Re: [id-ruby] Screencast: Instalasi Rails

  • Hendy Irawan
    Message 1 of 6 , Aug 31, 2007
      Arie Kusuma Atmaja wrote:

      > cool :-D
      >
      > mukodimah: selamat pagi teman-teman ....
      > mustinya penutupnya: selamat berpisah teman-teman ... berpelukaan .... tinni winni
      > kikki.

      Hehehe... pinginnya sih... tapi belum ada *model* yang bisa dipeluk sbg
      ilustrasi :P
      > kita perlu feedback dari yang betul-betul sedang belajar rails pakai windows tuh
      > hen, mana nih?? ada yang dapat error?

      Ya... itu sebenarnya errornya pas rails info itu "tidak disengaja". Baru
      tau kalo Rails tanpa database itu bakalan error (ndeso). jadi yah
      "terpaksa" harus nginstall MySQL di screencast terpisah. (nginstall
      SQLite proves to be too difficult on WIndows)
      > kalo feedback dari gw ya bagus-bagus aja lah. tapi itu pas gem_server mustinya
      > ngebros ke rdoc nya rails, bukan ke AR.

      iya yah... hihihi... gw mikirnya harusnya dikasih "waterwark" link ke
      "somewhere" (ruby-lang.org/id/ ? terlalu official?) jadi orang2 yang
      "tertarik" dengan screencast tersebut (tanpa tau dapetnya dari mana)
      bisa visit ke situs tsb untuk info lebih lanjut
      > request: tambahin movie + song jadi backsound biar seru, oh sama kalo hendy manyun
      > gara-gara lama-lama mulu' pas nginstal gem nya caranya biar gem install
      > rubygem.gem --local --no-rdoc --no-ri (--local itu opsional, secara default pasti
      > rubygem cari lokal dulu baru kalo gak ada ke remote). atau boleh aja nggak usah
      > pakai opsi panjang2x ntar takut sama newbie dikira sulit-sulit lagi rubynya,
      > triknya hendy nyaringin lagu+movie nya aha'! aha'! aye! aye!

      ya itu bagus bgt sih... di screencast ke-2 ini aja sebenernya nyuplik 2
      lagu dari sebuah anime tertentu.. tapi dibuat se-subtle mungkin karena
      itu kan
      pelanggaran hak cipta? so it's a dillemma.

      (on this note, sebagian besar VCD Harun Yahya / Adnan Oktar yang marak
      dipublish di indonesia itu, itu materinya diambil dari copyrighted
      material tanpa izin.... Ripley's Believe It or not, buka saja wikipedia)
      > BTW daripada satu-satu ala adit ini sebetulnya dulu pernah si andry kasih tips ke
      > milis ini yang langsung dan menurut andry itu sudah sukses. gimana hen?

      Eh gimana tips nya?
      > oh iya buat yohanes dulu pernah saran soal jangan "hmmm", "ngngngng", dan gangguan
      > suara segala macam sebetulnya sangat sulit untuk sekaligus bicara sekaligus juga
      > tangan kita pencet2 (coding)

      Yup justru itu harus sering2 latihan biar cepet masuk Trans7 :-P

      Di situ emang sudah diedit terpisah.. Screencast sendiri dan narasi
      sendiri, tapi tetep aja payah ya? Ternyata showbiz tidak segampang yang
      gw bayangin :P

      --
      Hendy Irawan
      www.hendyirawan.com
      Message 2 of 6 , Sep 1, 2007
        Hendy Irawan wrote:
        > [...] errornya pas rails info [...]

        Bagus itu, just like u said, errornya diliatkan aja ... biar keliatan aslinya
        (bukan tipu muslihat, tinggal kurang bunyi ini aja : "oops").

        > [...] gw mikirnya harusnya dikasih "waterwark" link ke
        > "somewhere" (ruby-lang.org/id/ ? terlalu official?) [...]

        Maksud gw link itu adalah link ke rails rdoc saat lo gem_server di localhost:8808
        bukan ke ActiveRecord seperti di screencast lo itu hen, gitu lho maksud gw.

        Anyway, kalau linknya mau ditaroh di situs ya jangan yang di situs resmi itu
        official banget, lo tarohnya bisa di blog lo aja ato boleh aja kan di
        http://ruby-id.web.id itu, sekalian aja ini sih IMO lebih bagus ketimbang cara
        tradisional nulis artikel yg kurang jelas/interaktif (as u thought so when we
        talked in a cab).

        > [...] kan pelanggaran hak cipta? so it's a dillemma.

        ya, mustinya kalau mau aman jangan sampai u're in trouble soal copyright, lebih
        bagus kalo bikin sendiri, kalo ada member id-ruby atau temen2 siapa aja yang biasa
        akapela / suaranya bagus trus bisa kreatif mainin macam2x alat musik nah
        kesempatan tuh buat diberdayakan. ;-)

        > Eh gimana tips nya?

        Haduh, lain kali cari sendiri di arsip ya :-((
        punya tangan sendiri kan :-P masak gw yg carikan... pegal2x lagi tangan gw..

        solusi andry:

        solusi adit:

        sori itu paragrafnya rupanya unfinished, dan telah difinishkan oleh ybs.

        IMO sudah bagus kok hen, gak payah.

        --
        id-ruby:~ arie$ irb-19
        irb(main):001:0> {name:'arie',
        Message 3 of 6 , Sep 1, 2007
          Arie Kusuma Atmaja wrote:

          > Bagus itu, just like u said, errornya diliatkan aja ... biar keliatan aslinya
          > (bukan tipu muslihat, tinggal kurang bunyi ini aja : "oops").

          Yah betul... untuk itu emang banyak boongnya sich :P Takutnya kalo
          terlalu banyak "oops" yang pusing duluan kenapa errornya, nanti
          memberikan kesan "ya ampun, Ruby/Rails susah banget ya, instrukturnya
          aja salah2, apalagi yang 'newbie'..." :P

          > Maksud gw link itu adalah link ke rails rdoc saat lo gem_server di localhost:8808
          > bukan ke ActiveRecord seperti di screencast lo itu hen, gitu lho maksud gw.

          ya... setuju, ya itu juga maksudku. harusnya masuk ke 'rails' lho koq
          nggak ada dokumentasinya :P
> [...]
          > tradisional nulis artikel yg kurang jelas/interaktif (as u thought so when we

          yeah... susahnya screencast agak susah "direvisi". sebenernya bisa sih.
          tapi mungkin jadi kurang kohesif. beda ama teks yang bisa diedit
          seenaknya. but we'll improve on this.

          kan gw cita2 jadi movie director :D (sejak 3 tahun yg lalu, pas masih
          kuliah)

> [...]
          > akapela / suaranya bagus trus bisa kreatif mainin macam2x alat musik nah

          heueheheh... moneynya ? :P

          > Haduh, lain kali cari sendiri di arsip ya :-((
          > punya tangan sendiri kan :-P masak gw yg carikan... pegal2x lagi tangan gw..
          >
          > solusi andry:
          >
          > solusi adit:

          Thanks: Masuk ke
          http://wiki.ruby-id.web.id/wiki/Instalasi_framework_Ruby_on_Rails
          buat dirapiin lain hari (kalo sempet, hueheh). Tapi udah dicredit koq.

          Thanks :-D

          --
          Hendy Irawan
          www.hendyirawan.com
          Message 4 of 6 , Sep 1, 2007
            Hendy Irawan wrote:

> [...]
            > memberikan kesan "ya ampun, Ruby/Rails susah banget ya, instrukturnya
            > aja salah2, apalagi yang 'newbie'..." :P

            Nahaha kalo itu sih newbie ruby yang shock culture sama kultur rubyist yang biasa
            casual aja. Lebih baik merendah-hati tetapi bisa (sst, ini prinsip ruby ninja
            codename 512), daripada ngaku-ngaku bisa tetapi kenyataannya nggak bisa apa-apa.

            > ya... setuju, ya itu juga maksudku. harusnya masuk ke 'rails' lho koq
            > nggak ada dokumentasinya :P

            BANG! Gotcha! That's what I want to shoot u from the very first I saw your
            screencast, my man ;-)

            So, what's your solution so that it'll come up when someone's accessing
            http://localhost:8808/doc_root/rails-1.2.2/rdoc/index.html

            ?

            mck halah! kenapa gw jadi keterusan ngomong inggris gini hen :-/

            > heueheheh... moneynya ? :P

            There are many things which are so much nicer than money. Anyway, if anyone
            reading this might be interested in doing "artistic things" feel free to contact
            me or hendy.