ruby untuk desktop-app

  • Budiman Angir
    Message 1 of 4 , Nov 11, 2005
      hi guysss ....

      ada stand-alone-desktop-app yg dibuat pakai ruby ? misalnya mail-client,
      db-browser, dsb.
      bisa berikan url ?
      atau ada yg berpengalaman membuat desktop-app pakai ruby ?

      memang ruby katanya paling pas pakai tk, tapi saya lihat ada pilihan
      pakai gtk atau fox-gui. lalu saya browsing ... fox kelihatannya bagus juga.
      kalau ada yg pernah pakai fox-gui, tolong comment nya.

      bye
      dari dulu tahu ruby, tapi ya itu tadi "cuman tahu saja" :)
    • Steven Haryanto
      Message 2 of 4 , Nov 12, 2005
        Budiman Angir wrote:
> [...]
        > pakai gtk atau fox-gui. lalu saya browsing ... fox kelihatannya bagus juga.
        > kalau ada yg pernah pakai fox-gui, tolong comment nya.

        ada juga qtruby dan wxruby. bisa juga pake toolkit java (swing dsb) via
        jruby. sejauh ini belum pernah bikin maupun pake ruby desktop apps.
        mungkin nanti kalo ruby dah punya os threads, bakal lebih booming bikin
        desktop apps pake ruby.

        --
        Steven Haryanto | PT. Master Web Network (MWN)
        http://people.masterwebnet.com/steven | Ged Cyber Lt9, Kuningan Barat 8
        Message 3 of 4 , Nov 12, 2005
          Steven Haryanto wrote:

> [...]
          > jruby. sejauh ini belum pernah bikin maupun pake ruby desktop apps.
          > mungkin nanti kalo ruby dah punya os threads, bakal lebih booming bikin

          "os-threads" ... itu apa gunanya ? apa cuman untuk "desktop-app" ? apa
          beda dengan "threads" dalam programming biasa ?

          bye
        • Steven Haryanto
          Message 4 of 4 , Nov 12, 2005
            Budiman Angir wrote:
            > "os-threads" ... itu apa gunanya ? apa cuman untuk "desktop-app" ? apa
            > beda dengan "threads" dalam programming biasa ?

            os threads (utk multitasking, thread itu seperti proses yg berjalan
            konkuren/paralel) mempermudah pembuatan GUI apps, yang berbasis event.
            tanpa os thread juga bisa sih (buktinya wxruby didevelop terus), tapi
            agak repot kalo berinteraksi dg OS (system calls) karena akan blocking,
            gak bisa konkuren. misalnya kita membuat message box utk progress bar
            selama mengkopi/mendownload file/menunggu sesuatu dari os, dengan os
            thread akan lebih mudah. ruby 1.8 saat ini gak punya os thread, hanya
            green thread.