Re: [id-ruby] sekedar brbagi u/ yg pake ruby-mswin32 (was ANN ruby ...)

    Message 1 of 20 , Dec 26, 2005
      Steven Haryanto wrote:

      >duh, kaget, kirain activestate akhirnya see the light dan bikin
      >distribusi utk ruby... :)

      iya tuh. si activestate nya malah sibuk cari duit/jualan komodo yg
      "cuma" buat edit ruby di tengah hamparan jamur editor besar utk ruby
      even yg IDE spt RIDE, eclipse, radrails. ah tapi ViM's still The One.
      MVC Rails bs cepat sekaligus + sekalian nge-debug web interaktif via
      [railsirb] ./script/console di konsole

      --
      kind_regards = [
      :name => "Arie",
      Message 2 of 20 , Dec 27, 2005
        On 12/27/05, Arie Kusuma Atmaja <ariekusumaatmaja@...> wrote:

> [...]
        > even yg IDE spt RIDE, eclipse, radrails. ah tapi ViM's still The One.
        > MVC Rails bs cepat sekaligus + sekalian nge-debug web interaktif via

        lho komodo kan bisa buat edit banyak tipe script (perl, python, php, dll)
        banyak pilihan itu kan bagus, berarti kompetisi tinggi disitu,
        positive thinkingnya fitur2 yg free-nya juga bakal nandingin yg
        komersial. Ketinggalan ada editor lain (win32 only)
        http://homepage2.nifty.com/sakazuki/rde_e.html, gw suka ama editor ini
        cuma pernah sekali crash dan kode di buffer ilang semua :(
      • Steven Haryanto
        Message 3 of 20 , Dec 27, 2005
          Arie Kusuma Atmaja wrote:

          > iya tuh. si activestate nya malah sibuk cari duit/jualan komodo yg
          > "cuma" buat edit ruby di tengah hamparan jamur editor besar utk ruby
          > even yg IDE spt RIDE, eclipse, radrails.

          dulu kayaknya pernah baca somewhere bahwa revenue utama activestate
          adalah dari antispam solution-nya (yang berbasis perl, & spamassassin
          kalo gak salah). komodo maybe its second.

          lagian kemungkinan juga komodo paling banyaknya dipake oleh programer
          tcl/perl/python dan bukan ruby.

          > ah tapi ViM's still The One.

          whatever, hidup emacs. C-x C-c :)

          > MVC Rails bs cepat sekaligus + sekalian nge-debug web interaktif via
          > [railsirb] ./script/console di konsole

          --

          ** http://archive.or.id/mirrors/ (iix only) -> debian (i386), cpan **

          Steven Haryanto | PT. Master Web Network (MWN)
          http://people.masterwebnet.com/steven | Ged Cyber Lt9, Kuningan Barat 8
          Y!:stevenharyanto | Jaksel 12710. Ph: (021) 5269311
          Message 4 of 20 , Dec 27, 2005
            rofiq wrote:

            >lho komodo kan bisa buat edit banyak tipe script (perl, python, php, dll)

            iya, maksud saya activestate sibuk jualan bikin komodonya juga bisa utk
            ngedit ruby.
            kata "cuma" lebih refer ke perbandingan editor besar lain walau bukan
            brmaksud meremehkan, kan maklum kalo mereka cari rejeki lewat itu :)
            maapkan daku kalo sdh membingungkan.. V peace V

            # ayo Ri qta main Ruby Lagi
            :q!

            --
            kind_regards = [
            :name => "Arie",
            Message 5 of 20 , Dec 27, 2005
              On Wed, Dec 28, 2005 at 09:39:32AM +0700, Budiman Angir wrote:
              > Tapi saya naksir sekali dengan editor di mac yg dipresentasikan di
              > rails-movie. Sh...t .... why mac ?

              TextMate? Feature2nya dia yg ditonjolkan di websitenya
              (macromates.com) (hampir?) semua ada di Vim (dan saya rasa di emacs
              juga ada). Yg gak ada di Vim adalah tree explorer dan tabbed windows
              yg membuat working with multiple files nyaman.

              "TextMate has been referred to as the culmination of Emacs and OS X..."

              Ronny
            • Budiman Angir
              Message 6 of 20 , Dec 27, 2005
                Steven Haryanto wrote:

                > whatever, hidup emacs. C-x C-c :)

                ha ha ha .... for me ? searching ... browsing .... asking .... and still
                curious ... apa ngak ada di linux yg bisa "mirip" dengan
                ultraedit-nya window ? .... yg paling mirip adalah KATE tapi masih
                jauuuuhhhh. sekarang saya masih pakai editor nya Morton-Commander :) .....

                Tapi saya naksir sekali dengan editor di mac yg dipresentasikan di
                rails-movie. Sh...t .... why mac ?

                bye
              • root@mimiko #
                Message 7 of 20 , Dec 27, 2005
                  Ronny Haryanto wrote:

> [...]
                  >yg membuat working with multiple files nyaman.
                  >
                  >"TextMate has been referred to as the culmination of Emacs and OS X..."

                  he he .. sampe juga ujung2nya ke TextMate.. yup smoga ViM 7-an nanti
                  bisa ada tree explorer nya (jadi bukan cuma dir explorer nyamping aja).
                  highlight rails/ruby & libruby yg rame, autocompletion.. Plus kalo tetap
                  gratis ViM's still the one. Tapi Mac & Mac OS X ini yg bikin ga kuat
                  ingin hati segera memiliki.

                  --
                  kind_regards = [
                  :name => "Arie",
                  Message 8 of 20 , Dec 28, 2005
                    Budiman Angir wrote:

> [...]
                    > ultraedit-nya window ? .... yg paling mirip adalah KATE tapi masih
                    > jauuuuhhhh. sekarang saya masih pakai editor nya Morton-Commander :) .....

                    hm, bukannya jadi lebih jauh lagi editornya midnight commander dengan
                    ultraedit? :) gw pernah nyoba ultraedit, what's the big deal yah?

                    btw, udah nyoba jedit?

                    Message 9 of 20 , Dec 28, 2005
                      Steven Haryanto wrote:

                      > hm, bukannya jadi lebih jauh lagi editornya midnight commander dengan
                      > ultraedit? :) gw pernah nyoba ultraedit, what's the big deal yah?

                      memang sih ... tapi dengan segala kekurangannya :) .... paling
                      "comfortable". Mungkin gara gara UI nya base on MC-app ya, makanya familiar.

                      sebenernya VIM cukup bagus. (drpd emacs ... ha ha ha ha).
                      cuman saya pakai sebagai basic editing untuk config-file. Kalau untuk
                      koding yg banyak baris nya .... pusing pakai vim. Sering salah ketik
                      (reseh dengan command-mode dan edit-mode nya :) ).

                      Kalau feature ultraedit yg "jarang ada" pada editor lain adalah
                      block-character-mode :) ... jadi bisa block-per-character bukan
                      block-per-line.

                      > btw, udah nyoba jedit?

                      java-base ?

                      belum coba sih ... tapi selama saya coba java-app ... yg paling saya
                      suka cuma eclipse. Tapi kalau untuk ruby ... ngak deh .... berat
                      eclipse-nya drpd ruby. :)

                      bye
                    • Steven Haryanto
                      Message 10 of 20 , Dec 29, 2005
                        Budiman Angir wrote:
                        > Kalau feature ultraedit yg "jarang ada" pada editor lain adalah
                        > block-character-mode :) ... jadi bisa block-per-character bukan
                        > block-per-line.

                        just for fun, bisa dijelaskan lebih rinci apa itu block-character-mode?
                        penjelasannya "block per character" kurang membantu tuh :)

                        > java-base ?

                        iya. startup-nya memang rada lambat, tapi once it's running you usually
                        won't notice. kalo belon pernah coba, mungkin bisa dipertimbangkan.
                        reputasi jedit cukup bagus dan pluginnya seabrek2... sapa tau cocok...

                        --

                      • root@daimikomiko / #
                        Message 11 of 20 , Dec 29, 2005
                          Pada tanggal 12/29/05, Steven Haryanto <steven@...> menulis:

                          > just for fun, bisa dijelaskan lebih rinci apa itu block-character-mode?
                          > penjelasannya "block per character" kurang membantu tuh :)

                          mgkin mksudnya block yg basis column, kalo di Vim pake "Ctrl V" trus "j"
                          CMIIW ya Pak Budi (sy cm nebak dari logika negasi Bpk blng "jadi bukan
                          block-per-line")

                          > iya. startup-nya memang rada lambat, tapi once it's running you usually
                          > won't notice. kalo belon pernah coba, mungkin bisa dipertimbangkan.
                          > reputasi jedit cukup bagus dan pluginnya seabrek2... sapa tau cocok...

                          yup. jedit jg bagus, kl sy jg suka eclipse..

                          --
                          kind_regards = [
                          :name => "Arie",
                          Message 12 of 20 , Dec 29, 2005
                            On Thu, Dec 29, 2005 at 09:27:50PM +0700, Steven Haryanto wrote:

                            > just for fun, bisa dijelaskan lebih rinci apa itu block-character-mode?
                            > penjelasannya "block per character" kurang membantu tuh :)

                            Vertical select/highlight kali, Steve, maksudnya. Itu sih di Vim juga
                            ada (Ctrl-V = visual block). TextMate juga bisa (liat di
                            http://www.macromates.com/textmate/manual/working_with_text.html#column_selections ).
                            Bukan cuma highlight doang, tapi bisa mengulang replace/edit langsung
                            ke beberapa baris di kolom yg sama. Entah ultraedit bisa gitu juga
                            gak. Contoh nih misalnya gua punya:

                            int a;
                            int b;
                            int c;

                            Trus gua vertical select semua "int"-nya, trus direplace jadi
                            "double" cukup sekali aja nti diulang sendiri ke baris2 lainnya.

                            Kok jadi ngomongin editor instead of ruby ya? Hehehehe.

                            Ronny
                          • root@daimikomiko / #
                            Message 13 of 20 , Dec 29, 2005
                              Pada tanggal 12/29/05, Ronny Haryanto <ronnylist@...> menulis:
> [...]
                              >
                              > Trus gua vertical select semua "int"-nya, trus direplace jadi
                              > "double" cukup sekali aja nti diulang sendiri ke baris2 lainnya.

                              trs kalo dapet polanya bikin macronya :))
                              biar blrrrr serabutan berubah sndiri source code seabrek2

                              > Kok jadi ngomongin editor instead of ruby ya? Hehehehe.

                              iya ya hehehe dh sy ajak dulu pake # ayo Rie qta main Ruby lagi,
                              temen2 disini suka deh ngomongin editor :)

                              --
                              kind_regards = [
                              :name => "Arie",
                              Message 14 of 20 , Dec 29, 2005
                                root@daimikomiko / # wrote:

                                > mgkin mksudnya block yg basis column, kalo di Vim pake "Ctrl V" trus "j"
                                > CMIIW ya Pak Budi (sy cm nebak dari logika negasi Bpk blng "jadi bukan
                                > block-per-line")

                                oh. kayaknya banyak deh yang bisa column-mode, yang gw inget wordstar
                                3/4 aja bisa. trus gw zaman dos dulu sering pake editor kecil yg namanya
                                qedit. trus editornya IDE borland ("turbo #{lang}") juga bisa. trus joe
                                di unix juga bisa.

                                Message 15 of 20 , Dec 29, 2005
                                  root@daimikomiko / # wrote:

                                  > trs kalo dapet polanya bikin macronya :))
                                  > biar blrrrr serabutan berubah sndiri source code seabrek2

                                  hm, kalo harus sering2 ubah tipe data "int" jadi "double" kayak di atas,
                                  sampe harus bikin makronya, apa bukannya malah kudu mikir, there's gotta
                                  be something wrong with desain program kita? :)

                                  Message 16 of 20 , Dec 30, 2005
                                    Steven Haryanto wrote:

                                    >hm, kalo harus sering2 ubah tipe data "int" jadi "double" kayak di atas,
                                    >sampe harus bikin makronya, apa bukannya malah kudu mikir, there's gotta
                                    >be something wrong with desain program kita? :)

                                    tul.
                                    tapi yg sy bikin macronya bukan utk contoh code Pak Ronny..
                                    utk CSS, HTML (rhtml), dll ... (selain bs jg pake tidy) trutama kalo
                                    ngedit dr punya orang ;-)

                                    --
                                    kind_regards = [
                                    :name => "Arie",

                                    humaine> rie, lu ngomong sering enak tapi kok kadang bikin bingung sih? jangan suka bikin bingung napa?
                                    ariekusuma> iya, maap, gw sll usaha spy klo gw ngomong mudah / ga belibet. tapi kan lebih sering ga belibet nya
                                    humaine> kcx kcx kcx .. iya sih