Re: [id-ruby] install ruby for window

  • Bla Bla Bla
    Message 1 of 8 , Jul 2, 2004
      saya terakhir install python for windows itu dari distribusi <br>
      activepython 2.3.2 (bukan dari python.org). dia naruh tk84.dll di <br>
      c:\python23\dlls, jadi mestinya gak bentrok dengan yang di c:\windows <br>
      misalnya.</blockquote><br>
      distribusi ruby-lang.org (bukan dari rubyinstaller.rubyforge.org). di <br>
      distro ini tk8X.dll tidak disertakan jadi saya mesti instal dulu <br>
      activetcl lalu ambil tk83.dll dan taruh di direktori library ruby. no <br>
      problem.<br>
      tk83.dll sudah ada pada saat install .... di direktory c:\ruby\tcl\lib <br><br>
      kalau tk-nya ruby saya delete, kemudian saya arahkan "path"nya ke tk-nya python .... bisa ngak ya ?<br>
       pertanyaannya adalah gimana setting path untuk library di ruby  ?<br><br>
      itu sudah include tkXX.dll juga dan mungkin mengeset environment <br>
      variable tertentu sehingga python tidak dapat mencari tk84.dll miliknya. <br>
      coba, setelah ruby diinstal, lihat apakah ada environment variables yang <br>
      Gimana cara lihatnya :))) ... autoexec.bat, config.sys kosong melompong (ngak ada isinya alias blank).<br><br>
      thnx for replying<br><br>
    • Bla Bla Bla
      Message 2 of 8 , Jul 2, 2004
        variables...</blockquote><br>
        Akhirnya ketahuan juga :))<br><br>
        ada system variable "TCL_LIBRARY" yg isinya "c:\ruby\tcl\lib\tcl8.3".<br><br>
        mencoba sendiri, gak tau persis masalahnya di mana. mungkin akan <br>
        membantu jika memberitahu tk python "gak jalan"-nya itu gimana (apa <br>
        pesan errornya, dsb).</blockquote><br>
        iya saya juga pikir ini masalah path .... cuma aku ngak pikir waktu instal ruby sudah disetting ke path nya ruby.<br><br>
        pythonnya ngak jalan dengan message tetang tk path nya hilang :)<br><br>
        tapi omong omong .... tk nya ruby 8.3 .... tk nya python 8.4.<br>
        apakah ruby sudah support tk 8.4 ??<br>
        soalnya kalo sudah akan saya setting pathnya ke tk-nya python saja.<br><br>
        solved :)<br><br>
        saya ganti system variablenya ke tk8.4 punya python.<br><br>
        Dan sekarang python dan ruby jalan semua ....... (tanpa menmperhitungkan kompatibilitas tk ....)<br>
        Memang sih .... aku ngak pake TK :))....<br>
        pakainya wxpython :) .....<br>
        kalo ruby sementara baru mau belajar mengeja :))<br><br>
        thnx untuk "pencerahannya" ......<br><br>
        bye </font></body>