Ruby 1.9

  • Hendy Irawan
    Message 1 of 16 , Dec 31, 2007
      Maintainers, ada yang mau ngeblog di ruby-lang/id ?? ;-)

      .

      Yukihiro Matsumoto (a.k.a. Matz) has announced the release
      <http://groups.google.com/group/ruby-talk-google/browse_thread/thread/bc6ed379e4dab2a4>
      of Ruby <http://www.ruby-lang.org/en/> 1.9.0. Ruby 1.9 is a development
      release of Ruby, so don't expect to switch all of your production
      applications over to it. Indeed, Ruby 1.8 is officially still the stable
      choice (pending further news), so tread with caution and don't expect
      miracles. For the impatient, the main download is available straight
      away from ftp://ftp.ruby-lang.org/pub/ruby/1.9/ruby-1.9.0-0.tar.gz

      Following tradition, the new version of Ruby was released over the
      public holiday period (Ruby 1.8.4 was released on December 24, 2005, for
      example), and one of the biggest changes has been the move to a new
      virtual machine (YARV) that yields significant performance improvements
      over the 1.8.x versions. As always, the best resource for learning about
      the new features of Ruby 1.9 is the superb Changes in Ruby 1.9
      <http://eigenclass.org/hiki/Changes+in+Ruby+1.9> by Mauricio Fernandez.
    • Andre Prasetya
      Message 2 of 16 , Dec 31, 2007
        Dear all ruby-ers
        Dengan ruby mulai berjalan sebagai bytecode compiled yg jalan pada
        Virtual Machine, apa nanti jadinya ruby ke arah java ? kuatirnya
        nantinya penggunaan memorinya meledak sampai kayak java, buntut2 nya
        sulit cari hosting dan harus collocation.

      • Andry S Huzain
        Message 3 of 16 , Jan 3, 2008

> [...]
          > nantinya penggunaan memorinya meledak sampai kayak java, buntut2 nya
          > sulit cari hosting dan harus collocation.

          Padahal malah Ruby MRI yang lebih sering "memorinya meledak" ketimbang JVM.

          Kenapa?

          Ruby MRI = User space thread + bad GC.

          User space thread (atau green thread) itu artinya Ruby interpreter yang
          mengurusi lifecycle thread. Bener2 hanya Ruby interpreter yang ngurusi
          thread.

          Cuma Ruby interpreter yang ngurusi thread.

          (repetition ain't always sin, right?)

          JVM dari sisi virtualisasi juga green thread. Artinya hanya JVM pula yang
          ngurusi thread. Tapi thread handler-nya JVM akan memapping thread program
          Java terhadap thread OS. Ini artinya logic lifecycle thread di Java akan
          dihandle oleh Kernel Threads.

          Akibatnya?
          Performa Ruby diatas blade server quad processor tidak akan lebih baik
          diatas server rakitan mangga dua dengan single prosesor karena Ruby nggak
          bisa ambil keuntungan multi processor.

          JVM itu cukup baik hati. Dia sudah memapping green thread ke kernel thread
          dengan otomatis dan kita bisa mudah memanipulasi Java thread dengan abtraksi
          (baca: API) yang menyenangkan.

          YARV itu kernel thread. Dan juga seperti JVM, YARV akan memapping green
          thread ke kernel thread sembari menyediakan API yang jauuh lebih sexy
          ketimbang Runable dan konco-konconya :d

          Nah, urusan hosting dan collocation saya pikir sama2 susahnya antara Ruby
          dan Java. Issue diantara ISP nggak suka running JVM di server farm
          kebanyakan hanya karena masalah lisensi. JVM-nya Sun kan nggak sepenuhnya
          kompatibel dengan GPL-way. Dan itu dulu, sebelum JVM di open-sourcekan
          seperti saat ini.

          Dan ngomong2 tentang hosting dan deployment, jauh lebih gampang Java web
          deployment stack ketimbang Ruby (dan Rails) deployment stack. Konfigurasi
          nginx + mongrel_cluster, bahkan setelah diotomatisasi pake railsmachine dan
          capistrano sekalipiun tetep bukan barang mudah.

          Belum lagi monitoring rails-nya. God dan monit cuma bisa console-way.
          mongrel_console (hints: camping) memang asyik tapi masih kalah jauh
          dibanding java application server.

          http://andryshuzain.com

        • Andre Prasetya
          Message 4 of 16 , Jan 3, 2008
            Soal hosting, kl di indo memang nggak mungkin untuk bisa host ruby saat
            ini tapi di luar negeri, hostgator saja punya paket hosting murah buat
            ruby, kl gak salah skitar usd 9 per bulan, sementara kalau mau java
            application server ya pasti VPS, dan di luar negeri untuk tomcat saja
            min usd 20 per bulan (memori 192 MB) dan untuk jboss usd 30 per bulan
            (memori 384 MB). Untuk multi threading sih saya belum coba kl di ruby
            soalnya sejauh ini pemakaiannya sebatas di rails, dan untuk itu sih
            masih belum perhatikan gimana multi threading api di ruby sementara kl
            di java pakainya buat distributed application dan untuk itu saya memilih
            untuk ndak pakai JMS (Java Messaging Service) sehingga mau nggak mau
            harus pakai ThreadPool yg mana dah disediakan oleh Java5 dan sejauh ini
            performance sih bagus.

            Kalau di ruby, library buat thread pool nya apa ? atau sudah ada bawaan
            ruby ? saya pakai ruby 1.8.x bawaan ubuntu 7.04 server kalau lg di
            windows, saya mengandalkan netbeans di dalamnya dah ada jruby on rails ^^

            Message 5 of 16 , Jan 3, 2008

> [...]
              > application server ya pasti VPS, dan di luar negeri untuk tomcat saja
              > min usd 20 per bulan (memori 192 MB) dan untuk jboss usd 30 per bulan

              Ini ngomongin shared-hosting ya? Baru "ngeh" saya.

              Shared-hosting yang udah mendukung Rails SELALU menggunakan Apache +
              FastCGI. Model deployment Rails seperti ini akan terasa sama seperti model
              deployment PHP. Tinggal drop Rails app di /var/www/data dan jalan. Sisanya
              hanya urusan bermain symlink sehingga kita hanya perlu edit file di
              public_html kita.

              Meski praktis dan murah, Apache FastCGI nggak direkomendasikan untuk
              aplikasi Rails yang kritikal. fcgi spawn sering mampus secara tiba-tiba dan
              random. Anda bisa saja bersih2 fcgi zombie ini pake script/reaper, tapi
              biasanya pihak shared hosting menjalankan scriptnya sendiri untuk bersih2
              fcgi zombie.

              Jadi Rails di shared hosting => Single instance Apache + ratusan/ribuan fcgi
              spawn (960 spawn by default jika saya tidak salah ingat).

              Untuk Java jelas nggak bisa pake mekanisme shared-hosting. Masa
              masing-masing user dikasih akses admin ke Tomcat instance? Ada sih cara
              akal-akalan. Saya pernah hosting applikasi Java (Struts2) di shared hosting
              tapi ribet ngurusi classpath *.jar dan juga nggak bisa "shared" *.jar dg
              menempatkan *.jar di $CATALINA_HOME/lib.
              (Hints: JRuby on Rails membutuhkan JDBC connector ditempatkan di
              $APP_SERVER_HOME/lib).

              Jadinya untuk Java, solusi paling praktis ya pake VPS. You own your own
              Tomcat. I address it as "ono rego ono rupo" application deployment framework
              :d

> [...]
              > untuk ndak pakai JMS (Java Messaging Service) sehingga mau nggak mau
              > harus pakai ThreadPool yg mana dah disediakan oleh Java5 dan sejauh ini

              Err.. memilih antara JMS dan ThreadPool atas dasar apa toh? Dua mainan ini
              jelas barang yang beda.

              Ruby sudah punya padanan ThreadPool, jika itu yang anda maksud. Tapi thread
              di Ruby MRI 1.8 tetep suck karena masih green thread. thread di Ruby 1.9,
              however, akan mudah mengalahkan threading di JVM baik dari sisi kemudahan
              penggunaan dan performa.

              Ok. Untuk performa mungkin masih menunggu Ruby 2.0. You know what I mean
              lah.

              Kalo alternatif JMS di Ruby mah banyak:
              * Tetap pake Messaging dengan ActiveMessaging + Stomp atau memakai
              Message-Driven Beans yang dibungkus JRuby (I did these both).
              * Asynchronous Processing 4 Ruby (ap4r).
              * RailsCron.
              * BackgroundDRb. Seperti DRb (Distributed Ruby, think RMI-IIOP). Bedanya
              BDRb bisa kita schedule di background.

              Saya sendiri menaruh harapan besar di ap4r dan BackgroundDRb.

              Menjalankan Rails dengan backend ActiveMQ + Stomp + EJB3 MDBs seperti
              memiliki darah mudblood. Untuk menjadi pureblood, saya ingin mendepak semua
              MDB pake ap4r nantinya hehe...

              > Kalau di ruby, library buat thread pool nya apa ? atau sudah ada bawaan
              > ruby ? saya pakai ruby 1.8.x bawaan ubuntu 7.04 server kalau lg di
              > windows, saya mengandalkan netbeans di dalamnya dah ada jruby on rails ^^

              Untuk production, saya sarankan pake Ruby 1.8.6 patchlevel 111. Problem
              threading problem sudah lumayan diperbaiki disitu (mongrel udah ga butuh
              fastthread dan multipart_cgi_eof_fix sepertinya optional).

              --
              http://andryshuzain.com

            • Andre Prasetya
              Message 6 of 16 , Jan 3, 2008
                Andry S Huzain wrote:
> [...]
                >
                > Jadi Rails di shared hosting => Single instance Apache + ratusan/ribuan fcgi
                > spawn (960 spawn by default jika saya tidak salah ingat).

                Kl misal mo dipakai untuk online store, tapi berhubung baru mulai khan
                online store ini pemakaiannya masih rendah, nggak langsung booming,
                bahaya nggak kl pake shared hosting ? dan kapan kira2 indikasi mulai
                harus pindah ke VPS ? lalu mana yg lebih baik ? ruby on rails yg ditaruh
                di mongrel atau dijalankan di atas JRuby dalam tomcat kalau untuk
                production.

                > Err.. memilih antara JMS dan ThreadPool atas dasar apa toh? Dua mainan ini
                > jelas barang yang beda.

                Oh itu karena aplikasi yang saya buat dan maintain itu ada acara lempar
                lemparan object antar server, jadi untuk hal ini khan jelas messaging
                tapi karena pas awal design masih belum paham JMS jadi memutuskan untuk
                nggak ikut standard dan bikin messaging sendiri dan tentunya perlu
                threadpool, sedangkan kalau pakai JMS mnrt sahibul hikayat dah nggak
                perlu ngurusin threading lg
              • Andry S Huzain
                Message 7 of 16 , Jan 3, 2008

> [...]
                  >
                  > Kl misal mo dipakai untuk online store, tapi berhubung baru mulai khan
                  > online store ini pemakaiannya masih rendah, nggak langsung booming,

                  Untung "staging" sih gapapa pake shared hosting.
                  Cuma kalo udah urusan dengan transaksi uang, mending cari yang reliable
                  sekalian (VPS).

                  Atau lebih baik lagi, dedicated server dengan beberapa Xen dg masing-masing
                  Xen menjalankan service sendiri (Mysql 1 Xen, mongrel 1 Xen, reverse proxy 1
                  Xen).

                  > dan kapan kira2 indikasi mulai
                  > harus pindah ke VPS ?

                  Pantau selalu fcgi.log. Jika rate restart apache dan spawn fcgi udah ga bisa
                  ditolerir, ya pindah ke VPS.

                  > lalu mana yg lebih baik ? ruby on rails yg ditaruh
                  > di mongrel atau dijalankan di atas JRuby dalam tomcat kalau untuk
                  > production.

                  JRuby on Rails diatas Tomcat pada dasarnya hanya "Yet Another Java Web
                  Application Framework". Keuntungan dan kelemahan deployment RoRWAR mengikuti
                  pola deployment Java web app lainnya.

                  Saya sih stick ke nginx + mongrel_cluster untuk production. Paling susah
                  dikonfigure tapi easily beat-out Apache stacks performance. Hasil benchmark
                  Ezra, dg konfigurasi yang sama, pake nginx 10x lebih cepat dari Apache.

> [...]
                  > nggak ikut standard dan bikin messaging sendiri dan tentunya perlu
                  > threadpool, sedangkan kalau pakai JMS mnrt sahibul hikayat dah nggak

                  Kalo memang kebutuhannya harus messaging, mending port ke JMS aja. Manual
                  pake ThreadPool tentu bisa tapi siapa yang berani kasih delivered-message
                  warranty? Mau manual bikin sinyal2 ACK-nya?

                  --
                  http://andryshuzain.com

                • edpratomo
                  Message 8 of 16 , Jan 12, 2008
                    --- In id-ruby@yahoogroups.com, "Andry S Huzain" <andryshuzain@...> wrote:

> [...]
                    > thread.
                    >
                    > Cuma Ruby interpreter yang ngurusi thread.

                    jangan diulang2 mulu ah, 1.9.0 udah pake native thread :-)

                    rgds,
                    Edwin.
                  • Hendy Irawan
                    Message 9 of 16 , Jan 19, 2008
                      Andry S Huzain wrote:

                      > Kalo memang kebutuhannya harus messaging, mending port ke JMS aja. Manual
                      > pake ThreadPool tentu bisa tapi siapa yang berani kasih delivered-message
                      > warranty? Mau manual bikin sinyal2 ACK-nya?

                      Yup setuju ama mas Andry.

                      Apalagi kan udah ada activemessaging for Ruby/Rails :)

                      --
                      Hendy Irawan
                      www.hendyirawan.com
                      Message 10 of 16 , Apr 30, 2009
                        Dear Rubyist,

                        Saya lihat di website Ruby, versi 1.9 sudah keluar. Namun saat saya coba
                        ikuti link download-nya terlihat putus.

                        Apakah ada yang sudah berhasil update ke ruby 1.9?
                        Atau ada cara lain untuk upgrade Ruby ke 1.9?

                        Thx,

                        mas

                      • Mas Agung Sachli
                        Message 11 of 16 , Apr 30, 2009
                          Sori, ternyata link-nya adalah FTP.
                          OK, sekarang saya sudah berhasil download Ruby 1.9.1. Saya sudah extract
                          zip-nya ke 1 folder khusus.
                          Saat jalankan ruby -v sudah muncul informasi versi yang tepat.
                          Tapi pada saat jalankan gem install ..., muncul error.

                          Saat saya lihat file gem.bat-nya, ternyata ada baris
                          "C:\lan\ruby-1.9.1-preview1\bin\ruby...."

                          Kelihatannya setelah di-extract ada 1 proses lagi yang harus dilakukan ya?

                          Ada yang bisa kasih petunjuk apa yang harus dilakukan setelah extract file
                          installer-nya?

                          Thx,

                          mas

                        • Achmad Gozali
                          Message 12 of 16 , Apr 30, 2009
                            kalo install pake yg binary aja gimana mas agung?
                            satu hal yang bikin saya belum berani upgrade ke 1.9 adalah
                            takut rails nya jadi obsolete, karena katanya tidak seperti merb
                            sintaks rails
                            masih belum 1.9 ready

                            --Gozali

                          • Mas Agung Sachli
                            Message 13 of 16 , Apr 30, 2009
                              Masih belum OK juga.

                              Gpp Mas Gozali. Saya tunggu one-click installer-nya dulu deh :D

                              Benar. Yang saya baca, Rails belum siap untuk 1.9.

                              Thx,

                              mas

                            • Widi Harsojo
                              Message 14 of 16 , Apr 30, 2009
                                Kalau Dev di Windows Saran saya gunakan latest build yang dibuat oleh

                                "Luis Lavena".

                                Saya dah lupa how too nya tapi bisa di coba
                                dengan serch ini:

                                google: "ruby Luis Lavena"

                                dan ini gems di nb saya (Ruby 1.9.1):

                                abstract-1.0.0.gem
                                actionmailer-2.3.2.gem
                                actionpack-2.3.2.gem
                                activerecord-2.2.2.gem
                                activerecord-2.3.2.gem
                                activerecord-odbc-adapter-2.0.gem
                                activeresource-2.3.2.gem
                                activesupport-2.2.2.gem
                                activesupport-2.3.2.gem
                                builder-2.1.2.gem
                                configuration-0.0.5.gem
                                erubis-2.6.4.gem
                                eventmachine-0.12.6.gem
                                fastthread-1.0.7.gem
                                haml-2.0.9.gem
                                heroku-0.8.gem
                                hoe-1.12.2.gem
                                hpricot-0.8.1.gem
                                json-1.1.4.gem
                                l.txt
                                launchy-0.3.3.gem
                                libxml-ruby-1.1.2.gem
                                maruku-0.5.9.gem
                                mbleigh-acts-as-taggable-on-1.0.5.gem
                                memcache-client-1.7.2.gem
                                mislav-will_paginate-2.3.8.gem
                                mysql-2.7.gem
                                newgem-1.3.0.gem
                                nkallen-cache-money-0.2.5.gem
                                nokogiri-1.2.3.gem
                                notahat-machinist-0.3.1.gem
                                passenger-2.2.0.gem
                                polyglot-0.2.5.gem
                                postgres-0.7.9.2008.01.28.gem
                                postgres-pr-0.6.1.gem
                                prawn-0.4.1.gem
                                prawn-layout-0.1.0.gem
                                rack-0.9.1.gem
                                rack-1.0.0.gem
                                radiant-0.7.1.gem
                                rails-2.3.2.gem
                                rake-0.8.4.gem
                                RedCloth-4.1.9.gem
                                rest-client-0.9.2.gem
                                rsim-activerecord-oracle_enhanced-adapter-1.2.0.1.gem
                                rspec-1.2.4.gem
                                rspec-1.2.5.gem
                                rspec-rails-1.2.4.gem
                                rubigen-1.5.2.gem
                                ruby-oci8-2.0.1.gem
                                ruby-plsql-0.3.0.gem
                                rubyforge-1.0.3.gem
                                sequel-2.11.0.gem
                                sequel-2.12.0.gem
                                sinatra-0.9.1.1.gem
                                sqlite3-ruby-1.2.4.gem
                                syntax-1.0.0.gem
                                taps-0.2.15.gem
                                term-ansicolor-1.0.3.gem
                                thor-0.9.9.gem
                                treetop-1.2.5.gem
                                wharsojo-w2tags-0.9.1.gem
                                wharsojo-w2tags-0.9.4.gem

                                On 5/1/09, Mas Agung Sachli <agungsachli@...> wrote:
> [...]
                                >
                                > Gpp Mas Gozali. Saya tunggu one-click installer-nya dulu deh :D
                                >
                                > Benar. Yang saya baca, Rails belum siap untuk 1.9.

                              • Mas Agung Sachli
                                Message 15 of 16 , May 1, 2009
                                  OK, thanks Mas Widi.

                                  Saya coba cari dulu ya.
                                  Jadi Rails 2.3.2 bisa jalan di Ruby 1.9.1 ya?

                                  Thx,

                                  mas

                                  Message 16 of 16 , May 1, 2009
                                    yup dan gem yang perlu di compile pun bisa di install mungkin ada
                                    sedikit tweak atau
                                    sedikit anomali (ex: sqlite) harus di improvisasi pada saat compile di gcc nya..

                                    /wh