Re: [id-ruby] Re: salam para penguna ruby

  • Steven Haryanto
    Message 1 of 7 , Aug 31, 2004
      gnome_g wrote:
      > PHP bahasa yang populer di indo? Saya pikir malah java. Tidak disangka
      > ternyata PHP.

      php popular di seluruh dunia, tidak hanya di indo. php & java punya
      pangsa developer yang berbeda2, jadi bisa dibilang dua2nya cukup beken
      di sini. yg beken lagi delphi (bahkan kayaknya lebih beken dari java?) &
      tentunya vb, .net, asp, all those ms stuffs. profilnya gak beda kok
      dengan di banyak negara lain. but utk delphi salah satu alasan khususnya
      adalah karena secara tradisional pascal dan delphi diajarkan di
      kampus2 di indo.

      > Tahukah anda kenapa PHP menjadi populer? Apakah karena banyak
      > dokumentasi dalam bahasa Indo?

      ya, ini salah satu faktor, ada banyak buku (belasan? puluhan?) php
      bahasa indo (walaupun kualitasnya amat pas2an).

      > Tahukah anda kenapa Ruby tidak populer di Indo? Apakah karena kurang
      > dokumentasi dalam bahasa Indo atau kurang penyebaran mouth-to-mouth?

      jangankan ruby, perl aja gak pernah "popular" di indo.

      mungkin belum waktunya aja sih. python di sini mulai dilirik. dan saya
      kenal bbrp developer yg cukup ekslusif develop pake python. ruby? belum
      ada. mudah2an saya bisa jadi salah satu pelopor, hehe.

      > Berapa pentingkah dokumentasi dalam bahasa Indo? Saya berpikir bahwa
      > berhubung komputer sudah meraja-lela, dan karena Inggris adalah bahasa
      > de-facto di dunia computer, maka banyak pemakai komputer yang bisa
      > mengerti dokumentasi dalam bhs Inggris dengan gampang. Salahkah saya?

      rakyat indo dibandingkan tetangga2nya (malaysia, thailand, apalagi
      singapore) memang termasuk kurang sekali skill inggrisnya. kapan
      terakhir di indo memangnya (kalau memang pernah)? it has always been
      like this... salah satu faktor indo gak maju adalah karena pendidikan
      yang kurang, termasuk pendidikan bhs inggris.

      > Apakah pekerjaan anda? Sys-adm atau Programmer atau dua2xnya?

      2xnya.

      > Saya
      > sendiri bekerja di perusahaan kecil, jadinya kadang2x saya jadi sysadm
      > , biarpun pekerjaan utama saya adalah programmer.

      sama :)

      --
      Steven Haryanto | PT. Master Web Network (MWN)
      http://people.masterwebnet.com/steven | Ged Cyber Lt10, Kuningan Barat 8

      http://egroups.com/group/id-regex http://egroups.com/group/id-perl
      http://egroups.com/group/id-mysql http://egroups.com/group/id-python
      http://egroups.com/group/id-ruby http://egroups.com/group/id-postgresql
      http://egroups.com/group/id-php http://egroups.com/group/diskusihosting
    • Tedi Heriyanto
      Message 2 of 7 , Sep 7, 2004
        gnome_g wrote:

        > Saya penasaran, dari mana anda bisa tahu tentang
        mailing list ini?
        Saya lupa tepatnya dari mana saya tahu mailing list
        ini, tapi
        seingat saya dapat informasi melalui Steven.

        > Kalau boleh tahu, apa yang anda sudah/akan lakukan
        dengan ruby?
        Oops....masih sebatas explorasi aja kok. Dulu waktu
        masih di bangku
        kuliah, sempat membaca2 buku Programming in Ruby,
        namun kemudian
        terganggu untuk melihat yang lain (Python dan PHP). :(

        Win 1 of 4,000 free domain names from Yahoo! Enter now.
        http://promotions.yahoo.com/goldrush