Re: [id-ruby] sedikit keanehan

  • Rofiq
    Message 1 of 10 , May 31, 2007
      iseng juga nih :-)
      sptnya tanda kurung untuk grouping dan fungsi parameter agak beda nih
      lexical rulenya, gak boleh ada newline sblm kurung tutup ya.

      Message 2 of 10 , Jun 1, 2007
        Steven Haryanto wrote:
        > ada yang bisa menjelaskan sedikit keanehan sintaks/parser ruby ini:

        punya alasan penting untuk melakukan hal ini steve? perhaps ada dengar background
        dari mana begitu?

> [...]
        >
        > steven@builder:~$ ruby
        > x = (1+2
        > + 5)
        > puts x
        > 5
        >
        > $ ruby
        > x = (1 + 2
        > - 3)
        > puts x
        > -3
        >
        > tapi:
        >
        > $ ruby
        > x = Math.sqrt(1 + 2
        > +3)
        > -:2: syntax error, unexpected tINTEGER, expecting ')'

        sayang:~/c/codes-ariekeren arie$ irb
        Arigatou jyanai! Pizza wa (2) ni-mai, OK!
        Terima kasih boleh2 saja, pizza+hotel_empuk itulah yg lebih dari boleh2 saja
        irb(main):001:0> x = (1 + 2
        irb(main):002:1> + 3
        irb(main):003:1> ^C
        irb(main):003:0> x = (1 + 2
        irb(main):004:1> + 3)
        => 3
        irb(main):005:0> x = (1+2
        irb(main):006:1> + 5)
        => 5
        irb(main):007:0> x = (1 + 2
        irb(main):008:1> - 3)
        => -3
        irb(main):009:0> x = Math.sqrt(1 + 2
        irb(main):010:1> +3)
        SyntaxError: compile error
        (irb):10: syntax error, unexpected tINTEGER, expecting ')'
        from (irb):10
        irb(main):011:0> x = Math.sqrt(1 + 2 +
        irb(main):012:1* 3)
        => 2.44948974278318
        irb(main):013:0>

        sayang:~/c/codes-ariekeren arie$ ruby -v
        ruby 1.8.6 (2007-03-13 patchlevel 0) [powerpc-darwin8.9.0]

        AFAIK steve kalau kita pingin memotong codes kita ke baris selanjutnya operatornya
        ditambahkan disamping kanan operand terakhir, jadi bukan operandnya yg
        terakhir/operatornya nambah dibaris baru kayak steve itu.

        --
        Arie || ariekeren, YM!=riyari3, http://ariekusumaatmaja.wordpress.com
        "Never say RTFM. Turn the trolls into committers", Audrey Tang - conisli-ofun.pdf
        Message 3 of 10 , Jun 6, 2007
          Rofiq wrote:
          > iseng juga nih :-)
          > sptnya tanda kurung untuk grouping dan fungsi parameter agak beda nih
          > lexical rulenya, gak boleh ada newline sblm kurung tutup ya.

          "mestinya" (dari seseorang yg blank soal compiler theory, anyway :p) gak
          sulit ya memodif parser ruby untuk bisa mendeteksi kontinuitas jika ada
          grouping yang belum balance. toh jika ada operator binary yang belum
          lengkap operand-nya juga ruby bisa otomatis mendeteksi, tanpa mewajibkan
          "\" secara eksplisit.

          ah well, hanya masalah sepele sih...

          --
          Mirror CPAN, Debian, Fedora di IIX:
          * http://mirror-id1.masterwebnet.com/
          * http://mirror-id2.masterwebnet.com/
        • Hendy Irawan
          Message 4 of 10 , Jun 6, 2007
            On 6/6/07, Steven Haryanto <steven-milis@...> wrote:

> [...]
            > grouping yang belum balance. toh jika ada operator binary yang belum
            > lengkap operand-nya juga ruby bisa otomatis mendeteksi, tanpa mewajibkan

            file bug report?

            --
            Hendy Irawan
            Web: www.hendyirawan.web.id

            Message 5 of 10 , Jun 6, 2007
              Hendy Irawan wrote:
> [...]

              tapi walau sepele kalau ini senada dgn indahnya (bau DSL)

              symbol: value

              di ruby 1.9 daripada ruby sekarang yg

              :symbol => value

              yaaa.... # thinking jangan2 analoginya gak pas & trlalu jauh

              > file bug report?

              berhubung ada banyak operator di ruby juga adalah metode, terus terang saya masi
              ragu apakah ini seharusnya bug atau fitur di Ruby...

              begini:

              sayang:~/uchiha-itachi arie$ ruby -e'puts 6.modulo(2).zero?'
              true
              sayang:~/uchiha-itachi arie$ ruby -e'puts 6.
              > modulo(2).
              > zero?'
              true
              sayang:~/uchiha-itachi arie$ ruby -e'puts 6\
              > .modulo(2)\
              > .succ.eql?(1)'
              true
              sayang:~/uchiha-itachi arie$

              Message 6 of 10 , Jun 6, 2007
                Hendy Irawan wrote:

                > file bug report?

                sulit bisa dibilang bug atau bukan, karena tidak ada spesifikasi resmi
                bagaimana kelakuan yang seharusnya. mungkin masuknya ke wishlist kali :-)

                Message 7 of 10 , Jun 7, 2007
                  kyny menarik utk dibahas di ruby-talk kali seru ye?

                  (maaf top posting,soalny dr mobile) :-(

                  Message 8 of 10 , Jun 7, 2007
                    Hendy Irawan wrote:
                    > kyny menarik utk dibahas di ruby-talk kali seru ye?
                    >
                    > (maaf top posting,soalny dr mobile) :-(

                    ya, I think so, hendy mau mpostingkan?
                    # sori gw belum sempet2 nih hen :(

                    Message 9 of 10 , Jun 8, 2007
                      takuut ahh.. ntar 'dimarahin' ama Mr. Y.M. ;-)

                      Mas aja deh.. :-)