Re: [id-ruby] Kontinyu pages

  • pipit haryadi
    Message 1 of 8 , Dec 5, 2007
      aku msh blm ngerti:

      ini datanya:

      1. class MainController < ApplicationController
      def index
      @info_bukus = InfoBuku.paginate(:page => params[:page], :order => "InfoIDBuku ASC")
      end
      end

      2. views/main/index.rhtml:

      <th>Judul</th>
      <% @info_bukus.each do |info_buku| %>
      <% end %>

      <%= will_paginate @info_bukus %>

      3. views/info_bukus/show.rhtml

      <h2><span>BOOK INFORMATIONS</span></h2>
      <h3> InfoIdBuku:<%= h(@info_buku["InfoIDBuku"]) %> </h3>

      Yang saya inginkan data yang no.3 tadi bisa ditampilkan secara continyu "next or previous" tidak usah kembali lagi ke data sebelumnya.
      Apakah gambaran ini agak membingungkan? maaf terlalu detail

      thanks

      Message 2 of 8 , Dec 5, 2007
        maaf saya belum sempat baca seluruh email Anda, baru saya lirik, ini
        hanya ada sedikit saja yang ingin saya komentari.

        On 05/12/2007, pipit haryadi <pipit_h@...> wrote:

        gunakan suffix path untuk view, dan gunakan suffix url untuk
        controller ya. jadi seharusnya info_buku_path(object)

        > maaf terlalu detail

        tidak perlu meminta maaf, justru posting yang beginilah yang baik,
        sehingga mudah diikuti dan dicerna untuk memudahkan tracing si
        penjawab.

        --
        Arie | http://linkedin.com/in/ariekeren | http://profile.to/ariekeren/
        Message 3 of 8 , Dec 5, 2007
          sekarang barusan sudah baca saya :-D

          On 05/12/2007, pipit haryadi <pipit_h@...> wrote:

          > Yang saya inginkan data yang no.3 tadi bisa ditampilkan secara continyu "next or previous" tidak usah kembali lagi ke data sebelumnya.

          saya konfirmasi dulu , jadi yang Anda inginkan adalah 2 hyperlink yang
          memiliki requirement specification sebagai berikut:

          NEXT hyperlink seharusnya akan menampilkan show page untuk profile
          buku selanjutnya berdasarkan pengurutan dari hasil pencarian.

          dan

          PREVIOUS hyperlink seharusnya menampilkan show page untuk profile buku
          sebelumnya berdasarkan pengurutan dari hasil pencarian.

          yang ada di kepala saya (jadi code saya ini 100% belum pernah saya
          test, hanya diluar kepala alias ngayal, harap maklum kalo ngaco)
          adalah di ActionController#show Anda tambahkan 2 assigns ke variabel
          @next_book dan @previous_book.

          itu short talk nya gitu. kalau long version nya bisa diimplementasikan
          bergantung sesuai kebutuhan requirement spec Anda lagi. di contoh saya
          adalah begini saja:

          def show
          @next_book = @..._book
          end

          dari mana kok bisa bisanya saya sudah pasang variabel @book disitu ?
          karena biasanya saya langsung pasang variabel @book di before_filter
          karena variabel tersebut juga digunakan untuk metode edit dan destroy.
          Berikut isi dari callback:

          protected

          def load_book
          @book = Book.find(params[:id])
          rescue ActiveRecord::RecordNotFound
          flash[:error] = 'Book is not found!'
          redirect_to root_url
          end

          sementara di atasnya di bawah class BooksController < ActionController
          itu Anda taroh:

          before_filter :load_book, :only => [ :show, :edit, :update, :destroy ]

          hiyaaat... dari tenggorokan hingga otak saya panas mendidih karna gak
          sabaran dari tadi pingin ke intinya yang akan saya tulis baru di
          paragraf saya dibawah ini!

          untuk metode next_book itu tentu didefinisikan di dalam file model book.rb

          bentuknya boleh jadi begini:

          def next_book
          book = Book.find_by_title_and_isbn_and_publisher(title, isbn,
          publisher, :conditions => [ 'title LIKE ?', '%' + title + '%'], :order
          => 'updated_at DESC')
          book = Book.find_by_title_and_isbn_and_publisher(title, isbn,
          publisher) unless book
          book
          end

          silakan modifikasi lagi ide dari metode next_book diatas sesuai
          requirement spec program yang seharusnya sudah Anda tulis terlebih
          dahulu di file /spec/models/book_spec.rb Anda berikut
          requirement2x-nya apa saja untuk menjadi bukti kuat bahwa algoritma
          yang Anda pakai tidak rontok.

          oops. tambahan: begitu pula dengan metode previous_book kurang lebih
          demikian diatas. you will find it! Semoga Sukses! MERDEKA!

          Message 4 of 8 , Dec 5, 2007
            Thanks berat, akan saya coba rules yang anda sarankan.....moga berhasil...
            I'll ask you next time...ya?

            http://ariekusumaatmaja.wordpress.com |

            Message 5 of 8 , Dec 5, 2007
> [...]

              > Yang saya inginkan data yang no.3 tadi bisa ditampilkan secara continyu "next or previous" tidak usah kembali lagi ke data sebelumnya.

              ada lagi satu guessing yang saya tangkap, Anda menginginkan hyperlink
              BACK TO SEARCH yang seharusnya menampilkan listing books dimulai dari
              halaman yang tadi, bukan dari halaman awal, jika ini yang Anda
              inginkan, berarti ketika user hendak klik SHOW maka Anda simpanlah
              session dan kembalikan lagi si user ini ke session tadi ketika klik
              hyperlink.

              --
              Arie | http://linkedin.com/in/ariekeren | http://profile.to/ariekeren/
              Message 6 of 8 , Dec 5, 2007
                On 05/12/2007, pipit haryadi <pipit_h@...> wrote:

                > Thanks berat, akan saya coba rules yang anda sarankan.....moga berhasil...

                ah... tak apa.....
                # live backsound = siti nurhaliza :">

                > I'll ask you next time...ya?

                don't hesitate to ask when we get stuck. always ask id-ruby guys....
                i'm only one shit of them

                --
                Arie | http://linkedin.com/in/ariekeren | http://profile.to/ariekeren/