29Re: [id-ruby] Ruby untuk?

  • Edwin Pratomo
    Oct 10, 2002
      Steven Haryanto wrote:

      > untuk menggantikan perl :-)

      bisa lebih spesifik? program2 apa yg pernah dibuat (yg bener2 useful,
      bukan program utk belajar sintaks misalkan)?
      kalo "utk menggantikan perl" mungkin lebih tepat sbg cita2 luhur kali ya
      :-)

      > ruby banyak sekali mengambil fitur perl (kadang mengambil
      > mentah-mentah/bulat-bulat), mulai dari tainting model, variabel2 khusus
      > seperti $_, POD (di ruby namanya rb dan sintaks agak2 beda dikit),
      > statement modifier (foo if bar, foo unless bar), regex (meski sintaks
      > agak beda dikit), sampai command line arguments macam:
      >
      > $ ruby -ne 'printf "%4d|%s",$.,$_' myfile.rb

      ya, menarik sekali banyak kemiripan, bahkan sampai opsi command line
      seperti -0, -cwT (taint-nya berlevel malah).

      Kemiripan memang salah satu daya tarik, tapi bukan itu yg bikin saya
      melirik Ruby.
      Gara2nya adalah baca tentang coroutine di buku Knuth, yg dia kasih
      contoh implementasinya pake assembly (assembly-nya dia / MIXAL).
      berhubung ada tendensi utk mengangkat konstruk2 low level (misalkan
      state machine) ke user level di scripting languages (pada scripting
      languages yg bagus tentu saja), maka jadi pengen tahu bagaimana
      coroutine di scripting languages.
      Di perlmonks, disarankan utk melihat Ruby
      http://perlmonks.org/index.pl?node_id=96205 berhubung di Perl, support
      coroutine masih RFC utk Perl 6 :-P
      Kalo utk Perl 5 ada sih modul Coro, tapi kata authornya unstable.
      lagipula interfacenya beda banget dng yg di RFC. tanggung lah buat
      dipelajari.

      oke deh mudah2an otak saya masih belum terlalu lapuk utk belajar bahasa
      canggih lagi :-)

      Btw bagaimana dng pengalaman rekan2 yg lain (ada 11 orang subscribers
      lainnya kan di sini)?
      kasih testimoni donk bagaimana Ruby membantu Anda menyelesaikan problem
      Anda. Bisa juga cerita2 misalkan bagaimana supervisor anda melotot
      karena program yg anda buat pake bahasa yg belum pernah dia dengar :-))

      --
      rgds,
      Edwin