Re: [id-ruby] Dynamic selection for drop down list

  • Yudi Soesanto
    Message 1 of 7 , Nov 4, 2007
      Maaf,

      Saya benar2 bingung. Saya baru mengenal ruby and g tau gmana cara
      meliat type source code.

      Yudi

      --
      Yudi Soesanto
      Message 2 of 7 , Nov 5, 2007
        On 11/5/07, Yudi Soesanto <yudi.soesanto@...> wrote:

        > Maaf,
        >
        > Saya benar2 bingung. Saya baru mengenal ruby and g tau gmana cara
        > meliat type source code.

        ini saya beri satu contoh untuk melihat source code library ruby ya, kita ketik

        gem env

        lalu masuklah ke dalam direktori yang telah ditunjukkan tsb, ini bisa
        berbeda-beda di tiaptiap komputer, di komputer saya (Mac OS X 10.5 /
        Leopard) pathnya adalah :

        Last login: Mon Nov 5 16:23:55 on ttys005
        m:~ arie$ gem env gemdir
        /Library/Ruby/Gems
        m:~ arie$ cd /Library/Ruby/Gems/
        m:Gems arie$ ls
        1.8 doc source_cache
        cache gems specifications
        m:Gems arie$ cd gems/
        m:gems arie$ ls
        actionmailer-1.3.5 gem_plugin-0.2.3
        actionpack-1.13.5 mongrel-1.1
        actionwebservice-1.2.5 rails-1.2.5
        activerecord-1.15.5 rake-0.7.3
        activesupport-1.4.4 rmagick-1.15.10
        cgi_multipart_eof_fix-2.5.0 sources-0.0.1
        daemons-1.0.9 sqlite3-ruby-1.2.1
        fastthread-1.0.1
        m:gems arie$ cd mongrel-1.1/
        m:mongrel-1.1 arie$ ls
        CHANGELOG TODO mongrel-public_cert.pem
        COPYING bin mongrel.gemspec
        LICENSE examples setup.rb
        Manifest ext test
        README lib tools
        m:mongrel-1.1 arie$ pwd
        /Library/Ruby/Gems/gems/mongrel-1.1
        m:mongrel-1.1 arie$

        cara cara diatas adalah untuk library ruby yang sudah terinstal di
        komputer kita, adapun untuk source code proyek open source lain kita
        bisa mencarinya sekejap di google atau ada link-link di samping kanan
        blog saya, silahkan di jelajahi semua (yg tentang ruby dan rails),
        biasanya tinggal klik download trus extract dan bacalah source codenya
        dengan editor favorit Anda.

        mis. disini ini :

        http://rubyforge.org/frs/download.php/26100/rfacebook-0.9.7.gem

        sambil baca2 disini:

        http://rubygems.org/read/book/2

        contohnya untuk menggunakan perintah :

        gem help unpack

        selamat berdjoeang!

        oops, come to think of it, kembali lagi ke typo source code, ini saya
        contohkan saya sudah bisa mendapatkan url-url menuju ke typo :

        http://www.google.com.my/search?hl=en&sa=X&oi=spell&resnum=0&ct=result&cd=1&q=tobias+luetke&spell=1

        yup,

        nomor 1, google
        nomor 2, google
        nomor 3, google
        nomor 4, stuck => lapor/teriak ke milis sampe puas dapet jawaban kalo
        belum puas => tanya terus, malu bertanya/cakap sesat di site tak
        jelas.

        dari sana saya bisa coba klik 2 URL (di new tab):

        yakni ke sini: http://blog.leetsoft.com/ ini blognya si tobi / yg mbikin typo

        dan kesini: http://workingwithrails.com/person/4769-tobias-luetke /
        ini juga profile si tobi di WWW / BTW Anda dan semua teman2 disini
        yang menikahi rails juga harus bikin tuh / subscribe ke WWW supaya
        indonesia warnanya gak burem terus.

        nah coba kalo Anda baca itu profile nya si tobi pasti ngeliat ada typo
        disana nah klik itu

        http://typo.leetsoft.com/

        nah ok, ini buat Anda aja ya, yang lain2 terutama hendy =)) kalo ada
        apa apa kek gini doang gak boleh / harus cari sendiri atau kalo stuck
        langsung telpon ke luar negri ! kaburrrrr + ngorok

        --
        Arie | http://linkedin.com/in/ariekeren
        rspec core guys have to make and_returns with s so that it'll be more