Re: [id-ruby] Agile Web Development with Rails + Platform?

    Message 1 of 2 , Jun 30, 2005
      boy avianto wrote:

      >Eh, disini boleh ngomongin Rails kan?

      ya boleh dong :)
      justru saling belajar rails gini yg gw tunggu2 di id-ruby ini.

      >Barusan dapet "bonus" dari klien:

      enak dong .. jadi ngiri nih :-P
      gw dulu pas kabar pertama masi hot _langsung_ datengin blog nya Pak
      Dave, trus tangan uda gatel pengen order yg Combo sekalian, tapi krn ga
      punya CC, bah sampe ngerayu2 mas steve (waktu itu dia lagi di Swiss
      ternyata diam-diam) tapi mungkin ga bisa aja (lagian kasian dia ah
      dirantau di negri orang :-* ), trus gw usahain bikin CC, tapi kepetok
      urusan ribet sama HSBC yg _brengsek_ di Cabang Semarang sini, trus gw
      coba pake CC teman tapi nggak berhasil, jadi uang yg uda gw ambil dari
      ATM buat dia dikembalikan lagi, untung ada teman baik yg uda gw anggap
      kakak sendiri di JKT yg mau ngebantu pake Citibank dia, so walaupun itu
      sekitar 2-3 minggu-an setlh gw dapet berita & gatel beli, tapi gpp
      akhirnya bisa juga dapet tu buku. Sekarang uda dapet yg Beta Versi 3 nya
      malah. Jadi butuh perjuangan lama juga gw dapetin tu buku walau pake
      duit sendiri.

      >http://www.pragmaticprogrammer.com/titles/rails/
      >
      >Bagus dan penyampaiannya simple. Platform yang dipakai untuk contoh
      >Mac OS X, jadi sekalian mau nanya, rata-rata di milis ini platform
      >developmentnya pakai apa ya? Saya sendiri pakai Mac OS X. (Mudah2an
      >ini belum pernah ditanya sebelumnya)

      gw orangnya suka utak-atik (nyoba2 hal2 baru) & koleksi Linux maupun OS
      lain (asal hardware nya ada kaya Mac jg, sayang masi belom pnya duit utk
      beli kompie mac/buat dijadi in korban eksperimen jadi belum bisa coba
      mainan Mac OS X).

      platform yg _paling_ sering gw pake _Debian_
      Tapi kalo haus/laper sambil nonton tv tuner sama sambil nyatet yg nyaman
      di M$ Word2003 sekalian summarize buku agile itu, gw jadi main di _Windows_

      O iya sekadar berbagi, gw udah nyoba-nyoba mainin rails di berbagai
      distro dan nyaman semuanya. gw udah coba di Mandriva, Suse9.3, RHEL 4
      AS, semuanya itu asli ruby bawaan dari distro trus pake gem install
      rails gitu deh (kaya yg diterangin di buku agile itu). Lalu utk Debian
      (distro yg paling nyaman 8-) krn gw pake ini :-P ) kalo kita nge-repo
      ke sid tinggal apt-get install rails, tapi kalo bukan sid (ngandelin CD
      yg gw beli), gw pake gem. Lalu utk Slackware10.1, gw jg uda nyobain dg
      instal dari source ruby-nya trus jg pake' rails disitu.

      >Maunya sih dibagi-bagi disini bukunya, tapi di pdf filenya ada tulisan
      >"Prepared exclusively for Boy Avianto" di tiap halaman... *sigh*.

      hati-hati pak, masalah copyright (!!)
      ini dulu pernah dibahas di thread ruby-talk (kalo ga salah, kalo ga
      berarti yg di milis-rails) ada yg nanya sama Dave Thomas : Can I give it
      to my friends? Trus dijawab : That's against this spirit.
      Lagipula sejarahnya dulu kan Pak Dave sama Pak David rela melepas buku
      itu sebelum final (masih beta) krn desakan dari kita-kita juga orang rails.

      Jadi yaa harap maklum lah buat kita (trutama gw yg nakal suka
      copy/fotocopy) yg biasa ngopi-ngopi di tempat kita (indonesia). Apalagi
      Pakar macam Pak Boy kan bukan mustahil nanti ikutan pelatihan rails yg
      tempatnya masi mereka rundingkan itu ;-) Gw aja kalo diongkosin perus
      mau ah ntar ikutan juga (walau harus teken kontrak tertentu ini itu buat
      balikin modal perus). **ehmm ehmmm .. perus yg mana yaa ;-) hwhwhwhw**
      Artinya kalo sampe ngelanggar hak si penulis terus pas kita nanti ketemu
      betulan face to face sama si penulisnya .. hwaduuh .. rasanya malu
      baaanget. Apalagi gw, kalo aja mimpi gw itu beneran terjadi, duh pertama
      kali di Amrik masa langsung mbawa image jelek Indonesia.

      Jujur sih gw ambil jalan aman, kalo sama yg penulisnya (penulis bulenya)
      ga bakal ketemu baru gw berani kopi-kopi dg bebas disini. kcx kcx kcx
      kcx >>:D *ups .. sensorrr*

      --
      Salam hangat,
      Arie

      blog : http://blog.riyari.com
      Y! : riyari3
      email: ariekusumaatmaja_at_riyari_titik_com
      ariekusumaatmaja_at_gmail_titik_com