946Re: [id-ruby] Re: ruby, now with svn

  • Andry S Huzain
    Jan 3, 2007
      On 1/3/07, Arie Kusuma Atmaja <ariekusumaatmaja@...> wrote:

      > 1. Commit file-file yang memang urusan kita saja. Untuk file-file yang
      > java
      > developer
      > perubahan di
      > ngetrace-nya.
      > untuk
      >
      > eit ini ngelapor gimana nih maksudnya? lewat apa? kenapa checkout lagi
      > yg terbaru, kan sudah sinkron?.. takut mis. kasus mo comit tapi file nya
      > sudah diremove sama programmer lain ya? :)

      Ga. Just make sure saja.
      Lagipula, namanya juga lagi transisi.

> [...]
      > bukan
      >
      > nah kalo ini yg dibackup berarti yg di lokal ya? berarti asumsi gw
      > termasuk yg unrevisioned ya.. trus backup nya ditaroh di mesin
      > server/DVD/storagelainnya, gitu ya?
      > gw berarti beruntung dong ga pernah nge-back-up sendiri, sudah ada admin
      > nya yang jadi tukang backup'in kalo urusan svn (di mesin svn).
      > kalo yg lokal gw, hmm... uda gw sinkron sama komputer2 / mesin2 yg
      > terkonek ke laptop ini aja dah, taktik buat harddisk yg terbatas, sukur2
      > kalo disedekahin hardisk 400 Giga :)) buat taroh film manga naruto deh

      Ya itu. Namanya juga transisi.
      SVN sendiri sih gampang. Gw sendiri cuma pakai presentasinya pak Endy
      kemaren di JUG/JAMU. Males ah baca buku tebal2.

      Yang susah itu ninggalin cara pikir lama. Kalo dilakukan mendadak suddenly
      tiba-tiba, malah berabe entar kalo ada masalah.
      Jadi cara SVN dijalani. Cara lama juga dijalani dulu. Tapi sejauh ini, udah
      kerasa kok manfaat SVN. Tinggal nunggu datangnya "AHA" moment buat seluruh
      team.

      Oh ya, komik Dead Note dan Naruto tentu saja gw taruh di harddisk external
      100GB :p

> [...]
      > Filter/Interceptor

      > dari
      >
      > ya. untuk kasus yang spesifik rails boleh dikatakan begitu, gaya MVC.
      > dan memang bahasannya sesuai karna rails & php (bukan ruby).
      >
      > untuk kasus yang tidak spesifik rails, seperti ruby dan library2 lainnya
      > nggak musti MVC
      >
      > btw tapi buat railers disini yg dari php jangan khawatir / ga usah
      > berkecil hati lah, ini kan yg gw lihat, sementara di luar sana ada
      > contoh seperti mbak amy hoy aja ya dari php, dari rails dulu, baru ruby,
      > tapi ya bisa hebat walau termasuk golongan minoritas.

      Gw ngomong gitu dari xp saja sih. Saya baru "ngerti" Rails luar dalam
      setelah agak lama pake ASP.NET (PageController), lalu Struts
      (FrontController) dan Webworks (Interceptor).

      Dulu ada temen tanya untuk jadi web developer rails harus belajar apa dulu.
      Gw saranin java (struts + velocity + hibernate). Karena pake itu stack
      MVC-nya bener2 kerasa "sengsara"nya.
      Di Rails, kita nggak akan kerasa pake MVC secara itu sudah dibungkus rapi
      oleh DHH.

      Alasan kedua, karena kemilau scaffold, migration, dan ActiveRecord bisa
      bikin orang jadi manja :p

      --
      http://andryshuzain.com