7468Re: [id-ruby] Kapan Indonesia punya data APIs yang bisa diolah oleh developer lokal?

  • Bayu Aldi Yansyah
    Jan 14, 2014
      Pada 15 Januari 2014 07.36, Mufid Afif <hijacking.mupit@...> menulis:

      Menurut saya tinggal nunggu waktu aja kok. Di UU Keterbukaan Informasi (disahkan 2009) pemerintah (badan publik) diwajibkan untuk memberikan sistem informasi (bisa ditafsirkan sebagai API juga) terkait dengan data-data lembaga tersebut ke publik. Ada hukum pidana jika tidak melakukan hal ini.

      Kalau ada lembaga pemerintah yang tidak mau memberikan infonya, bisa lapor ke sini --> http://www.komisiinformasi.go.id/
      Saya pernah ketemu pejabat komisi informasi. Tetapi saya belum pernah mengajukan permohonan suatu informasi publik tertentu.

      terutama yang pasal 7 poin 3:

      >(3) Untuk melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud
      >pada ayat (2), Badan Publik harus membangun dan
      >mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi untuk
      >mengelola Informasi Publik secara baik dan efisien
      >sehingga dapat diakses dengan mudah.

      mungkin pemerintah sudah melakukan ini dengan membuat web masing2 instansi ya, tapi ya gitu data yang diberikan
      sulit untuk dikembangkan kembali hehe. mungkin lebih baik juga disediakan oleh pemerintah berupa API gtu yang bisa diolah
      lagi oleh developer lokal

      Bayu Aldi Yansyah,
      Universitas Airlangga
      blog: atpyk.org