945Re: [id-ruby] Re: ruby, now with svn

    Jan 3, 2007
      Monyet vs. Machine wrote:

      > Ha ha ha. Setau saya memang jarang. Mungkin ada satu-dua, tapi tetap pakai
      > tambal sulam.
      > Buat saya sih, SVN kerasa banget di project yang "multi-module".
      >
      > Dulu kami tidak pakai version control apapun. Tapi ya gw aja yg cerewet
      > akhirnya temen2 jadi pada "ga tahan". Gw sampai bela-belain ngeprint
      > beberapa satu bab di ebook "Coder To Developer" untuk dibagi-bagi agar
      > temen2 'tercerahkan' :D

      tercerahkan setelah ngedumel2 pusing2 ya pasti ya hehehe hati hati lama
      lama dipanggil profesor lo.

      sama gw disini chapter 3 buku nagel semua isinya di print biar yg pada
      baru pake svn langsung harus sudah biasa semuanya.
      wajib fardhu'ain pokoknya dah jago svn mah :))

> [...]
      > kadang malah berabe. Cara gw agak "defensif":
      >
      > 1. Commit file-file yang memang urusan kita saja. Untuk file-file yang
      > menyangkut hajat hidup orang banyak, misalnya saja xml config jika di java
      > (bersyukurlah rails yang xml config agnostic!), diserahin ke lead developer
      > saja untuk maintain.
      > 2. Setiap developer punya file teks sendiri yang berisi catatan perubahan di
      > "file hajad hidup orang banyak" agar sang lead developer mudah ngetrace-nya.
      > 3. Setelah commit, laporan ke lead developer, lalu checkout full lagi untuk

      eit ini ngelapor gimana nih maksudnya? lewat apa? kenapa checkout lagi
      yg terbaru, kan sudah sinkron?.. takut mis. kasus mo comit tapi file nya
      sudah diremove sama programmer lain ya? :)

      > Sebelum ngelakuin full checkout, gw juga biasa backup kerjaan. Bukan, bukan
      > incremental backup. Tapi murni ngezip satu folder gede secara rekursif
      > pertanggal/bulan/tahun :D

      nah kalo ini yg dibackup berarti yg di lokal ya? berarti asumsi gw
      termasuk yg unrevisioned ya.. trus backup nya ditaroh di mesin
      server/DVD/storagelainnya, gitu ya?
      gw berarti beruntung dong ga pernah nge-back-up sendiri, sudah ada admin
      nya yang jadi tukang backup'in kalo urusan svn (di mesin svn).
      kalo yg lokal gw, hmm... uda gw sinkron sama komputer2 / mesin2 yg
      terkonek ke laptop ini aja dah, taktik buat harddisk yg terbatas, sukur2
      kalo disedekahin hardisk 400 Giga :)) buat taroh film manga naruto deh

      > pakai versioning biar keliatan historinya. biar ketahuan tu si
      >

      > asal diingat saja , less commit/less code bukan berarti si programmer ga
      > kompeten kan? ;)

      wow,betul itu. biar jarang commit, tapi yg penting lihat log nya
      :)) disini btw fyi langsung di integrate setiap commit masuk email, jadi
      tinggal lihat aja di thunderbird buat sang penginspeksi.
      yg jadi terasa kasihan, buat yg nginspeksi codes yg hiperaktif kalo
      sampe ribuan.. thunderbirdnya berat, jadi enakan lewat modus teks aja
      jadinya. atau mustinya pakai software yg enak ya buat ini kalau mau yang
      web based, seperti yg dicontoh di dev.rubyonrails.com, typo, ataupun
      ruby sendiri. pada bukan pake bawaan ruby ya :) pakenya python.
      ini gw di mac ada sih GUI buat svn, tapi males, paling enakan modus
      teks, prompt UI nya super friendly.

      > anyway, sekedar berbagi, pengalaman saya sendiri, walau melihat coding
      >

      > Menurut gw bukan OOP-nya. Tapi pemahaman akan "separating concern" ala MVC.
      > Gw rasa, kunci ngerti Rails (bukan Ruby lho ya) adalah MVC. Syukur2 tahu
      > evolusi MVC seperti Front-Controller, PageController, dan Filter/Interceptor
      > (check Web Presentation Pattern:
      > http://msdn2.microsoft.com/en-us/library/ms998516.aspx).
      >
      > Tanpa tau konsep itu, susah menurut gw untuk merasakan "AHA" moments dari
      > Rails.

      ya. untuk kasus yang spesifik rails boleh dikatakan begitu, gaya MVC.
      dan memang bahasannya sesuai karna rails & php (bukan ruby).

      untuk kasus yang tidak spesifik rails, seperti ruby dan library2 lainnya
      nggak musti MVC

      btw tapi buat railers disini yg dari php jangan khawatir / ga usah
      berkecil hati lah, ini kan yg gw lihat, sementara di luar sana ada
      contoh seperti mbak amy hoy aja ya dari php, dari rails dulu, baru ruby,
      tapi ya bisa hebat walau termasuk golongan minoritas.

      --
      Arie Kusuma Atmaja A.K.A Arie A.K.A ariekeren / YM! = riyari3