7467Re: [id-ruby] Kapan Indonesia punya data APIs yang bisa diolah oleh developer lokal?

  • Ronny Haryanto
    Jan 14, 2014
      2014/1/15 Ardin Fardiansyah <fardiansyah.ardin@...>
      Buat kasus di atas mungkin bisa pake teknik web scraping buat ngambil datanya. Sedikit merepotkan emang di sisi pengolah datanya tapi masih mungkin dikerjain. Yang susah kalo webnya ngasih data dalam bentuk pdf kayak situsnya bps itu. Pdf struktur datanya berantakan :(.

      Sekitar 4 tahun lalu, saya pernah scrape websitenya Pos Indonesia utk ngambil daftar semua kode pos di Indonesia. Tapi waktu itu bikinnya pake wget + Python, bukan Ruby :) I guess kalo mau pake Ruby bisa convert scriptnya utk pake Nokogiri, should be really easy.

      Ada CSV-nya juga di situ dari 4 th lalu. Kali2 ada yg mau coba bikin public API sendiri dari data yg sudah ada ini, mestinya gampang ngeload datanya ke database. Cocok buat yg baru belajar Ruby/Rails dan designing RESTful APIs. Tinggal deploy ke Heroku, kasih New Relic, beres.

      Saya nggak tau status kepemilikan data ini gimana, tapi dengan asumsi ini dicover sama UU yg disebutin sebelumnya, mestinya gak masalah. "Apologise later, don't wait for permission" :)

      Ronny
    • Show all 19 messages in this topic