continuation (was: Re: [id-ruby] Ruby untuk?)

  • Edwin Pratomo
    Message 1 of 2 , Oct 16, 2002
      Steven Haryanto wrote:

> [...]

      "Eduard".sub!(/uard/, "gar")

      > mungkin python sebentar lagi support.
      >
      > 1. di python 2.2 udah ada generators; ini bentuk sederhana dari
      > coroutine. malah banyak yang bilang generator lebih useful daripada
      > coroutine.

      setelah lihat2, ternyata yg di-support directly oleh Ruby adalah
      continuation, via Kernel.callcc, yang nampaknya diambil dari call/cc-nya
      Scheme.
      coroutine dibuat dng memanfaatkan continuation sbg primitif. Ada
      contohnya oleh Jim Weirich di Invitation to Ruby.

      Mengenai generator - coroutine - continuation, saya baca di sini:
      http://mail.python.org/pipermail/python-dev/1999-July/000467.html

      Sedangkan mengenai generator, nampaknya seperti itulah block dan yield
      di Ruby :-)
      Makanya ada yg bilang bahwa proposal Damian Conway utk coro di Perl 6
      (http://dev.perl.org/rfc/31.html )
      itu sebetulnya adalah generator, bukan coroutine:
      http://perlmonks.org/index.pl?node_id=96318

      --
      rgds,
      Edwin
      Message 2 of 2 , Oct 16, 2002
        --- In id-ruby@y..., Edwin Pratomo <edwin@p...> wrote:
> [...]
        > coroutine dibuat dng memanfaatkan continuation sbg primitif. Ada
        > contohnya oleh Jim Weirich di Invitation to Ruby.

        continuation memang basicnya. dari continuation kita bisa membuat
        coroutine/goto/subroutine/iterator/generator/whatever.

        --
        sh