Re: [id-ruby] tanya ruby

  • Steven Haryanto
    Message 1 of 11 , Jul 10, 2004
      Bla Bla Bla wrote:

      > dengan keterbatasan tsb php jauh lebih mudah.

      designed for the masses? :-) meskipun banyak orang mungkin
      memperdebatkan apakah bahasa php itu benar2 "designed" :-)

      > kan tujuan akhirnya adalah web-app.
      > kalao ruby perl dan python kan ngak.
      > karena itu php banyak fasilitas yang dihilangkan.

      > tapi memang koq ..... di milis ini anda seakan akan bicara sendiri kayak
      > radio :))

      sebetulnya sih posting2 itu untuk arsip saya sendiri kok. sekalian
      belajar ruby. sukur2 berguna buat yang lain :)

      > tapi untunglah ... anda punya pendengar setia ...:))

      cie :)

      --
      Steven Haryanto | PT. Master Web Network (MWN)
      http://people.masterwebnet.com/steven | Ged Cyber Lt10, Kuningan Barat 8

      http://egroups.com/group/id-regex http://egroups.com/group/id-perl
      http://egroups.com/group/id-mysql http://egroups.com/group/id-python
      http://egroups.com/group/id-ruby http://egroups.com/group/id-postgresql
      http://egroups.com/group/id-php http://egroups.com/group/diskusihosting
    • Bla Bla Bla
      Message 2 of 11 , Jul 11, 2004
        cukup elegan (pure-OO, blocks, dsb). IMO matz berhasil mendesain bahasa <br>
        yang indah tapi tetap praktis dan fleksibel.</blockquote><br>
        saya tertarik OOnya ruby.<br><br>
        dengan keterbatasan tsb php jauh lebih mudah.<br>
        kan tujuan akhirnya adalah web-app.<br>
        kalao ruby perl dan python kan ngak.<br>
        karena itu php banyak fasilitas yang dihilangkan.<br><br>
        > andalah satu - satunya orang yang saya tahu menggunakan ruby. <br><br>
        search arsip milis ini, ada bbrp kok :)</blockquote><br>
        tapi memang koq ..... di milis ini anda seakan akan bicara sendiri kayak radio :))<br>
        tapi untunglah ... anda punya pendengar setia ...:))<br><br>
        thnx untuk tips tips nya<br><br>
        bye</font></body>
      • Arie Kusuma Atmaja
        Message 3 of 11 , Feb 26, 2005
          > Sharing dikit ... kayaknya ini OOT ... tapi drpd sepi :))

          banyak2 aja malah sy seneng 'ndengerin' :-) if !spam && msh ttg /ruby/
          pokoknya dilirik lgsng dihapus kaya spam jualan kmaren+autoresponder
          unless /ruby/

          > saya ngak ikut milis milis asing, karena keterbatasan bahasa inggris yang
          saya miliki.
          > tetapi saya mengikuti milis bhs indonesia ... cuman ada beberapa milis
          programming/script
          > yang aktif sekali antara lain : delphi dan php. (mungkin juga vb .. ttp
          saya tidak mengikuti milis ini karena tidak suka basic)
          > sedang untuk python dan ruby ..... sigh ....
          > saya sendiri ngak tahu kenapa koq sepi :))

          Hm, ini dia yg saya nemukan statement Mas Steve IMO rada kontradiktif
          (yg thread subject: Re: Gmn kenyataannya sekarang stlh 3 thn itu
          dilewati menuju ke yg ke 4 ?), di satu sisi bilang ruby brkembang dgn
          komunitas yg mlebihi PHP di Kulon sono, tapi di satu sisi bilang kalo
          ruby tipis kmngkinan bakal dipake oleh olang-olang banyak kaya' PHP,
          Delphi, de el el, krn ruby bukan utk average programmer/mudah
          dipake/masal. Yg jelas memang stlh bbrp minggu/bulan ini ngikutin
          perkembangan ruby yg di Kulon sono luar biasa antusiasnya.

          > Cuman saya kadang bertanya ..... apa saya perlu untuk belajar secara
          mahir
          untuk mengikuti perkembangan ini ?
          > Padahal permintaan customer cuman berkisar antara web app (php) dan
          window
          app. (delphi dll).
          > Untuk permintaan linux app. jarang ......

          klo sy mah, prinsipnya kebetulan sama dgn para bule2 di milis ruby-talk
          tuh, JUST DO IT. Oh no, tpi sy ga bilang cinta itu buta lho, ruby
          language bikin sy kesengsem memang, urusan customer mintanya apa, bikin
          aja pake yg sy suka, toh kalo customer seneng, mereka ga peduli itu Web
          or Win App (Win/*nix) make program apaan. Kecuali kalo sikonnya
          disuruh/paksa si Bos pake program anu.

          > Sebenarnya buku programming itu semuanya hampir sama :)
          > syntax, variable, statement, fungsi, operator :))
          >
          > jadi buku tidak menjadi masalah kalau masih newbie kayak saya.
          > kalau sudah mulai "how to do this", "tips untuk speed" ... dlllll .....
          itu yang perlu dibaca.
          > malah patut dibeli bukunya.
          >
          > mungkin persoalannya adalah .... merubah cara pikir/programming ke model
          OO.
          > saya sendiri agak kesulitan ... untuk mencoba ruby dengan latar belakang
          "procedural programming".

          > Tapi memang agak sedikit menantang. :)) kalau untuk programming pada real
          world.

          ngmong-ngomong soal buku nih, terus terang sy ngerasa masih kurang dlm
          mahamin fitur OO nya ruby :-( Sampe2 sy jadi coba liat2 Java juga buat
          perbandingan, jg OO PHP5 (yg dr buku Andi Gutman : PHP 5 Power Programming
          sama Matt Zandstra), tapi terasa kuraaang aja, ngapa yah?
          Mngkin sy perlu juga pelajari Design Pattern? Mohon saran dong buat yg
          pengalaman, buku kaya Design Patterns Explained : A New Perspective on
          Object-Oriented Design (2nd Edition) (Software Patterns Series) by Alan
          Shalloway, James Trott
          kayanya menarik buat dibaca berbarengan/sebelum Design Pattern Gang of Four
          ya?? Anyhow the topic of design patterns indeed is interesting to me,
          cos i always found it in any OOP (RUBY, PHP5, JAVA, C++), maybe just
          like what C++ Creator said, 'when i say about OOP, i don't have C++ in
          mind'.

          *Inti pertanyaan saya : apakah dgn mbaca 2 buku Design Patterns ginian
          bisa ningkatkan
          pemahaman OO ruby ?*
          or
          *Mohon saran buku apa or step by step apa spy bisa menyatukan diri jiwa hati
          nurani ini dengan ruby :-\ *

          Ket. Entah sdh berapa kali sy baca berulang2 pickaxe & ruby way (jg cobain
          code2 nya + yg dr RAA) tpi perasaan ini msh membuat daku gundah gulana hik
          hik. Apakah pernyataan Pak James Edward di Slashdot ttg Pickaxe ini trmasuk
          diri sy : As an example, Ruby is object oriented on a scale with languages
          like Smalltalk, so you'll need to know object oriented programming. *This
          book makes no attempt to teach such concepts, excepting how they apply to
          Ruby*. As long as you come with the proper background, this section will get
          you on your feet with Ruby in under 200 pages. It's very well thought out.

          analogi dgn PHP : belajar bikin GuestBook, trus naikin ttg login => session
          & cookie, forum, dst spt yg trus diulang2 di bnyk arsip milis php.

          Thx 4 sharing

          Arie Kusuma Atmaja
          http://www.riyari.com

          BTW Mas Angoming nih ngomong ma siapa ? kok threadnya dr imelnya sendiyi
          teyus 8-?
        • Budiman Angir
          Message 4 of 11 , Feb 26, 2005
            Arie Kusuma Atmaja wrote:

            > BTW Mas Angoming nih ngomong ma siapa ? kok threadnya dr imelnya sendiyi
            > teyus 8-?

            Sory untuk rekan milis ....

            kayaknya saya punya masalah dengan my thunderbird .... wntah kenapa koq
            semua archieve saya dikirim secara otomatis ... .

            Dan hari ini saya baru tahu.
            Walaupun hari ini sudah ok, tetapi terus terang saya tidak "otak-atik"
            apapun. jadi tiba tiba tidak terkontrol dan tiba tiba sudah OK sendiri.
            mungkin bug thunderbird 1.0 ?

            ngak tahu deh ....

            sekali lagi sory
            bye
          • Steven Haryanto
            Message 5 of 11 , Feb 26, 2005
              Arie Kusuma Atmaja wrote:
> [...]
              > dipake/masal. Yg jelas memang stlh bbrp minggu/bulan ini ngikutin
              > perkembangan ruby yg di Kulon sono luar biasa antusiasnya.

              lho, memangnya hanya ada 1 tempat untuk bahasa pemrograman di dunia ini?
              jika php lebih popular, berarti ruby gak popular? :p

> [...]
              > perbandingan, jg OO PHP5 (yg dr buku Andi Gutman : PHP 5 Power Programming
              > sama Matt Zandstra), tapi terasa kuraaang aja, ngapa yah?

              OO itu ada berbagai macam style dan flavor. saya selalu nganjurin orang
              utk liat OO-nya C/C++/Java/PHP5 dan juga Smalltalk, Perl, Python utk
              liat berbagai aliran OO yang ada. lalu liat2x juga CLOS, Eiffel, OO-nya
              functional languages, dsb. dari berbagai gaya yg berbeda itu mudah2xan
              bisa lebih dapat wawasan OO yg lengkap/luas.

              > *Inti pertanyaan saya : apakah dgn mbaca 2 buku Design Patterns ginian
              > bisa ningkatkan
              > pemahaman OO ruby ?*

              i rather doubt it. DP itu sifatnya high level, tidak language specific.

              > or
              > *Mohon saran buku apa or step by step apa spy bisa menyatukan diri jiwa hati
              > nurani ini dengan ruby :-\ *

              1. code in ruby as much/often as possible.
              2. baca kode ruby orang.
              2. rajin baca ruby-talk.

              itu aja sih kayaknya :) no 1 & 2 paling penting.

              --
              Steven Haryanto | PT. Master Web Network (MWN)
              http://people.masterwebnet.com/steven | Ged Cyber Lt9, Kuningan Barat 8

            • Mr. Ipul
              Message 6 of 11 , Mar 28, 2008
                Assalamuallaikum Wr, Wb.

                Dear milis
                saya baru tau tentang ruby tapi saya bingung bedanya ruby on rails dan ruby
                1.8.6 itu apa? dan saya newbie klo mo belajar dari mana dulu yah? trus ruby
                on rails itu buat bikin web atau program berbasis web base yah...

                terima kasih.

              • irfaniYangBaikHati
                Message 7 of 11 , Apr 2, 2008
                  Waalaikumussalam Wr Wb

                  Ruby adalah programming language
                  Ruby 1.8.6 versi stable dari Ruby
                  Ruby on Rails adalah Web Framework menggunakan Ruby Programming Language

                  ngerti basic ruby dulu http://www.ruby-lang.org/id
                  lalu baca aja ebook2 rails byk dijagad maya

                  --
                  irfani

                  YM : irfani_s
                  http://irfani.web.id

                • Mr. Ipul
                  Message 8 of 11 , Apr 2, 2008
                    Assalamuallaikum Wr, Wb.

                    Terima kasih irfani yang baik hati atas pencerahannya,
                    klo mo cari tutorial rails yang bhs indonesia di mana yah?
                    saya udah googling blom ketemu...

                    thanks..
                    ipul