Re: [id-ruby] Ruby untuk?

  • Steven Haryanto
    Message 1 of 11 , Oct 10, 2002
      Alia Amin wrote:
      > Feature Extension Ruby bisa dipakai untuk access library C/C++ sehingga
      > semua API bisa diaccess dalam Ruby.
      > Menurut pengalaman program yang dibuat dalam Ruby mengurangi volume
      > source code sampai seperlimanya dibandingkan dengan C/C++.

      kalo soal extension sih rata2 scripting language juga nyediain, mulai
      dari tcl, php, perl, python, ruby, smalltalk, dsb. kalo gak ada
      mekanisme extension, rata2 scripting language akan useless karena toh
      fungsi utama scripting language adalah untuk glue.

      tapi memang *katanya* (berhubung gak pernah nyoba sendiri) bikin
      extension di ruby lebih mudah ketimbang di perl dan python.

      --
      Steven Haryanto | Master Web Network / MWN
      steven[@]masterwebnet[.]com | R&D Dept.
      Message 2 of 11 , Oct 11, 2002
        Steven Haryanto wrote:

        > hm, jadi gara2 coroutine doang? sejauh yang gue liat coro juga jarang

        s/doang// :-)

        > banget dipake di ruby. mungkin yang banyak pake coro itu scheme. malah
        > python yang punya aplikasi real world coro yang large scale (mail sender
        > yahoo! groups).

        kalo ini gue rasa tergantung dari users-nya. Kebetulan saja users Ruby
        belum banyak mengexplore ini.
        Utk python setahu gue pake external library buatan Eduard Toernig. Jadi
        bahasanya tidak inherently support.
        Kalau saja egroups didevelop orang2 Jepang, bisa lain cerita :-)

        --
        rgds,
        Edwin
        Message 3 of 11 , Oct 11, 2002
          Edwin Pratomo wrote:
          > Utk python setahu gue pake external library buatan Eduard Toernig. Jadi
          > bahasanya tidak inherently support.

          mungkin python sebentar lagi support.

          1. di python 2.2 udah ada generators; ini bentuk sederhana dari
          coroutine. malah banyak yang bilang generator lebih useful daripada
          coroutine.

          2. stackless (www.stackless.com) akan masuk core.

          --
          Steven Haryanto | Master Web Network / MWN
          steven[@]masterwebnet[.]com | R&D Dept.
          http://people.masterwebnet.com/steven/ | Kiputih Dalam 1, Bandung
        • Tedi Heriyanto
          Message 4 of 11 , Oct 16, 2002
            --- Alia Amin <camin@...-offenburg.de> wrote:
            > Menurut pengalaman program yang dibuat dalam Ruby
            > mengurangi volume
            > source code sampai seperlimanya dibandingkan dengan
            > C/C++.
            Wah menarik sekali, sayang saya belum sempet
            mencoba-cobanya, lagi sibuk buat ujian. :)

            > Pertanyaan saya ada tidak di indonesia firma yang
            > serius melakukan
            > development dengan Ruby ?
            Sepertinya belum ada Pak Alia, setahu saya. Mungkin
            bisa jadi peluang bisnis ? :)

            Faith Hill - Exclusive Performances, Videos & More
            http://faith.yahoo.com
          • Edwin Pratomo
            Message 5 of 11 , Oct 16, 2002
              Tedi Heriyanto wrote:

              > Wah menarik sekali, sayang saya belum sempet
              > mencoba-cobanya, lagi sibuk buat ujian. :)

              ya jelas, dibandinginnya sama C/C++ :-)

              > Sepertinya belum ada Pak Alia, setahu saya. Mungkin
              > bisa jadi peluang bisnis ? :)

              Bisnis di Indonesia? ngga bisa lah. orang sini pake PHP.
              Bandinging aja jumlah subscribers milis2 phpug, id-perl, id-python,
              id-ruby, javaid.

              Teddy sendiri ngapain belajar Ruby? buat memuaskan nafsu hack? yg pasti
              sih ngga dipake di kampus kan? :-)

              --
              rgds,
              Edwin
              Message 6 of 11 , Oct 16, 2002
                --- Edwin Pratomo <edwin@...> wrote:
                > Bisnis di Indonesia? ngga bisa lah. orang sini pake
                > PHP.
                > Bandinging aja jumlah subscribers milis2 phpug,
                > id-perl, id-python,
                > id-ruby, javaid.
                Bukankah itu bisa jadi peluang, karena toh gak ada
                pesaingnya. :)

                id-ruby cuma 11 orang. :))

                > Teddy sendiri ngapain belajar Ruby? buat memuaskan
                > nafsu hack?
                lagi explore bisa gak Ruby dipake buat aplikasi
                web-based...buat kebutuhan proyek translasi:)

                > yg pasti sih ngga dipake di kampus kan? :-)
                gak lah, soalnya kampusnya gak ada niatan ngajarin
                kayak ginian. :)