7471Re: [id-ruby] [ask] modeling data di active record + association-nya

  • Giovanni Sakti
    Jan 22, 2014
      Kalau kayak gini gimana?

      Class User
      has_many :events
      has_many :participations
      end

      Class Event
      belongs_to :event_organizer, class: User
      has_many :participations

      # di kelas ini ada algoritma yang membatasi participation
      end

      Class Participation
      belongs_to :user
      belongs_to :event

      # kelas ini sekaligus berfungsi sebagai tiket
      # kelas ini juga bisa menyimpan field ‘status'
      end

      Ada yang belum kekover ngga skenarionya?

      --
      Giovanni Sakti - http://www.mightygio.com
      Starqle Indonesia - http://www.starqle.com

      On Wednesday, 22 January 2014 at 16.20, Bayu Aldi Yansyah wrote:

      Hai, selamat sore para senior..

      mau minta saran masalah modeling data di active record.
      langsung aja tujuan yang aku mau capai begini:

      1. user1 bisa membuat event sebanyak banyaknya
      2. event mempunyai ticket dengan jumlah yang bisa dibatasi
      3. user2,user3 dan user lain selain user1 bisa menjadi participant event tersebut.
      4. user bisa mengikuti event sebanyak banyaknya

      so far dari tujuan diatas saya membuat Class model:
      #. (noun)(plural)
      1. User (Users)
      2. Event (Events)
      3. Ticket (Tickets)
      4. Participant (Participants)

      dan association yang saya buat seperti ini:

      User `has many` Events
      Event `belongs to` User
      Event `has many` Tickets
      User `has many` Tickets, `through` Event

      nah saya stuck di model Participant, bagaimana menghubungkan Participant dan User, sedangkan Participant itu adalah User yang mengikuti Event dan mempunyai Ticket.

      mungkin para senior ada yang berkenan membantu atau memberi saran bagaimana yang baik untuk menyusun data modeling beserta tips trik menyusun model data.

      terimakasih banyak, :)

      Bayu Aldi Yansyah,
      Universitas Airlangga
      blog: atpyk.org