Re: vmware

  • Hendy Irawan
    Message 1 of 3 , Sep 1, 2007
      suheimi wrote:
      > Hendy,
      > Sewaktu di Detos, aku pernah nanya soal setup VMWare Server. Bgmn
      > caranya spy Linux (saya pake Linux Mint - sama dg Ubuntu), bisa akses
      > MyDocument nya windows.
      > Ok, ini yg kukerjakan:
      > 1. lepaskan dulu koneksi internet spy gak bingung
      > 2. Start vmware - windows XP - setup jaringan - saya set IP =
      > 192.168.0.249, sedangkan Linux 192.168.0.201
      > 3. Buat MyDocuments nya windows sharing dg klik kanan
      > 4. Lalu saya ke linux, buka folder, connect to server, ketik
      > 192.168.0.249 (pake gnome), gak muncul tuh.
      kalo saya sih sebaliknya, buka samba di linux, konek dari
      Windows(VMware) dengan cara \\192.168.x.x (IP linux host)

      Tapi untuk itu, caranya betul maybe except point #4. Kalo di KDE saya
      biasanya ketik: smb://192.168.x.x (IP windows guest). biasanya bakal
      langsung muncul user/pass authentication. now you're in.

      Untuk point #2 IP harus sesuai dengan yang dikasih oleh VMWare...
      biasanya settingan default itu pake NAT ato host-only. Jadi di Windows
      pake DHCP/automatic aja.

      Cara ngetesnya yaitu :
      ping 192.168.x.x (IP windows)
      dan sebaliknya dari Windows:
      ping 192.168.x.x (IP linux)

      ping sendiri harus bisa jalan, kalo belum bisa, benerin dulu konfigurasi
      TCP/IP nya
      kalo udah bisa, baru melangkah ke Samba

      > Pertanyaan:
      > 1. apakah harus pake samba? ntfs-3g? Note: vmware saya install di
      > partisi yg sama dg linux
      > 2. command nya apa? pake midnite commander bisa gak? ssh? ftp?
      >
      > Thanks lho Hendy,
      > suheimi@...

      Samba biasanya memang harus ada... Tapi kalo gak salah sudah ada
      built-in ini kalo emang access-nya via GUI.

      Kalo via non-GUI, coba Anda install dulu samba clients (smbclient) dkk.
      Kalo di Ubuntu : sudo aptitude install smbclient

      trus cobanya:

      smbclient -L //192.168.x.x/ (IP windows)

      Sebelum Anda ngetes dengan VMware, pastikan Anda tes dulu dengan WIndows
      lain yang sudah running tanpa VMware... kalo bisa berarti VMware-nya
      yang bermasalah. Kalo nggak bisa berarti konfig samba client di linux
      yang agak aneh...

      Pastikan firewall di-disable di Windowsnya :)

      Saya forward ke milis siapa tau ada yang tertarik

      (mungkin nanti dimasukin ke Wiki juga, amiiin)

      --
      Hendy Irawan
      www.hendyirawan.com
      Message 2 of 3 , Sep 1, 2007
        Hendy Irawan wrote:
        > Saya forward ke milis siapa tau ada yang tertarik

        Tentu aja ini menarik buat teman2x tertentu (especially id-ruby lurker ;-) )

        Tapi tolong lain kali kalau post selain topik ruby banget, jangan lupa pasang tag
        OOT di subjeknya, supaya yang gak tertarik bisa langsung delete atau langsung
        filter hapus email yang punya subjek tag OOT tersebut. Ini juga berlaku kalau ada
        posting JOBS atau Lowongan.

        Trus mumpung ingat, buat yg suka reply reply makasih banget utk saling berbaginya,
        cuma pingin mengingatkan, biasakan hapus bagian yang kurang penting (yg dari
        thread direply awalnya) supaya enak bacanya / gak bertumpuk2x, termasuk ada komen
        maupun signature.

        > (mungkin nanti dimasukin ke Wiki juga, amiiin)

        Great! I'm looking forward to many implementations u want on our wiki from id-ruby.

        --
        id-ruby:~ arie$ irb-19
        irb(main):001:0> {name:'arie',
        Message 3 of 3 , Sep 1, 2007
          Arie Kusuma Atmaja wrote:

> [...]
          > thread direply awalnya) supaya enak bacanya / gak bertumpuk2x, termasuk ada komen

          Oke bosssss :)

          > Great! I'm looking forward to many implementations u want on our wiki from id-ruby.

          Yup... Sebenarnya ada perkembangan koq meski 'behind the scenes'..

          Yang paling "gw suka" tuh sebenarnya kalo ada orang tiba2 nongol di YM
          trus nanya sesuai, biasanya akhirnya gw langsung nulis artikel
          bersangkutan di Wiki, trus di YM langsung gw kasih URL ke artikel yang
          baru ditulis , hehehe :)

          Jadi "ilmunya" (cieee sok banget yah, gw gak berilmu lg) tidak hanya
          private antar YM, tapi juga "Insya Allah" berguna bagi yang laen yang
          kebetulan search di google atau lain kali kalo ada yang nanya gw tinggal
          paste URL... hahahah... dasar orang males :P

          So thanks bgt buat Marcel, Oka, Topik, dll. yang sudah nanya via YM yang
          akhirnya jawabannya bisa dimuat di Wiki. :-)

          --
          Hendy Irawan
          www.hendyirawan.com