E-Book Ruby, hmm... Perl & Java dulu...

  • cintaruby@telkom.net
    Message 1 of 8 , Oct 19, 2004
      Basic saya yang serius itu PHP. Walau pernah sih dulu mahasiswa semester 1
      belajar Pascal juga. Cobol, FoxPro. Delphi. Ah, tapi enggak gitu serius.
      Ngelirik C++, bentar aja. Python, juga gitu. Perl, hmm bingung instalnya. Ih
      gak taunya tinggal pake 8)~ Tapi itu juga sebentar. Tapi itu semua duluu...
      2 tahun yang lalu. Ya, selanjutnya sangat serius di PHP :)

      Sekarang melihat syntax nya yang bersih. Saya jadi kepingin mendalami Ruby.
      Tapi.... kok kayanya saya musti bermental OO ya ? Terusss... kok banyak
      mbanding-mbandingin ke Perl lagi... musti karena deketnya itu ya.... Ahh...
      kayanya musti banyak2 pahami Perl dgn Java ya ? betul ga ?

      Sekarang gini, gimana kalau saya pelajari buku2 dibawah ini sebagai batu
      loncatan untuk memperdalam Ruby.

      Design Patterns
      Erich Gamma, Richard Helm, Ralph Johnson, John Vlissides
      Patterns of Enterprise Application Architecture
      Martin Fowler
      Learning Perl, 3e
      Randal L Schwartz, Tom Phoenix
      Programming Perl, 3e
      Larry Wall, Tom Christiansen, Jon Orwant
      Object Oriented Perl
      Danian Conway
      Thinking in Java, 3e
      Bruce Eckel

      Tapi, sebelum saya keluar banyak uang untuk buku-buku impor seperti itu,
      siapa tau sudah ada yg punya. Lewat milis ini saya ingin bertanya kepada
      Bapak Steven yang saya hormati, apakah buku-buku diatas sudah ada yang
      menyediakan versi CHM atau PDF atau HTML nya ? URL pls... Atau kalau size
      nya enggak begitu besar < 4 MB bisa deh JAPRI ke imel saya :)

      Dan saya ucapkan terima kasiiiih banyak buat yang sudah berbaik hati berbagi
      resource berharga tersebut.
    • gnome_g
      Message 2 of 8 , Oct 19, 2004
        <cintaruby@...> writes:

        > Tapi.... kok kayanya saya musti bermental OO ya ? Terusss... kok banyak

        Ada OO design dan ada juga OO programming language. Jangan campur
        adukkan mereka. Sebuah sistem bisa di-design secara OO tapi
        di-implement dengan non-OO programming language, begitu juga
        sebaliknya, non-OO design di implement dengan OO programming
        language.

        Tidak semua masalah bisa dengan natural di model dengan OO
        modelling/design. Tapi OO programming language bisa dipakai dengan
        gaya apa saja, cuman lebih rapih. Rapih bagaimana? Contoh: fungsi2x
        untuk manipulasi String ada di bawah String dan tidak berserakan di
        mana2x.

        > mbanding-mbandingin ke Perl lagi... musti karena deketnya itu ya....
        Ahh...
        > kayanya musti banyak2 pahami Perl dgn Java ya ? betul ga ?

        Tidak usah ada background di Perl atau Java. Bahkan kalau bisa jangan,
        karena akan memperkeruh concept OO anda.

        > Design Patterns
        > Erich Gamma, Richard Helm, Ralph Johnson, John Vlissides

        Bagus. Dapetkan ini.

        > Patterns of Enterprise Application Architecture
        > Martin Fowler

        Tidak begitu berguna pada tahap permulaan. Saya lihat juga isinya
        tidak dalam.

        > Learning Perl, 3e
        > Randal L Schwartz, Tom Phoenix

        Tidak berguna.

        > Programming Perl, 3e
        > Larry Wall, Tom Christiansen, Jon Orwant

        Tidak berguna.

        > Object Oriented Perl
        > Danian Conway

        Tidak berguna.

        > Thinking in Java, 3e
        > Bruce Eckel

        Tidak berguna.

        Ada satu lagi yang saja anjurkan:

        Programming Ruby -- Dave Thomas, Andy Hunt. Sudah ada 2nd
        editionnya. 2nd editionnya juga ada versi PDFnya.

        YS.
      • Steven Haryanto
        Message 3 of 8 , Oct 19, 2004
          gnome_g wrote:

          > Tidak berguna.

          hati2 baca buku ini, bisa jadi "sesat" :-) well, sebetulnya buku ini
          menambah wawasan sih (terutama kalau kita programer perl). tapi maklum,
          damian conway kan orangnya cukup nyentrik dan lagi OO perl juga tidak
          "wajar" seperti OO bahasa lainnya.

          > Ada satu lagi yang saja anjurkan:
          >
          > Programming Ruby -- Dave Thomas, Andy Hunt. Sudah ada 2nd
          > editionnya. 2nd editionnya juga ada versi PDFnya.

          edisi 1 free.

          selain Pickaxe, Ruby Way merupakan buku ruby yg paling berguna buat saya...

          --
          Steven Haryanto | PT. Master Web Network (MWN)
          http://people.masterwebnet.com/steven | Ged Cyber Lt10, Kuningan Barat 8

          http://egroups.com/group/id-regex http://egroups.com/group/id-perl
          http://egroups.com/group/id-mysql http://egroups.com/group/id-python
          http://egroups.com/group/id-ruby http://egroups.com/group/id-postgresql
          http://egroups.com/group/id-php http://egroups.com/group/diskusihosting
        • Steven Haryanto
          Message 4 of 8 , Oct 19, 2004
            Steven Haryanto wrote:

            > edisi 1 free.

            sori. maksudnya tentu: HTML dan CHM-nya bisa didapatkan gratis di internet.

            --

          • riyari3
            Message 5 of 8 , Oct 19, 2004
              Hwihh... saya juga mau dong kalau ada versi softcopy gratisan :))

              yang saya tau, Mas Steve banyak *kitab* nya kan... nahh... URL dong,
              tentunya selain yg Dave Hunt itu.

              Kalo gak ada, mesti beli dong :( Potokopi deh, ups, boleh ga?

              Best Regards,
              Arie Kusuma Atmaja
              http://www.riyari.com
              Semarang - Central Java - Indonesia

              Message 6 of 8 , Oct 19, 2004
                riyari3 wrote:
> [...]
                > tentunya selain yg Dave Hunt itu.
                >
                > Kalo gak ada, mesti beli dong :( Potokopi deh, ups, boleh ga?

                sebenernya gak etis ngomongin bajakan di sini, tapi pernah denger
                edonkey atau suprnova kan? (google for more).

                --

              • Tedi Heriyanto
                Message 7 of 8 , Oct 19, 2004
                  gnome_g wrote:

                  > Ada satu lagi yang saja anjurkan:
                  >
                  > Programming Ruby -- Dave Thomas, Andy Hunt. Sudah
                  ada 2nd
                  > editionnya. 2nd editionnya juga ada versi PDFnya.
                  Apa perbedaannya dengan edisi 1 ?

                  Dari site-site ebook yang saya monitor, sulit sekali
                  mendapatkan
                  buku-buku Ruby. :D

                  http://mail.yahoo.com
                • Steven Haryanto
                  Message 8 of 8 , Oct 20, 2004
                    Steven Haryanto wrote:

                    > sori. maksudnya tentu: HTML dan CHM-nya bisa didapatkan gratis di internet.

                    pickaxe lagi masuk slashdot...

                    http://books.slashdot.org/article.pl?sid=04/10/13/1843240&tid=156&tid=6