 11, 2008
              protest spt ini

              You have 1 pending migrations:
              63 AddSitePaymentGatewayId

              kalo ada protest spt ini, itu karena belum di migrate di developmentnya

              rspec juga sama akan melakukan cloning dari database development

              coba saja "rake spec --trace" untuk lebih jelasnya, di situ ada proses
              cloning database dari development ke test

              Message 6 of 15 , Sep 11, 2008
                adit wrote:

> [...]
                >
                > coba saja "rake spec --trace" untuk lebih jelasnya, di situ ada proses
                > cloning database dari development ke test

                hidup adit -_-
                sekedar berbagi kalau saya biasa punya satu command sederhana:

                rake nama_project:all

                yang menjalankan semua yang saya butuhkan. DONE!

                be agile XOR break; http://ariekeren.blogdetik.com/ketentuan
              • firman syah
                Message 7 of 15 , Sep 11, 2008
                  Kemarin dah dicoba rake db:migrate VERSION=0, berhasil menghapus database
                  yang telah dibuat.
                  Kemudian saya hapus deh db/migrate/*, lalu jalanin db:migrate lagi tapi kok
                  tercipta lagi yach database yang lama???. Padahal kan sudah saya hapus
                  script db-nya.
                  Atau bagaimana caranya untuk mendapatkan db dengan migrate yang pertama kali
                  , sebelum ditambahkan/diubah db-nya?

                  Trus, bagaimana option untuk tipe data desimal karena yang saya buat error?

                  class AddPrice < ActiveRecord::Migration
                  def self.up
                  add_column :users, :price, :decimal, :precision=>8, :scale=>2,
                  :default=>0
                  end

                  def self.down
                  remove_column :users, :price
                  end
                  end

                  ketika di rake db:migrate error.

                  /usr/bin/rake db:migrate --trace
                  (in /home/firman/Rails/depot)
                  ** Invoke db:migrate (first_time)
                  ** Invoke environment (first_time)
                  ** Execute environment
                  ** Execute db:migrate
                  == AddPrice: migrating
                  -- add_column(:products, :price, :decimal, {:precision=>8, :scale=>2})
                  rake aborted!
                  You have a nil object when you didn't expect it!
                  You might have expected an instance of Array.
                  The error occured while evaluating nil.[]
                  /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/connection_adapters/abstract/schema_statements.rb:259:in
                  `type_to_sql'
                  /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/connection_adapters/abstract/schema_statements.rb:122:in
                  `add_column'
                  /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:273:in
                  `send'
                  /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:273:in
                  `method_missing'
                  /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:257:in
                  `say_with_time'
                  /usr/lib/ruby/1.8/benchmark.rb:293:in `measure'
                  /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:257:in
                  `say_with_time'
                  /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:271:in
                  `method_missing'
                  ./db/migrate//002_add_price.rb:3:in `real_up'
                  /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:210:in
                  `send'
                  /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:210:in
                  `migrate'
                  /usr/lib/ruby/1.8/benchmark.rb:293:in `measure'
                  /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:210:in
                  `migrate'
                  /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:333:in
                  `migrate'
                  /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:328:in
                  `each'
                  /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:328:in
                  `migrate'
                  /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:295:in
                  `up'
                  /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:286:in
                  `migrate'
                  /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/railties/lib/tasks/databases.rake:4
                  /usr/lib/ruby/1.8/rake.rb:387:in `call'
                  /usr/lib/ruby/1.8/rake.rb:387:in `execute'
                  /usr/lib/ruby/1.8/rake.rb:387:in `each'
                  /usr/lib/ruby/1.8/rake.rb:387:in `execute'
                  /usr/lib/ruby/1.8/rake.rb:357:in `invoke'
                  /usr/lib/ruby/1.8/thread.rb:135:in `synchronize'
                  /usr/lib/ruby/1.8/rake.rb:350:in `invoke'
                  /usr/lib/ruby/1.8/rake.rb:1906:in `run'
                  /usr/lib/ruby/1.8/rake.rb:1906:in `each'
                  /usr/lib/ruby/1.8/rake.rb:1906:in `run'
                  /usr/bin/rake:4

                  PS: Versi yang digunakan
                  rails ver. 1.1.6
                  ruby ver. 1.8.5

                  Message 8 of 15 , Sep 12, 2008
                    firman syah wrote:

                    > Kemarin dah dicoba rake db:migrate VERSION=0, berhasil menghapus database
                    > yang telah dibuat.

                    perintah

                    rake db:migrate VERSION=0

                    *tidak* menghapus database, melainkan hanya me-revert struktur tabel.
                    Jika Anda ingin menghapus database gunakan

                    rake db:drop:all

                    Disclaimer: I won't be responsible of your data loss.

                    Message 9 of 15 , Sep 14, 2008
                      omz, rake db:drop:all, ga ada di rails punyaku (aku cek dengan rake -T atau
                      ada perintah lain?).
                      Mulai versi berapa command itu ada?

                      Message 10 of 15 , Sep 14, 2008
                        saya pake rails 2.1.0 dan ada rake:drop:all

                        kayaknya sih di versi 2 kebawah fitur tsb gak ada

                        Message 11 of 15 , Sep 15, 2008
                          2008/9/15 adit <aditya.jamop@...>:

                          > saya pake rails 2.1.0 dan ada rake:drop:all
                          >
                          > kayaknya sih di versi 2 kebawah fitur tsb gak ada

                          makanya oleh suprie disuruh pakai

                          rake -T db

                          biar jelas keliatan disana task task apa saja yang tersedia.

                          --
                          http://tinyurl.com/2bjgvn && http://ariekeren.blogdetik.com) ||
                          "Don't ask if you can ask, just ask!", R2D2
                          Message 12 of 15 , Sep 15, 2008
                            ok omz2, terimakasih banyak :)