rails 'GUI' ?

  • emnaz
    Message 1 of 9 , Apr 24, 2006
      Dear All,

      Ada gak ya rails 'GUI', semacam Oracle application Express[1] yang
      katanya "Using only a web browser and limited programming experience,
      you can develop and deploy professional-looking applications that are
      both fast and secure." ?

      thx.
      -emnaz-

      [1]http://www.oracle.com/technology/products/database/application_express/index.html
      Message 2 of 9 , Apr 24, 2006
        emnaz wrote:
> [...]
        > katanya "Using only a web browser and limited programming experience,
        > you can develop and deploy professional-looking applications that are

        pake Seaside aja :)

        tapi setelah lihat2 tutos yg tersedia dari link yg mr.emnaz sediakan tsb
        asal bener2 cepet aja deh pake oracle (html db) kalo seaside emang
        bener2 cepet. tapi buat saya pribadi pake rails tetep lebih enak, gak
        usah pake 'GUI' model gitu (seaside ato oracle AE) terutama dunia
        Ruby-nya itu yang bikin greget naik :))

        --
        sig "kind regards" :name => "Arie Kusuma Atmaja", :callme => "Arie",
        :yahoo_messenger => "riyari3", :email => "ariekusumaatmaja@...",

        haree genee pake (as|ph)p ?
        siape lu mo bikin framework Ruby test/unit pake php :p
      • rofiq
        Message 3 of 9 , Apr 24, 2006
          rails GUI belum sampai ke level itu, dan kalo diliat arsitektur rails
          itu roadmapnya belum ke arah situ. Alasannya kalo saya liat sbb:

          - fitur command line rails sangat lengkap, ada internal webserver,
          console, breakpointer (runtime debug), generators. Itu baru built-in
          fitur aja, kalo dimasukin third-party bisa automate deployment pake
          capistrano, dan seabrek script plugin yg bisa langsung dipanggil lewat
          perintah rake.

          - rails belum masuk ke tahap konservatif (ak. mainstream). Sebelum
          konservatif ada early adopter, kemudian pragmatis, sekarang rails
          sedang melewati jurang antara early adopter dan pragmatis, dan dua
          kubu ini gak butuh yg namanya GUI. Kalau nanti rails sudah masuk ke
          mainstream saya yakin bakal ada GUI editornya.

        • Widi Harsojo
          Message 4 of 9 , Apr 25, 2006
            saya pake editor dari www.radrails.org udah enak tuh
            baru aja upgrade ke *.6.2
          • rofiq
            Message 5 of 9 , Apr 26, 2006
              On 4/25/06, Widi Harsojo <wharsojo@...> wrote:
              > saya pake editor dari www.radrails.org udah enak tuh
              > baru aja upgrade ke *.6.2

              kirain GUI itu yg kaya' struts editor yg bisa generate grafik alur
              request, abis gak dapet screenshot OAE itu kaya' gimana bentuknya sih
              he he.
              radrails pernah coba sih, tapi terakhir nyobain masih lebih oke text
              editor yg biasa gw pake (mis. emacs). sekarang rails juga bakal sering
              diupdate, seberapa cepat radrails bisa ngikutinnya :-/
              Message 6 of 9 , Apr 26, 2006
                rofiq wrote:
                > radrails pernah coba sih, tapi terakhir nyobain masih lebih oke text
                > editor yg biasa gw pake (mis. emacs). sekarang rails juga bakal sering
                > diupdate, seberapa cepat radrails bisa ngikutinnya :-/

                idealnya memang TextMate (komunitasnya juga enak & editornya ya enak
                banget). Tapi kalo nggak ya "terpaksa" deh RadRails, bisa auto_complete
                juga, kek eclipse. tapi berat. ya, emacs and vim still the rules ;)
                # yaaah ngomongin editor lagi deh, ngeloyorrrr

                Message 7 of 9 , Apr 26, 2006
                  On 4/27/06, rofiq <mrofiq@...> wrote:

> [...]
                  > editor yg biasa gw pake (mis. emacs). sekarang rails juga bakal sering
                  > diupdate, seberapa cepat radrails bisa ngikutinnya :-/

                  coba koleksi IDE buat ruby:
                  radrails,
                  eclipse+RDT,
                  jedit+ruby-plugin,
                  textmate (macosx,shareware),
                  vim+plugin (esp ver. 7),
                  komodo (shareware),
                  emacs+ruby-mode,
                  kdevelop,
                  scite,
                  freeride,
                  rde (http://homepage2.nifty.com/sakazuki/rde.html)
                  arachno ruby (shareware)

                  ada lagi?
                • emnaz
                  Message 8 of 9 , Apr 28, 2006
                    On Thu, 2006-04-27 at 12:57 +0900, rofiq wrote:

> [...]
                    > editor yg biasa gw pake (mis. emacs). sekarang rails juga bakal sering
                    > diupdate, seberapa cepat radrails bisa ngikutinnya :-/

                    Mudah-mudahan nanti rails dilengkapi "wizard" untuk bikin tabel -via
                    browser tentunya- syukur2 ada tool yang kayak phpmyadmin, trus bisa
                    'generate scaffold' dari browser, terus ada template themes-nya. Itu
                    saja sebenarnya yang saya cari, maklum masih newbie jadi suka yang
                    instan dan belum pingin yang 'ruby banget' :D

                    *has_many :bingungs*

                    -emnaz-

                    Message 9 of 9 , Apr 29, 2006
                      emnaz wrote:
> [...]
                      > saja sebenarnya yang saya cari, maklum masih newbie jadi suka yang
                      > instan dan belum pingin yang 'ruby banget' :D

                      phpmyadmin -> CocoaMySql
                      wizard -> script/generate wizard_yang_kita_pengen :p
                      scaffold -> buang ke sampah!
                      template themes -> hack typo, saya bantu dgn doa.

                      > *has_many :bingungs*

                      di rails wiki ada penjelasan sama gambar nya koq, bewarna lagi. ayo
                      dong, jangan bingung... kalo masih bingung, coba post aja, biar kita
                      sama-sama belajar.. saya juga masih perlu banyak belajar koq.

                      --
                      sig "kind regards" :name => "Arie Kusuma Atmaja", :callme => "Arie",
                      :yahoo_messenger => "riyari3", :email => "ariekusumaatmaja@...",
                      :blog => %Q~ http://ariekusumaatmaja.wordpress.com ~

                      heran! haree genee pake (as|ph)p ?
                      heran! haree genee bela-bela'in (as|ph)p ?
                      siape lu mo bikin framework Ruby test/unit pake php :p