93Re: [id-ruby] install ruby for window

  • Bla Bla Bla
    Jul 2, 2004

      >saya terakhir install python for windows itu dari distribusi
      >activepython 2.3.2 (bukan dari python.org). dia naruh tk84.dll di
      >c:\python23\dlls, jadi mestinya gak bentrok dengan yang di c:\windows
      >misalnya.

      Anda benar .... dan sama seperti yang saya miliki.

      >sementara untuk ruby, terakhir saya install ruby for windows 1.8.0 dari
      >distribusi ruby-lang.org (bukan dari rubyinstaller.rubyforge.org). di
      >distro ini tk8X.dll tidak disertakan jadi saya mesti instal dulu
      >activetcl lalu ambil tk83.dll dan taruh di direktori library ruby. no
      >problem.

      tk83.dll sudah ada pada saat install .... di direktory c:\ruby\tcl\lib

      kalau tk-nya ruby saya delete, kemudian saya arahkan "path"nya ke tk-nya
      python .... bisa ngak ya ?
      pertanyaannya adalah gimana setting path untuk library di ruby ?

      >_kayaknya_ (dugaan saya) distribusi ruby yang baru dari rubyinstaller
      >itu sudah include tkXX.dll juga dan mungkin mengeset environment
      >variable tertentu sehingga python tidak dapat mencari tk84.dll miliknya.
      >coba, setelah ruby diinstal, lihat apakah ada environment variables yang
      >berubah.

      Variable environment yg mana yg mesti dilihat ? window, python atau ruby ??

      Gimana cara lihatnya :))) ... autoexec.bat, config.sys kosong melompong
      (ngak ada isinya alias blank).

      thnx for replying
    • Show all 8 messages in this topic