salam para penguna ruby

  • gnome_g
    Message 1 of 7 , Aug 25, 2004
      Saya baru ketemu milis ini melalui google. Tiba2x saja saya berpikir,
      bagaimana saya bisa ketemu dengan orang Indonesia lainnya yang
      menggunakan ruby.

      Salam kenal, nama saya Yohanes Santoso, tinggal di Seattle. Sudah
      mengenal Ruby dari tahun 1999. Saya harap bisa berkenalan lebih lanjut
      dengan pemakai Ruby indonesia lainnya.

      YS.
    • Steven Haryanto
      Message 2 of 7 , Aug 25, 2004
        halo yohanes,

        saya sudah banyak baca post anda di ruby-talk :-)

        gnome_g wrote:
        > Saya baru ketemu milis ini melalui google. Tiba2x saja saya berpikir,
        > bagaimana saya bisa ketemu dengan orang Indonesia lainnya yang
        > menggunakan ruby.

        good luck :) di sini sedikit sekali yg pake ruby. all php and no play
        makes indo a very dull place :)

        > Salam kenal, nama saya Yohanes Santoso, tinggal di Seattle. Sudah
        > mengenal Ruby dari tahun 1999. Saya harap bisa berkenalan lebih lanjut
        > dengan pemakai Ruby indonesia lainnya.

        saya steven haryanto, tinggal di bandung. kenal ruby dari 2000-2001,
        tapi baru mulai rada aktif pake 2 tahun belakangan ini.

        --
        Steven Haryanto | PT. Master Web Network (MWN)
        http://people.masterwebnet.com/steven | Ged Cyber Lt10, Kuningan Barat 8

        http://egroups.com/group/id-regex http://egroups.com/group/id-perl
        http://egroups.com/group/id-mysql http://egroups.com/group/id-python
        http://egroups.com/group/id-ruby http://egroups.com/group/id-postgresql
        http://egroups.com/group/id-php http://egroups.com/group/diskusihosting
      • Tedi Heriyanto
        Message 3 of 7 , Aug 29, 2004
          Steven Haryanto wrote:

          > good luck :) di sini sedikit sekali yg pake ruby.
          all php and no play
          > makes indo a very dull place :)
          bener....:D

          di tempat saya malah pake Delphi, untung gak VB. :D

          > saya steven haryanto, tinggal di bandung. kenal ruby
          dari 2000-2001,
          > tapi baru mulai rada aktif pake 2 tahun belakangan
          ini.
          saya tedi. saat ini sedang mencoba belajar ruby,
          terutama dengan
          membaca postingan steven. kenal ruby sejak 2002,
          lagi-lagi berkat
          email steven. cuma sampe sekarang belum sempet
          menggunakannya secara
          ekstensif.

          http://promotions.yahoo.com/new_mail
        • gnome_g
          Message 4 of 7 , Aug 31, 2004
            --- In id-ruby@yahoogroups.com, Steven Haryanto <steven@m...> wrote:
            > halo yohanes,
            >
            > saya sudah banyak baca post anda di ruby-talk :-)

            Wah, kebodohnya saya sudah ketahuan dong :) Maaf kalau ada post2x saya
            yang tidak enak dibaca. Sayangnya saya pikir saya satu2xnya orang Indo
            yang post di ruby-talk.

            > good luck :) di sini sedikit sekali yg pake ruby. all php and no play
            > makes indo a very dull place :)

            PHP bahasa yang populer di indo? Saya pikir malah java. Tidak disangka
            ternyata PHP.

            Tahukah anda kenapa PHP menjadi populer? Apakah karena banyak
            dokumentasi dalam bahasa Indo?

            Tahukah anda kenapa Ruby tidak populer di Indo? Apakah karena kurang
            dokumentasi dalam bahasa Indo atau kurang penyebaran mouth-to-mouth?

            Berapa pentingkah dokumentasi dalam bahasa Indo? Saya berpikir bahwa
            berhubung komputer sudah meraja-lela, dan karena Inggris adalah bahasa
            de-facto di dunia computer, maka banyak pemakai komputer yang bisa
            mengerti dokumentasi dalam bhs Inggris dengan gampang. Salahkah saya?

            Apakah pekerjaan anda? Sys-adm atau Programmer atau dua2xnya? Saya
            sendiri bekerja di perusahaan kecil, jadinya kadang2x saya jadi sysadm
            , biarpun pekerjaan utama saya adalah programmer.

            YS.
          • gnome_g
            Message 5 of 7 , Aug 31, 2004
              Hi Tedi,

              Salam kenal.

              Saya penasaran, dari mana anda bisa tahu tentang mailing list ini?

              Kalau boleh tahu, apa yang anda sudah/akan lakukan dengan ruby?

              YS.

              --- In id-ruby@yahoogroups.com, Tedi Heriyanto <tedi_heriyanto@y...>
              wrote:

              > email steven. cuma sampe sekarang belum sempet
              > menggunakannya secara
              > ekstensif.
            • Steven Haryanto
              Message 6 of 7 , Aug 31, 2004
                gnome_g wrote:
                > PHP bahasa yang populer di indo? Saya pikir malah java. Tidak disangka
                > ternyata PHP.

                php popular di seluruh dunia, tidak hanya di indo. php & java punya
                pangsa developer yang berbeda2, jadi bisa dibilang dua2nya cukup beken
                di sini. yg beken lagi delphi (bahkan kayaknya lebih beken dari java?) &
                tentunya vb, .net, asp, all those ms stuffs. profilnya gak beda kok
                dengan di banyak negara lain. but utk delphi salah satu alasan khususnya
                adalah karena secara tradisional pascal dan delphi diajarkan di
                kampus2 di indo.

                > Tahukah anda kenapa PHP menjadi populer? Apakah karena banyak
                > dokumentasi dalam bahasa Indo?

                ya, ini salah satu faktor, ada banyak buku (belasan? puluhan?) php
                bahasa indo (walaupun kualitasnya amat pas2an).

                > Tahukah anda kenapa Ruby tidak populer di Indo? Apakah karena kurang
                > dokumentasi dalam bahasa Indo atau kurang penyebaran mouth-to-mouth?

                jangankan ruby, perl aja gak pernah "popular" di indo.

                mungkin belum waktunya aja sih. python di sini mulai dilirik. dan saya
                kenal bbrp developer yg cukup ekslusif develop pake python. ruby? belum
                ada. mudah2an saya bisa jadi salah satu pelopor, hehe.

> [...]
                > de-facto di dunia computer, maka banyak pemakai komputer yang bisa
                > mengerti dokumentasi dalam bhs Inggris dengan gampang. Salahkah saya?

                rakyat indo dibandingkan tetangga2nya (malaysia, thailand, apalagi
                singapore) memang termasuk kurang sekali skill inggrisnya. kapan
                terakhir di indo memangnya (kalau memang pernah)? it has always been
                like this... salah satu faktor indo gak maju adalah karena pendidikan
                yang kurang, termasuk pendidikan bhs inggris.

                > Apakah pekerjaan anda? Sys-adm atau Programmer atau dua2xnya?

                2xnya.

                > Saya
                > sendiri bekerja di perusahaan kecil, jadinya kadang2x saya jadi sysadm
                > , biarpun pekerjaan utama saya adalah programmer.

                sama :)

                Message 7 of 7 , Sep 7, 2004
                  gnome_g wrote:

                  > Saya penasaran, dari mana anda bisa tahu tentang
                  mailing list ini?
                  Saya lupa tepatnya dari mana saya tahu mailing list
                  ini, tapi
                  seingat saya dapat informasi melalui Steven.

                  > Kalau boleh tahu, apa yang anda sudah/akan lakukan
                  dengan ruby?
                  Oops....masih sebatas explorasi aja kok. Dulu waktu
                  masih di bangku
                  kuliah, sempat membaca2 buku Programming in Ruby,
                  namun kemudian
                  terganggu untuk melihat yang lain (Python dan PHP). :(

                  Win 1 of 4,000 free domain names from Yahoo! Enter now.
                  http://promotions.yahoo.com/goldrush