rails 0.13 / terbaru

    Message 1 of 7 , Jul 4, 2005
      sharing dong kalo disini ada yg uda pasang rails 0.13 di kompienya. Gw
      kalo ngandelin gem 0.8.10 tetep mentok di rails 0.12.1 nih.. janjinya si
      kmaren or hari ini, tapi pagi tadi gw cek rails0.13 masi belom nongol
      tuh. pa' boy, u got something to say? *your sweet mac's using gem as
      mine eh?*

      BTW yg ga pake gem yg nge-repo ke sid kaya mas steve/obot or yg pake
      ubuntu (gento?) kaya pa' ronny ga pake gem jg kan ya? berarti bener2
      ngandelin sid dong ya?

      *pa' ronny ga suka reply imel saya ya? jadi tambah grogi :-[ *

      --
      Salam hangat,
      <%= Arie %> | http://blog.riyari.com | Y!: riyari3

      # Even if you can't see something
      # it doesn't mean it doesn't exist
      #
      # Gorgon
    • boy avianto
      Message 2 of 7 , Jul 4, 2005
        On 05/07/05, Arie Kusuma Atmaja <ariekusumaatmaja@...> wrote:
> [...]
        > kmaren or hari ini, tapi pagi tadi gw cek rails0.13 masi belom nongol
        > tuh. pa' boy, u got something to say? *your sweet mac's using gem as

        belum ada perubahan. (yup, pake gem 0.8.10).
        terakhir ngecek masih rails-0.12.1.1677 (yang masih bermasalah di
        scaffold.rb - lupa patchnya no. berapa tapi ini sempat bikin 2 jam-an
        melototin monitor).

        Itu juga install beta karena render(:partial) belum diimplementasikan
        di 0.12.1 (masih pakai render_partial, padahal di buku Agile semuanya
        pakai render(:partial)...

        --
        <avianto /> - http://avianto.com/
      • novriko
        Message 3 of 7 , Jul 6, 2005
          guys, mau nanya nih...
          gue tertarik banget buat belajar Ruby.
          tapi berhubung gue orang awam, gue gak tau harus mulai dari mana.

          pengetahuan scripting gue pas-pasan, karena profesi gue bukan programmer.
          tapi gue pernah belajar dikit-dikit html, php, MEL, Java.

          temen gue nyaranin gue buat terjun ke Delphi, karena dia tidak tertarik
          dengan program baru.
          naaaahh, di bagian sini yang gue masih selisih pendapat dengan temen gue,
          tapi gue sendiri masih gak yakin:

          apakah Ruby bisa buat database?
          apakah Ruby bisa stabil untuk data jutaan input?
          seberapa cepat Ruby memproses database?
          Apakah harus bikin program2 tersendiri di tiap client computer?
          ataukah hanya di server saja, tapi bisa lewat IE/Mozilla?
          Apakah Ruby punya program2 pembuat, seperti Borland-nya Delphi.

          thx, buat this dummy question, men...

          -rico-
        • Steven Haryanto
          Message 4 of 7 , Jul 6, 2005
            novriko wrote:
> [...]
            > ataukah hanya di server saja, tapi bisa lewat IE/Mozilla?
            > Apakah Ruby punya program2 pembuat, seperti Borland-nya Delphi.

            ruby dan delphi sebetulnya sebagian targetnya berbeda, jadi gak bisa
            dibilang 1 menjadi pengganti yang lain. ruby sampai saat ini tidak punya
            IDE yang setara dengan VS.NET/delphi, tapi itu barangkali karena nature
            ruby juga yang terlalu dinamik dan tidak terlalu mutlak butuh IDE...

            mengenai pertanyaan anda, ya ruby bisa "buat database" (maksudnya, bisa
            berinteraksi dengan database mulai dari mysql s.d. oracle), ya ruby bisa
            saja dibuat "stabil utk data jutaan input" (walaupun ini lebih
            bergantung sama database server dan desain database anda, bukan pada
            ruby-nya), utk kecepatan proses lebih bergantung (yang menjadi
            bottleneck biasanya) pada database servernya. ruby bisa dipakai utk
            bikin web-app atau desktop-app (mis pakai Qt, gtk, wxwidgets, dsb).

            jadi saran saya, pelajari saja keduanya dan gunakan tool yang cocok
            untuk masalah yang dihadapi...

            --
            Steven Haryanto | PT. Master Web Network (MWN)
            http://people.masterwebnet.com/steven | Ged Cyber Lt9, Kuningan Barat 8

            http://egroups.com/group/id-regex http://egroups.com/group/id-perl
            http://egroups.com/group/id-mysql http://egroups.com/group/id-python
            http://egroups.com/group/id-ruby http://egroups.com/group/id-postgresql
            http://egroups.com/group/id-php http://egroups.com/group/diskusihosting
          • Budiman Angir
            Message 5 of 7 , Jul 6, 2005
              novriko wrote:
> [...]
              > ataukah hanya di server saja, tapi bisa lewat IE/Mozilla?
              > Apakah Ruby punya program2 pembuat, seperti Borland-nya Delphi.

              ruby bisa pakai untuk database -> bisa dong :) pertanyaan selanjutnya
              dbservernya apa ?

              ruby stabil untuk jutaan input ? -> lho kan ntar inputnya ditaruh di
              database ... jadi biar sebuah input atau sejuta input ngak pengaruh buat
              ruby, melainkan dbservernya mampu ngak ?

              seberapa cepat ? -> ruby adalah interpreter .... teorinya interpreter
              lebih lambat darpada yg dicompile. tetapi sekali lagi kalau anda pakai
              Pentium4 dan prosesnya hanya perhitungan 1+1 .... boleh dikatakan tidak
              ada perbedaan yg signifikan. tetapi kalau anda melakukan perhitangan
              dengan floating number .... apalagi dilakukan secara rekursif ...
              pemenangnya sudah jelas :).

              harus dibikin tersendiri tiap client ? -> ngak seberapa ngerti
              pertanyaanya. pekiraan saya, mungkin anda mau compare ruby dengan php.
              php kan sekali buat, taruh di server .... clientnya cuman tinggal akses
              dengan browser. .... dalam hal ini saya kurang tahu ... apakah ruby bisa
              ? perkiraan saya "ngak bisa".

              IDE buat ruby ? .... ngak tahu ya :) ... saya pakai text editor yg masih
              primitif :). kalau di window pakai ultraedit.

              IMHO .... Kalo dilihat dari kondisi diatas ... kayaknya saya harus
              mendukung teman anda :) .... semua yg anda tuntut diatas bisa diatasi
              dengan sangat mudah :). Kalau mau tahu tentang delphi silahkan japri
              atau lewat milis delphi saja.

              bye
              Message 6 of 7 , Jul 6, 2005
                novriko wrote:
                > gue tertarik banget buat belajar Ruby.
                > tapi berhubung gue orang awam, gue gak tau harus mulai dari mana.
                Mulai Baca Buku Gratis Programming Ruby (sering disebut Pickaxe) by Dave
                Thomas dan banyak tutorial2/milis ruby-talk (generally).
> [...]
                > dengan program baru.
                > naaaahh, di bagian sini yang gue masih selisih pendapat dengan temen gue,
                kalo masi ragu utk mnetapkan pilihan hati pada programing lang tertentu,
                saran saya pelajari aja semua program2 yg bikin anda penasaran/senang.
                Nanti dari sight-seeing banyak nyoba-nyobain program tsb biasanya akan
                ada 1 bahasa yang paling disuka, nah, perdalami aja yg 1 bahasa itu.
                catatan ttg ruby: kalau ada bahasa yg super produktif seperti ruby,
                kenapa masih men-cari2 program lain??
                > apakah Ruby bisa buat database?
                bisa
                > apakah Ruby bisa stabil untuk data jutaan input?
                > seberapa cepat Ruby memproses database?
                ini faktor databasenya dan desain db yg anda bikin. jadi bukan ruby-nya.
                > Apakah harus bikin program2 tersendiri di tiap client computer?
                > ataukah hanya di server saja, tapi bisa lewat IE/Mozilla?
                kalau maksudnya web programming, berarti taroh programnya di server aja,
                nanti otomatis client2 bisa ngakses. yg lagi populer skrg
                http://www.rubyonrails.com
                > Apakah Ruby punya program2 pembuat, seperti Borland-nya Delphi.
                http://ruby-lang.org/en/
                Contoh-contoh program besar yg dibuat dg ruby bisa dilihat
                http://raa.ruby-lang.org
                > thx, buat this dummy question, men...
                *malu bertanya sesat di jalan*
                tolong jangan hijack thread, caranya compose new mail, bukan reply email
                lalu ganti subjek.

                Message 7 of 7 , Jul 6, 2005
                  Budiman Angir wrote:
                  > IDE buat ruby ? .... ngak tahu ya :) ... saya pakai text editor yg masih
                  > primitif :). kalau di window pakai ultraedit.
                  RIDE (Ruby IDE) sudah terinstall if your platform's window$ && ruby one
                  click installer

                  dan FYI "Delphi dg bhs Ruby" == Apollo. googling for more

                  *pasukan penolak lanjutan hijack thread - majuut jalan* (!)