Loading ...
Sorry, an error occurred while loading the content.

7454Re: [id-ruby] Kapan Indonesia punya data APIs yang bisa diolah oleh developer lokal?

Expand Messages
  • Ignatius Reza Lesmana
    Jan 13, 2014
    • 0 Attachment
      Indonesian Public Transport (angkot) API : http://kiri.travel/ - https://twitter.com/kiriupdate
       
      -- 
      Ignatius Reza Lesmana
      - Learn Something About Everything And Everything About Something. -


      On Tuesday, January 14, 2014 3:55 PM, Giovanni Sakti <giosakti@...> wrote:
       
      wah mantap juga pemiluapi.. 
      eh tapi kalau diliat di github ini contributornya Thomas Apodaca, orang US.. yang bikin bukan orang lokal ya?

      --
      Giovanni Sakti - http://www.mightygio.com
      Starqle Indonesia - http://www.starqle.com
      On Tuesday, 14 January 2014 at 13.27, Asep Bagja Priandana wrote:
       
      Sudah ada yang bergerak tuh. Misalnya si pemiluapi.org. Tinggal developer lokal lainnya mau bantu ngembangin atau nggak. 


      2014/1/14 Bayu Aldi Yansyah <bay@...>
       
      hai gan! mungkin sedikit curhat nih, buat para web developer disini: 
      seharusnya pemerintah indonesia, dalam hal ini menkominfo menyediakan open API misalnya untuk data kereta se-indonesia, data rumah sakit se indonesia dan data penting untuk umum lainnya yang bisa diakses oleh pengembang. ada data dari http://www.bps.go.id/ yg berupa ginianhttp://www.bps.go.id/hasil_publikasi/SI_2013/index3.php?pub=Statistik+Indonesia+2013 tapi gimana ngolahnya? copy paste satu persatu?  

      mungkin sedikit keluhan saja buat MENKOMINFO, gimana pengembang lokal mau berpartisipasi kalo tidak di fasilitasi. contoh dinegara2 maju kayak ginihttp://sunlightfoundation.com/api/ mereka menyediakan API data semua anggota congress, dari data yang penting diketahui umum itu bisa dikembangkan oleh developer lokal untuk membuat aplikasi2 bermanfaat bagi masyarakat lokal.

      dan di Indonesia nih gan para startup udah mulai muncul banyak, mungkin agan sendiri juga pelaku startup. dan di indonesia sudah mulai banyak incubator2 ala silicon valey . kalo dikampus ane namanya Startup Airlangga (Universitas Airlangga).

      nah menurut ane, para pekerja industri kreatif ini kalo dikasih "data" pasti mereka bisa mengolah data itu menjadi suatu nilai jual yang bisa memajukan industri lokal. dalam hal ini mungkin mereka mempunyai inovasi aplikasi yang mencari rumah sakit terdekat akan tetapi mungkin aplikasi seperti ini jarang di eksekusi karena susahnya mencari data. lagi lagi karena kurangnya fasilitas open DATA API di indonesia menjadi penghambat bagi developer lokal untuk berpartisipasi membangun negeri.

      ngandalkan Pemerintah? bullshit gan, ente tau sendiri kan.
      harapan ane kedepan, mungkin para senior2 network dan web developer disini mempunyai rasa ingin membantu membuat organisasi NON-PROFIT yang menyediakan data data penting umum di Indonesia. demi mudahnya akse data oleh developer lokal gan.

      kind regards,


      --
      Bayu Aldi Yansyah,
      Universitas Airlangga
      blog: atpyk.org
      github: @pyk



      --
      Asep Bagja Priandana.
      Software Developer

      skype/ym/twitter: bepitulaz

      Jakarta, Indonesia.



    • Show all 19 messages in this topic