pendatang baru dari jogja

  • Muhammad
    Message 1 of 12 , Oct 14, 2005
      Salam untuk semua, saya pendatang baru di milis ini. ucapan terima
      kasih saya sampaikan khusus untuk steven haryanto melalui bukunya
      "PHP: KUMPULAN RESEP PEMROGRAMAN" di profil yg tertulis di cover buku
      tsb saya menjadi penasaran dan muncul banyak pertanyaan di benak saya
      "APA ITU RUBY?" dan hasil dari explorasi sana-sini, saya mencoba
      mempelajari ruby and finally saya tertarik untuk mendalami ruby
      disamping open-source juga karena saya merasa ruby sangat "bersih"
      dibanding dengan c++,dkk.
      Tapi sangat di sayangkan sekali di Indonesia masih sangat jarang
      sekali yang tahu tentang "keberadaan" ruby :)
      Harapan saya semoga milis ini dapat memperkenalkan ruby kepada
      "rakyat" Indonesia :)
      Amin...

      Once again.. "RUBY IS BEAUTIFUL!!"

      WSalam
      Ps: Anyway, kenapa sitenya (http://www.ruby-lang.or.id) belum exist??
    • gnome_g
      Message 2 of 12 , Oct 14, 2005
        --- In id-ruby@yahoogroups.com, "Muhammad" <el_marsheil@y...> wrote:

        > Salam untuk semua, saya pendatang baru di milis ini. ucapan terima

        Salam juga dari nome di #ruby-lang.

        YS.
      • Muhammad
        Message 3 of 12 , Oct 14, 2005
          Wah mas nome ternyata udah join thoo... good lah, smoga bisa membantu
          membangun semangat "anak bangsa" dalam ber-Ruby ria :)

          --- In id-ruby@yahoogroups.com, "gnome_g" <id-ruby@m...> wrote:

          > Salam juga dari nome di #ruby-lang.
          >
          > YS.

        • Muhammad Rashid Babsel
          Message 4 of 12 , Oct 15, 2005
            1.
            Saya telah mencoba menjalankan script berikut:
            while gets
            if /Ruby/
            print
            elsif /end/
            break
            end
            end

            tapi setelah di eksekusi program itu jalan sesuai
            dengan yg diharapkan tapi ada "warning message" sbb:

            gets.rb:4: warning: regex literal in condition
            gets.rb:2: warning: regex literal in condition

            apa yg salah dengan script tsb?? anehnya kenapa juga
            jalan.

            2.
            apa sebenarnya fungsi dari '|i|' ????

            3.
            di java saat program di eksekusi maka Main method yg
            pertama kali di panggil, lalu bagaimana dengan ruby ??
            apakah method Initialize kah yg pertama kali di
            panggil ????

            __________________________________
            Start your day with Yahoo! - Make it your home page!
            http://www.yahoo.com/r/hs
          • Steven Haryanto
            Message 5 of 12 , Oct 18, 2005
              Muhammad Rashid Babsel wrote:
> [...]
              >
              > gets.rb:4: warning: regex literal in condition
              > gets.rb:2: warning: regex literal in condition
              >
              > apa yg salah dengan script tsb?? anehnya kenapa juga

              idealnya:

              if $_ =~ /Ruby/
              elsif $_ =~ /end/

              jalan karena ruby mengikuti fitur yang ditawarkan perl. tapi bisa saja
              di kemudian hari fitur ini dihilangkan/dideprecate.

              > 2.
              > apa sebenarnya fungsi dari '|i|' ????

              apaan tuh? modifier regex i (case insensitive)? parameter block? atau apa?

> [...]
              > pertama kali di panggil, lalu bagaimana dengan ruby ??
              > apakah method Initialize kah yg pertama kali di

              di ruby, program dieksekusi dari atas ke bawah :) bandingkan antara:

              def foo; puts "Foo!" end
              foo

              dan

              foo
              def foo; puts "Foo!" end

              --
              Steven Haryanto | PT. Master Web Network (MWN)
              http://people.masterwebnet.com/steven | Ged Cyber Lt9, Kuningan Barat 8
              Message 6 of 12 , Oct 18, 2005
                Muhammad wrote:
                > Ps: Anyway, kenapa sitenya (http://www.ruby-lang.or.id) belum exist??

                waktu itu gw iseng daftar & beli. dan gw pake steven@....
                trus sempet bikin 1 webpage isinya hanya link aja ke milis ini dan ke
                ruby-lang.org. tapi trus sempet dianggap belon bayar ama IDNIC/APJII.
                trus akhirnya sekarang gak pernah gw pake lagi. pake *.id riskan ah...
                hehehe.

                Message 7 of 12 , Oct 19, 2005
                  siiip....thx respondnya :)
                  untuk no.2 |i| maksudnya block variable.

                  http://mail.yahoo.com
                • Muhammad Rashid Babsel
                  Message 8 of 12 , Oct 19, 2005
                    wah sayang skali, yah mungkin saat ini kurang di
                    perlukan karena "penggemar" ruby di Indonesia masih
                    kurang :) and g begitu "booming" di sini.

                    http://mail.yahoo.com
                  • Steven Haryanto
                    Message 9 of 12 , Oct 19, 2005
                      Muhammad Rashid Babsel wrote:
                      > wah sayang skali, yah mungkin saat ini kurang di
                      > perlukan karena "penggemar" ruby di Indonesia masih
                      > kurang :) and g begitu "booming" di sini.

                      yah, indo hanya mengikuti tren dunia saja kok. dulu juga di seantero
                      dunia ruby gak gitu terkenal, orang mainnya banyak php aja. tapi taun
                      ini ruby amat naik daun, terutama karena rails. siapa tau ntar menyaingi
                      java/php/.net/dsb dan akan banyak demand juga di indo.

                      Message 10 of 12 , Oct 22, 2005
                        Teman2 ada yang bisa bantu saya dimana mendapatkan
                        contoh2 program yang telah di buat dengan ruby yang
                        mungkin cocok untuk proses pembelajaran bagi pemula??
                        atau barangkali ada yang punya dan berminat mengirim
                        :) langsung aja ke : el_marsheil@...
                        terima kasih...

                        __________________________________
                        Yahoo! FareChase: Search multiple travel sites in one click.
                        http://farechase.yahoo.com
                      • novriko
                        Message 11 of 12 , Oct 23, 2005
                          ada program design yang namanya Sketch-Up. Program ini justru sudah jadi
                          pegangan utama arsitek-arsitek di jakarta untuk presentasi. Cari aja di
                          ambasador mall.
                          Bahkan dia menyediakan khusus Ruby Console dimenu utamanya.

                          rgrds,
                          rico

                          Message 12 of 12 , Oct 23, 2005
> [...]
                            > mungkin cocok untuk proses pembelajaran bagi pemula??
                            > atau barangkali ada yang punya dan berminat mengirim

                            buku "ruby way" amat banyak dengan contoh program kecil2 yang praktis tuh.

                            kalo yang rada2 advanced, yang bagus utk dilihat2 itu adalah source code
                            dari core & standard libraries ruby (intip deh /usr/lib/ruby/1.x/ atau
                            c:\ruby\lib\ anda).