Re: [id-ruby] One 2 One in Active Record

  • Rie!
    Message 1 of 3 , Feb 13, 2008
      On 13/02/2008, Muhammad Ichsan <ichsan@...> wrote:

      > Dear Rubysts,
      >
      > Ada yang tau gimana cara membuat pemetaan berikut di active record?
      >
      > Student
      > ----------
      > number
      > name
      > user_id
      >
      > Lecturer
      > ----------
      > number
      > name
      > lecture
      > user_id

      jadi kayak acts as role yah. gimana kalau students sama lecturers jadi
      satu tabel yaitu roles? ada berapa total entitinya? nanti bisa
      kustomisasi restricted_to_lecturers(&block) do yield gitu deh (rghghg
      tapi dalam hati kok ada yang ngganjal ni ide buruk ya). tapi IMO kalo
      cuma 2 entiti yah YAGNI deh nggak ngerasa terkotori kok.

      > User
      > ------
      > name
      > password

      adapun tentang employee mustinya has_many :cars dong, kan pasti ada
      aja tuh banyak karyawan yang punya mobil lebih dari satu.

      --
      r9 = { name: Rie!, ym: riyari3, skype: rubyninja,
      blog: http://tinyurl.com/2bjgvn }
      Message 2 of 3 , Feb 13, 2008
        Hello!

        --- In id-ruby@yahoogroups.com, "Muhammad Ichsan" <ichsan@...> wrote:

> [...]
        >
        > User
        > ------
        > name
        > password
        >
        > Perhatikan bahwa, menurut Active Record, pada kelas Lecturer dan
        > Student harus ada belongs_to. Hal ini karena belongs_to menyebabkan
        > tabel dari kelas yang memilikinya akan menyimpan foreign key relasi
        > satu2.
        >
        > Tapi dengan cara ini, kelas User akan terkotori oleh has_one :lecture
        > dan has_one :student. Mungkin gak sih User itu bersih dari relasi,
        > maksudnya hanya uni directional relationship.

        Kalau saya tidak salah tangkap, maksud anda mau declare classes
        seperti ini:

        class Student < ActiveRecord::Base
        belongs_to :user
        end

        class Lecture < ActiveRecord::Base
        belongs_to :user
        end

        class User < ActiveRecord::Base
        end

        Boleh2 saja kok. Cuma nanti jadi tidak bisa user.student or user.lecture

        > Seharusnya pada relasi one to one, memang ada opsi untuk menentukan
        > foreign key itu mau diletakkan di mana. Pada contoh User dan Student,
        > student has_one :user, foreign key baiknya ada di student. Sedangkan
        > pada hubungan Employee dan Car, employee has_one :car di mana foreign
        > key baiknya ada di Car.
        >
        > Ada solusi untuk active records?

        class Employee < ActiveRecord::Base
        has_one :car
        end

        class Car < ActiveRecord::Base
        end

        So we could go employee.car but not car.employee

        Hope that helps!

        Regards,
        Harman