Re: [id-ruby] tanya rake db:migrate

  • firman syah
    Message 1 of 15 , Sep 11, 2008
      2008/9/10 Suprie Leonhart <suprie.leonheart@...>

> [...]
      > abis itu reset db nya ...
      >

      > reset db, gimana caranya? ( baru tau nich bisa direset)
      >

      > atau migrate ke Versi 0 kemudian jalanin lagi
      >
      > rake db:migrate VERSION=0
      > rake db:migrate

      > Data apa ? menambah / mengurangi kolom ? gak harus koq
      >

      > Iya, menambah dan mengurangi kolom.

      > Best Regards
      > Suprie
      > http://suprie.in.ruangkopi.com
      >
      > "Mendapat upah karena menyenangkan orang lain yang tidak punya persangkutan
      > dengan kata hati sendiri, kan itu dalam seni namanya pelacuran?"

    • Suprie Leonhart
      Message 2 of 15 , Sep 11, 2008
        2008/9/11 firman syah <abanggeh@...>:
> [...]

        rake db:reset

        klo mau tau lebih jelas nya

        rake -T db

        gak harus koq, tapi di sarankan.

[...]

      • Muhammad Ichsan
        Message 3 of 15 , Sep 11, 2008
          2008/9/11 Suprie Leonhart <suprie.leonheart@...>:

          Sekalian deh, kalo mau migrate ke semua mode gimana? Apa gak ada cara
          yang lebih praktis dari RAILS_ENV=production rake db:migrate? Misalnya
          rake db:migrate -e production

          --
          ~A useful man to others is a lucky man
          http://michsan.blogspot.com

          Rzqies, Order now! http://rzqies.wordpress.com
        • adit
          Message 4 of 15 , Sep 11, 2008
            ada

            1. bikin rake sendiri
            2. bikin scriptnya dalam ruby terus simpen di folder script (pake ruby atau
            shell scripting juga bisa)

            btw, seumur2 sy coding pake rails sy jarang eksekusi rake db:migrate di mode
            test atau production

            kenapa ?
            kalo di mode test, cloning database akan otomatis dilakukan dari development
            database dan test database ketika menjalankan suite test

            kalo di mode production ini biasanya sudah di-handle oleh deployment script

            so buat apa susah2 rake db:migrate manual di mode test atau production , toh
            itu sudah dilakukan scr otomatis....., kecuali kalo ada kasus khusus,
            misalnya di development database anda pake mysql dan punya view, AFAIK view
            ini tidak ikut di-cloning ketika eksekusi suite test, so barulah rake
            db:migrate RAILS_ENV='test' dibutuhkan di sini

            2008/9/11 Muhammad Ichsan <ichsan@...>

            > Sekalian deh, kalo mau migrate ke semua mode gimana? Apa gak ada cara
            > yang lebih praktis dari RAILS_ENV=production rake db:migrate? Misalnya
> [...]

            blog : http://adityakircon.blogsome.com
            ym : adit.prawirasoft
            skype : adit_skype

            i continue to fight, i continue to FIGHT (O2 - Orange Range)

          • Muhammad Ichsan
            Message 5 of 15 , Sep 11, 2008
              2008/9/11 adit <aditya.jamop@...>:
> [...]
              > shell scripting juga bisa)
              >
              > btw, seumur2 sy coding pake rails sy jarang eksekusi rake db:migrate di mode

              Tapi kalo saya pake rspec, sering protest tuh. Katanya tabel x belum
              dibuat di mode test.

              Message 6 of 15 , Sep 11, 2008
                protest spt ini

                You have 1 pending migrations:
                63 AddSitePaymentGatewayId

                kalo ada protest spt ini, itu karena belum di migrate di developmentnya

                rspec juga sama akan melakukan cloning dari database development

                coba saja "rake spec --trace" untuk lebih jelasnya, di situ ada proses
                cloning database dari development ke test

                Message 7 of 15 , Sep 11, 2008
                  adit wrote:

> [...]
                  >
                  > coba saja "rake spec --trace" untuk lebih jelasnya, di situ ada proses
                  > cloning database dari development ke test

                  hidup adit -_-
                  sekedar berbagi kalau saya biasa punya satu command sederhana:

                  rake nama_project:all

                  yang menjalankan semua yang saya butuhkan. DONE!

                  be agile XOR break; http://ariekeren.blogdetik.com/ketentuan
                • firman syah
                  Message 8 of 15 , Sep 11, 2008
                    Kemarin dah dicoba rake db:migrate VERSION=0, berhasil menghapus database
                    yang telah dibuat.
                    Kemudian saya hapus deh db/migrate/*, lalu jalanin db:migrate lagi tapi kok
                    tercipta lagi yach database yang lama???. Padahal kan sudah saya hapus
                    script db-nya.
                    Atau bagaimana caranya untuk mendapatkan db dengan migrate yang pertama kali
                    , sebelum ditambahkan/diubah db-nya?

                    Trus, bagaimana option untuk tipe data desimal karena yang saya buat error?

                    class AddPrice < ActiveRecord::Migration
                    def self.up
                    add_column :users, :price, :decimal, :precision=>8, :scale=>2,
                    :default=>0
                    end

                    def self.down
                    remove_column :users, :price
                    end
                    end

                    ketika di rake db:migrate error.

                    /usr/bin/rake db:migrate --trace
                    (in /home/firman/Rails/depot)
                    ** Invoke db:migrate (first_time)
                    ** Invoke environment (first_time)
                    ** Execute environment
                    ** Execute db:migrate
                    == AddPrice: migrating
                    -- add_column(:products, :price, :decimal, {:precision=>8, :scale=>2})
                    rake aborted!
                    You have a nil object when you didn't expect it!
                    You might have expected an instance of Array.
                    The error occured while evaluating nil.[]
                    /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/connection_adapters/abstract/schema_statements.rb:259:in
                    `type_to_sql'
                    /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/connection_adapters/abstract/schema_statements.rb:122:in
                    `add_column'
                    /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:273:in
                    `send'
                    /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:273:in
                    `method_missing'
                    /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:257:in
                    `say_with_time'
                    /usr/lib/ruby/1.8/benchmark.rb:293:in `measure'
                    /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:257:in
                    `say_with_time'
                    /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:271:in
                    `method_missing'
                    ./db/migrate//002_add_price.rb:3:in `real_up'
                    /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:210:in
                    `send'
                    /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:210:in
                    `migrate'
                    /usr/lib/ruby/1.8/benchmark.rb:293:in `measure'
                    /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:210:in
                    `migrate'
                    /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:333:in
                    `migrate'
                    /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:328:in
                    `each'
                    /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:328:in
                    `migrate'
                    /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:295:in
                    `up'
                    /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/activerecord/lib/active_record/migration.rb:286:in
                    `migrate'
                    /home/firman/Rails/depot/config/../vendor/rails/railties/lib/tasks/databases.rake:4
                    /usr/lib/ruby/1.8/rake.rb:387:in `call'
                    /usr/lib/ruby/1.8/rake.rb:387:in `execute'
                    /usr/lib/ruby/1.8/rake.rb:387:in `each'
                    /usr/lib/ruby/1.8/rake.rb:387:in `execute'
                    /usr/lib/ruby/1.8/rake.rb:357:in `invoke'
                    /usr/lib/ruby/1.8/thread.rb:135:in `synchronize'
                    /usr/lib/ruby/1.8/rake.rb:350:in `invoke'
                    /usr/lib/ruby/1.8/rake.rb:1906:in `run'
                    /usr/lib/ruby/1.8/rake.rb:1906:in `each'
                    /usr/lib/ruby/1.8/rake.rb:1906:in `run'
                    /usr/bin/rake:4

                    PS: Versi yang digunakan
                    rails ver. 1.1.6
                    ruby ver. 1.8.5

                    Message 9 of 15 , Sep 12, 2008
                      firman syah wrote:

                      > Kemarin dah dicoba rake db:migrate VERSION=0, berhasil menghapus database
                      > yang telah dibuat.

                      perintah

                      rake db:migrate VERSION=0

                      *tidak* menghapus database, melainkan hanya me-revert struktur tabel.
                      Jika Anda ingin menghapus database gunakan

                      rake db:drop:all

                      Disclaimer: I won't be responsible of your data loss.

                      Message 10 of 15 , Sep 14, 2008
                        omz, rake db:drop:all, ga ada di rails punyaku (aku cek dengan rake -T atau
                        ada perintah lain?).
                        Mulai versi berapa command itu ada?

                        Message 11 of 15 , Sep 14, 2008
                          saya pake rails 2.1.0 dan ada rake:drop:all

                          kayaknya sih di versi 2 kebawah fitur tsb gak ada

                          Message 12 of 15 , Sep 15, 2008
                            2008/9/15 adit <aditya.jamop@...>:

                            > saya pake rails 2.1.0 dan ada rake:drop:all
                            >
                            > kayaknya sih di versi 2 kebawah fitur tsb gak ada

                            makanya oleh suprie disuruh pakai

                            rake -T db

                            biar jelas keliatan disana task task apa saja yang tersedia.

                            --
                            http://tinyurl.com/2bjgvn && http://ariekeren.blogdetik.com) ||
                            "Don't ask if you can ask, just ask!", R2D2
                            Message 13 of 15 , Sep 15, 2008
                              ok omz2, terimakasih banyak :)